Main Article Content

Abstract

Pendidikan keagamaan Islam berperan penting dalam membentuk siswa yang berbudi luhur dan berakhlak mulia. Tujuan itu selaras fokus program pemerintah melalui revolusi mental di bidang pendidikan. Penelitian ini berusaha melihat pelaksanaan pendidikan Agama Islam dan pengembangan karakter siswa yang dilakukan oleh Madrasah Diniyah Ali Maksum Krapyak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus dengan model penelitian evaluasi pendidikan. Hasil yang didapat adalah bahwa pelaksanaan pendidikan agama islam dan pengembangan karakter siswa di Madrasah Diniyah Ali Maksum dilaksanakan sejak tahap persiapan yang mencakup kurikulum, kompetensi guru dan sistem penerimaan siswa baru. Tahap pelaksanaan meliputi metode pembelajaran, pembiasaan dan pengawasan. Sedangkan tahap evaluasi meliputi evaluasi kurikulum, evaluasi kinerja guru dan evaluasi hasil belajar siswa.

Strengthening Religious and Character Education in Madrasah Diniyah Ali Maksum Yogyakarta

Islamic religious education plays an important role in shaping students who are virtuous and have ahlaq al-karima. This goal is in line with the focus of government programs through a mental revolution in education. This study seeks to see the implementation of Islamic education and the development of student character carried out by Madrasah Diniyah Ali Maksum Krapyak. This study uses a case study research method with an educational evaluation research model. The results obtained are that the implementation of Islamic religious education and character building of students at Madrasah Diniyah Ali Maksum has been implemented since the preparation stage which includes curriculum, teacher competence, and a new student admission system. Implementation stages include learning methods, habituation, and supervision. While the evaluation stage includes curriculum evaluation, teacher performance evaluation, and evaluation of student learning outcomes.

Keywords

Pendidikan Karakter Pendidikan Agama Islam Madrasah Diniyah Character Education Islamic Education

Article Details

How to Cite
Muzayaroh, A. (2021). Penguatan Pendidikan Agama dan Karakter Dasar di Madrasah Diniyah Ali Maksum Yogyakarta. Millah: Journal of Religious Studies, 20(2), 245–274. https://doi.org/10.20885/millah.vol20.iss2.art3

References

  1. Bahri, Djamarah Syaiful. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nas (1994).
  2. Budhiman, Arie. 2017. "Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter". Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, (2017).
  3. Denzin, Norman K. & Lincoln, Yvonna S. (Eds) 1994. The Handbook of Qualitative Research. Thousand Oaks, CA: Sage.
  4. Fiska Ilyasir, "Pengaruh Pertemanan Sebaya Terhadap Prestasi Belajar PAI SIswa Kelas XI SMA Negeri 1 Sewon Bantul Tahun Pelajaran 2013/2014," dalam Literasi, Vol. 6 tahun 2015. https://doi.org/10.21927/literasi.2015.6(1).77-97
  5. Lickona, Thomas. Educating for Character: Mendidik untuk Membentuk Karakter, terj. Juma Wadu Wamaungu dan Editor Uyu Wahyuddin dan Suryani, (Jakarta: Bumi Aksara, (2012).
  6. Moeleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, (2002).
  7. Pala, Aynur. "The Need for Character Education", dalam International Journal of Social Sciences and Humanity Studies, Vol 3, No 2, (2011).
  8. Supa'at. 2014. "Model Kebijakan Pendidikan Karakter di Madrasah" dalam Jurnal Pendidikan Islam, Vol, 3, No. 1, Juni (2014). https://doi.org/10.14421/jpi.2014.31.203-225
  9. Wakid, Abdul. 2018. "Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di Madrasah Diniyah" dalam Jurnal Tarbawi Vol. 15 No. 1 2018. https://doi.org/10.34001/tarbawi.v15i1.715
  10. Wahid, Abdul. "Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di Madrasah Diniyah", Tarbawi: JurnalPendidikan Islam, vol. 15 no. 1, (2018), Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara. https://doi.org/10.34001/tarbawi.v15i1.715
  11. Haris, Abdul. "Pendidikan Al-Qur'an sebagai Modal Pembentukan Karakter Siswa di Madrasah Diniyah:, Al-Ulum: Jurnal Penelitian dan Pemikiran Islam, vol. 4 no. 2, (2017), Universitas Islam Madura.https://doi.org/10.31102/alulum.4.2.2017.227-241
  12. Aenin Nafisatul M., Pengajar Madrasah Diniyah TPQ-PLUS Ali Maksum, wawancara 29 Mei 2020.
  13. M. Fikri, Humas Madrasah Diniyah TPQ-PLUS Ali Maksum, wawancara 13 November 2019.