Kebijakan Strategis Perpustakaan Pada Masa Pandemi

Sungadi Sungadi(1*)
(1) Universitas Islam Indonesia Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Masa pandemi covid 19 merambah hampir di seluruh belahan dunia telah berlangsung hampir 9 bulan dan hingga saat ini belum ada tanda-tanda berakhir utamanya yang terjadi di Indonesia. Dampak dari wabah ini dapat mempengaruhi hampir di seluruh layanan publik, tidak terkecuali layanan perpustakaan. Pada masa pandemi covid 19 banyak perpustakaan yang melakukan penghentian layanan yang sifatnya kontak langsung dengan para pemustaka. Sementara pemenuhan kebutuhan informasi dan bahan bacaan serta layanan lainnya bagi pemustaka tetap perlu dilakukan, untuk itu perlu adanya langkah nyata dan kebijakan strategis yang harus dilakukan oleh perpustakaan. Tulisan ini membahas tentang kebijakan perpustakaan pada masa pandemi antara lain meliputi: (1) kebijakan umum perpustakaan; (2) transaksi peminjaman; (3) layanan daring; (4) prinsip dan prioritas. Dari ke-4 point ini didapatkan hasil yang sangat mendasar, bahwa: (1) Perpustakaan buka seperti biasa, sebaiknya hanya layanan malam yang ditutup. (2) Memperpanjang tanggal jatuh tempo pada masa pandemi perlu diberlakukan. (3) Kebijakan pembaruan otomatis untuk menghilangkan denda keterlambatan pinjaman buku. (4) Layanan digital dan konten elektronik tersedia bagi pemustaka yang menggunakan perangkat internet. (5) Berbagi hotspot Wi-Fi sehingga pelanggan yang tidak memiliki layanan internet dapat terus menikmati penawaran digital perpustakaan. (6)  Mengakomodasi kebutuhan pemustaka yang mungkin tidak memiliki akses internet, komputer di rumah, atau akses ke informasi.

References


Dixon, Jennifer A. 2020. Library Journal, July 2020. 03630277, Vol. 145, Issue 7

Freudenberger, Erica. 2020. As the threat of COVID-19 expands, public libraries balance patron needs with staff safety and containment. Library Journal; Apr2020, Vol. 145 Issue 4, p24-27.

Sungadi. 2020. Pengaruh Masa Pandemi dan Kualitas Layanan Perpustakaan terhadap Loyalitas Mahasiswa Melalui Mediasi Kepuasan Pemustaka. Laporan Penelitian Kajian Bidang Kepustakawanan Lingkup Nasional Berbasis Kompetisi Tahun 2020.


Article Statistic

Abstract view : 370 times
PDF views : 528 times

Dimensions Metrics

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.