Main Article Content

Abstract

Pada dasarnya pendidikan merupakan proses tranformasi pengetahuan menuju arah perbaikan yang tidak mengenal waktu dan tempat. Terdapat istilah pendidikan inklusi yaitu pelayanan pendidikan yang layak untuk semua anakanak termsuk yang memiliki kebutuhan khusus. Istilah merupakan kata dari UNESCO yang berasal dari Education for All. Madrasah Aliyah Negeri 2 Sleman Yogyakarta menjadi salah satu pelopor pendidikan inklusi di lingkungan Kementrian Agama daerah Istimewa Yogyakarta serta mampu menerima dan menampung siswa difabel. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi (evaluation research) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian evaluasi ditujukan untuk mengevaluasi bagaimana pelaksanaan dan perkembangan kurikulum pendidikan inklusi di Madrasah Aliyah Negeri 2 Sleman Yogyakarta. Serta melihat manfaat dan hambatan dalam penerapan kurikulum ini.

Keywords

Evaluasi Kurikulum Pendidikan Inklusi MAN 2 Sleman

Article Details

References

  1. Darma, Indah Permata., Rusyidi, Binahayati., Pelaksanaan Sekolah Inklusi di Indonesia, Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Volume 2 Nomor 2, 2015. Delapan Sekolah Terapkan Kelas Inklusi, http://radarkaltim.prokal.co/read/news/3011-delapan-sekolah-terapkan-kelas-inklusi-abk.html diakses pada tanggal 23 Mei 2021. http://edukasi.kompas.com/read/2009/10/21/17303324/baru.8.sd.terapkan.pendidikan.inklusif diakses pada tanggal 23 Mei 2021.
  2. H, Iman, Mobil Madrasah Sarana Antar Jemput Siswa Inklusi MAN 2 Sleman, http://man2sleman.sch.id/mobil-madrasah-sarana-antar-jemut-siswa-inklusi-man-2-sleman/ di akses pada 27 Februari 2020.
  3. Sejarah Singkat, http://man2sleman.sch.id/sejarah-singkat/ diakses pada 20 Mei 2021. Sekolah Mandiri, http://sekolah-mandiri.sch.id/node/18 diakses pada tanggal 24 Mei 2021.
  4. Suryati, Ana Eka., Haryanto, Samsi., Evaluasi Pelaksanaan Program Pendidikan Inklusif di Madrasah Aliyah Negeri Maguwoharjo Yogyakarta, Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Wiyata Dharma Volume IV Nomor 2 (2016).
  5. Wawancara dengan Dwiamalia siswa regular MAN 2 Sleman via instagram, pada tanggal 20 Mei 2021.
  6. Wawancara dengan Faiz Nofita Isti siswa regular Man 2 Sleman via instagram, pada tanggal 19 Mei 2021.

Most read articles by the same author(s)