Main Article Content
Abstract
Pada dasarnya pendidikan merupakan proses tranformasi pengetahuan menuju arah perbaikan yang tidak mengenal waktu dan tempat. Terdapat istilah pendidikan inklusi yaitu pelayanan pendidikan yang layak untuk semua anakanak termsuk yang memiliki kebutuhan khusus. Istilah merupakan kata dari UNESCO yang berasal dari Education for All. Madrasah Aliyah Negeri 2 Sleman Yogyakarta menjadi salah satu pelopor pendidikan inklusi di lingkungan Kementrian Agama daerah Istimewa Yogyakarta serta mampu menerima dan menampung siswa difabel. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi (evaluation research) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian evaluasi ditujukan untuk mengevaluasi bagaimana pelaksanaan dan perkembangan kurikulum pendidikan inklusi di Madrasah Aliyah Negeri 2 Sleman Yogyakarta. Serta melihat manfaat dan hambatan dalam penerapan kurikulum ini.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2021 at-thullab Jurnal Mahasiswa Studi Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
- Darma, Indah Permata., Rusyidi, Binahayati., Pelaksanaan Sekolah Inklusi di Indonesia, Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Volume 2 Nomor 2, 2015. Delapan Sekolah Terapkan Kelas Inklusi, http://radarkaltim.prokal.co/read/news/3011-delapan-sekolah-terapkan-kelas-inklusi-abk.html diakses pada tanggal 23 Mei 2021. http://edukasi.kompas.com/read/2009/10/21/17303324/baru.8.sd.terapkan.pendidikan.inklusif diakses pada tanggal 23 Mei 2021.
- H, Iman, Mobil Madrasah Sarana Antar Jemput Siswa Inklusi MAN 2 Sleman, http://man2sleman.sch.id/mobil-madrasah-sarana-antar-jemut-siswa-inklusi-man-2-sleman/ di akses pada 27 Februari 2020.
- Sejarah Singkat, http://man2sleman.sch.id/sejarah-singkat/ diakses pada 20 Mei 2021. Sekolah Mandiri, http://sekolah-mandiri.sch.id/node/18 diakses pada tanggal 24 Mei 2021.
- Suryati, Ana Eka., Haryanto, Samsi., Evaluasi Pelaksanaan Program Pendidikan Inklusif di Madrasah Aliyah Negeri Maguwoharjo Yogyakarta, Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Wiyata Dharma Volume IV Nomor 2 (2016).
- Wawancara dengan Dwiamalia siswa regular MAN 2 Sleman via instagram, pada tanggal 20 Mei 2021.
- Wawancara dengan Faiz Nofita Isti siswa regular Man 2 Sleman via instagram, pada tanggal 19 Mei 2021.
References
Darma, Indah Permata., Rusyidi, Binahayati., Pelaksanaan Sekolah Inklusi di Indonesia, Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Volume 2 Nomor 2, 2015. Delapan Sekolah Terapkan Kelas Inklusi, http://radarkaltim.prokal.co/read/news/3011-delapan-sekolah-terapkan-kelas-inklusi-abk.html diakses pada tanggal 23 Mei 2021. http://edukasi.kompas.com/read/2009/10/21/17303324/baru.8.sd.terapkan.pendidikan.inklusif diakses pada tanggal 23 Mei 2021.
H, Iman, Mobil Madrasah Sarana Antar Jemput Siswa Inklusi MAN 2 Sleman, http://man2sleman.sch.id/mobil-madrasah-sarana-antar-jemut-siswa-inklusi-man-2-sleman/ di akses pada 27 Februari 2020.
Sejarah Singkat, http://man2sleman.sch.id/sejarah-singkat/ diakses pada 20 Mei 2021. Sekolah Mandiri, http://sekolah-mandiri.sch.id/node/18 diakses pada tanggal 24 Mei 2021.
Suryati, Ana Eka., Haryanto, Samsi., Evaluasi Pelaksanaan Program Pendidikan Inklusif di Madrasah Aliyah Negeri Maguwoharjo Yogyakarta, Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Wiyata Dharma Volume IV Nomor 2 (2016).
Wawancara dengan Dwiamalia siswa regular MAN 2 Sleman via instagram, pada tanggal 20 Mei 2021.
Wawancara dengan Faiz Nofita Isti siswa regular Man 2 Sleman via instagram, pada tanggal 19 Mei 2021.