Main Article Content

Abstract

Pemasaran produk dalam industri sangat penting untuk meningkatkan penjualan yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan, namun dalam lingkungan akademik seperti universitas dan perguruan tinggi, promosi dan pemasaran perpustakaan sektor informasi diperlukan untuk mengetahui mutu layanan perpustakaan. Makalah ini menyebutkan konsep promosi perpustakaan dan pemasaran layanan perpustakaan. Perpustakaan perguruan tinggi memiliki semua jenis koleksi, baik dalam bentuk cetak maupun non cetak perlu melakukan promosi koleksi perpustakaan dalam rangka untuk menawarkan berbagai produk perpustakaan. Makalah ini memberikan solusi praktis, cara dan sarana pemasaran layanan perpustakaan. Promosi yang dapat dilakukan perpustakaan antara lain dengan memanfaatkan media: brosur/leaflet, daftar penambahan koleksi baru, daftar/buku bibliografi, memajang koleksi pasca pengolahan pada ruang pameran sebelum dishelving, unggah sampul koleksi baru pada laman perpustakaan, dan promosi seluruh aktivitas perpustakaan melalui website perpustakaan.

Keywords

Promosi perpustakaan pemasaran layanan perpustakaan Peran profesional perpustakaan Produk dan layanan perpustakaan

Article Details

Author Biography

Sungadi Sungadi, Universitas Islam Indonesia Yogyakarta

Perpustakaan
How to Cite
Sungadi, S. (2020). PROMOSI PERPUSTAKAAN DAN PEMASARAN LAYANAN PERPUSTAKAAN: PERAN PROFESIONAL PERPUSTAKAAN. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 2(2), 35–150. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/15187

References

  1. Coote, H. and Batchelor, B.: How to Market Your Library Services Effectively. Ed.2 London: Aslib, 1997 p.19
  2. Dragon, A.C : “ Marketing the library “. Wilson Library Bulletin 53(7), 1979 pp.498-502
  3. Glynn, T. & Wu, C. (2003). New Roles and Opportunities for Academic Library Liaisons : a Survey and Recommendations. Reference Service Review ,31 (2), pp122-128.
  4. Hollister, C. (2005). Bringing Information Literacy to Career Services, Reference Services Review, 33 (1), pp104-111.-
  5. Kotler, Philip; Marketing Of Non-Profit Organizations. Ed.2. Singapore : Pearson Education International, 2016
  6. Patil, S. K. & Pranita Pradhan. Library promotion practices and marketing of Library services: A role of Library professionals. Procedia - Social and Behavioral Sciences 133 (2014) 249 – 254.
  7. Seetharama, S: “Guidelines for Marketing for Information Services And Products “ In Marketing of library and information services in India. Calcutta : IASLIC. 1988 pp 1-16.
  8. Zachert, M.J. and Williams, R.V. : “Marketing Measures for Information Services “. Special Libraries, 17, 1986, pp 61-70