Main Article Content
Abstract
Setelah wabah pandemi menyerang berbagai belahan dunia dan diberlakukannya aturan-aturan yang membatasi ruang gerak manusia demi menekan angka lonjakan pandemi virus corona. Diberlakukannya aturan-aturan tersebut ternyata membawa dampak berupa banyaknya orang yang menghabiskan sebagian besar waktunya dengan sosial media khususnya aplikasi Tik Tok sebagaimana survey yang telah dilakukan. Berdasarkan konten yang mendapatkan banyak viewers dan sering melewati FYP (for your page) pengguna Tik Tok didominasi oleh generasi millennial. Dewasa ini beberapa konten kreator merupakan dai-dai muda banyak memasuki page pengguna Tik Tok sehingga memberikan warna baru pada aplikasi yang sempat diblokir Kominfo ini. Dibalik citra aplikasi ini yang cenderung dinilai sebagai aplikasi yang kurang bermanfaat dan konten yang dinilai berlebihan, para dai-dai muda yang mulai menggunakan Tik Tok sebagai tempat dakwah menjadi angin segar dalam memperbaiki citra tersebut, akan tetapi banyak diantara generasi millennial yang belum mengetahui strategi untuk memaksimalkan Tik Tok sebagai aplikasi untuk menyebarkan dakwah dan opini yang bersifat edukatif. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mendongkrak kreativitas para da’i-da’i muda millennial untuk membuat konten dan mudah memasuki page para pengguna dengan mengkaji jurnal terkait dan wawancara ahli. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. diharapkan dari penelitian ini dapat menjadi pengetahuan baru untuk generasi millenial dalam pembuatan konten pada aplikasi Tik Tok agar dapat menyampaikan dakwah secara kreatif sesuai dengan tantangan zamannya.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2021 at-thullab Jurnal Mahasiswa Studi Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
- Ahmad Zaenuri, “Teknik Komunikasi Persuasif Dalam Pengajaran” JALIE: Journal of Applied Linguistics and Islamic Education 1, no.1 (2017)
- Abdul Rahman, Dudung. "Komunikasi Dakwah Melalui Media Sosial." Jurnal Balai Diklat Keagamaan Bandung XIII, no.2, 2019: 121-133.
- Aiman, Muhamad, Muhamad Syakir, and Ajmain. "Media Sosial dan Dakwah Menurut Islam." Prosiding Seminar Sains Teknologi dan Manusia. Malaysia: Universiti Sains Malaysia, 2019. 131-142.
- Alaydrus, Habib Hayqal. “Hukum Bermain Tik Tok”. 12 Oktober 2020. URL: https://youtu.be/d26wuaVW098
- Amelia, R. (2021)” Pesan Dakwah Husain Basyaiban Dalam Konten TikTok” (Skripsi, Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifudin,) diakses dari http://repository.uinjambi.ac.id
- Avifah, Nurul. “Efektifitas Dakwah Islam Melalui Sosial Media Instagram (Studi Akun Instagram Indonesia Menutup Aurat).” Raushan Fikr, 2017: 223-237.
- Ball, Rokeach, dan DeFluer. Teori Komunikasi Massa. Kuala Lumpur Malaysia: Dewan Bahasa dan Pustaka Kementerian Pendidikan Malaysia, 1988.
- Habib Jakfar al-Hadar, Husain Basyaiban, Raihan Habib. “Habib Dakwah di TikTok”. 23 januari 2021. URL: https://youtu.be/Vt2dRSEB7u4
- Hendra, T, and S Saputri. "Tantangan Dakwah Dalam Arus Perkembangan Media Sosial." Jurnal Dakwah dan Ilmu Komunikasi , 2020: 50-60.
- Hidayah, A. (2020) “Dakwah Digital Dan Generasi Milenial” (Menelisik Strategi Dakwah Komunitas Arus Informasi Santri Nusantara) (Skripsi, Universitas Islam Negeri Mataram,) diakses dari https://jurnal.uinmataram.ac.id
- Muhtadi, A. Komunikasi Dakwah : Teori, Pendekatan, dan Aplikasi. Bandung: Rekatama Media , 2012.
- Purwanto, yudi, Muhamad Taufik , and Asep Wawan Jatnika. Peran Teknologi Informasi Dalam Perkembangan Dakwah Mahasiswa. Bandung, Jawa Barat, April 1, 2017.
- Usman, Fadly. "Efektivitas Penggunaan Media Online Sebagai Sarana Dakwah." Jurnal Ekonomi dan Dakwah Islam (Al-Tsiqoh), vol.1, no.1, 2016: 1-8.
- Zaenuri, Ahmad. "Tekhnik Komunikasi Persuasif Dalam Pengajaran." Jalie : Journal of Applied Linguistics and Islamic Education, vol.1, no.1, 2017: 41-67.
- Zarary, Rara. tebuireng.online. 5 oktober 2020. https://tebuireng.online (diakses mei 22, 2021).
References
Ahmad Zaenuri, “Teknik Komunikasi Persuasif Dalam Pengajaran” JALIE: Journal of Applied Linguistics and Islamic Education 1, no.1 (2017)
Abdul Rahman, Dudung. "Komunikasi Dakwah Melalui Media Sosial." Jurnal Balai Diklat Keagamaan Bandung XIII, no.2, 2019: 121-133.
Aiman, Muhamad, Muhamad Syakir, and Ajmain. "Media Sosial dan Dakwah Menurut Islam." Prosiding Seminar Sains Teknologi dan Manusia. Malaysia: Universiti Sains Malaysia, 2019. 131-142.
Alaydrus, Habib Hayqal. “Hukum Bermain Tik Tok”. 12 Oktober 2020. URL: https://youtu.be/d26wuaVW098
Amelia, R. (2021)” Pesan Dakwah Husain Basyaiban Dalam Konten TikTok” (Skripsi, Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifudin,) diakses dari http://repository.uinjambi.ac.id
Avifah, Nurul. “Efektifitas Dakwah Islam Melalui Sosial Media Instagram (Studi Akun Instagram Indonesia Menutup Aurat).” Raushan Fikr, 2017: 223-237.
Ball, Rokeach, dan DeFluer. Teori Komunikasi Massa. Kuala Lumpur Malaysia: Dewan Bahasa dan Pustaka Kementerian Pendidikan Malaysia, 1988.
Habib Jakfar al-Hadar, Husain Basyaiban, Raihan Habib. “Habib Dakwah di TikTok”. 23 januari 2021. URL: https://youtu.be/Vt2dRSEB7u4
Hendra, T, and S Saputri. "Tantangan Dakwah Dalam Arus Perkembangan Media Sosial." Jurnal Dakwah dan Ilmu Komunikasi , 2020: 50-60.
Hidayah, A. (2020) “Dakwah Digital Dan Generasi Milenial” (Menelisik Strategi Dakwah Komunitas Arus Informasi Santri Nusantara) (Skripsi, Universitas Islam Negeri Mataram,) diakses dari https://jurnal.uinmataram.ac.id
Muhtadi, A. Komunikasi Dakwah : Teori, Pendekatan, dan Aplikasi. Bandung: Rekatama Media , 2012.
Purwanto, yudi, Muhamad Taufik , and Asep Wawan Jatnika. Peran Teknologi Informasi Dalam Perkembangan Dakwah Mahasiswa. Bandung, Jawa Barat, April 1, 2017.
Usman, Fadly. "Efektivitas Penggunaan Media Online Sebagai Sarana Dakwah." Jurnal Ekonomi dan Dakwah Islam (Al-Tsiqoh), vol.1, no.1, 2016: 1-8.
Zaenuri, Ahmad. "Tekhnik Komunikasi Persuasif Dalam Pengajaran." Jalie : Journal of Applied Linguistics and Islamic Education, vol.1, no.1, 2017: 41-67.
Zarary, Rara. tebuireng.online. 5 oktober 2020. https://tebuireng.online (diakses mei 22, 2021).