Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis determinan niat perilaku pengguna layanan online ticketing pada platform penyedia tiket film aplikasi cinema 21 (M-Tix) di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penduduk Yogyakarta yang berada di usia produktif. Data dalam penelitian ini adalah data primer dengan menggunakan kuesioner daring kepada 100 responden. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pengolahan data kuantitatif dengan menggunakan metode statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Performance expectancy, berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat perilaku penggunaan, yang artinya semakin baik performance expectancy maka niat perilaku penggunaan akan semakin baik secara signifikan; (2) effort expectancy, berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat perilaku penggunaan, yang artinya semakin tinggi effort expectancy maka niat perilaku penggunaan konsumen akan tinggi secara signifikan; (3) social influence berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap niat perilaku penggunaan, yang artinya semakin baik social influence maka niat perilaku penggunaan belum tentu semakin tinggi secara signifikan; (4) facilitating condition berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap niat perilaku pengguna, yang artinya semakin baik facilitating condition maka niat perilaku penggunaan belum tentu semakin tinggi secara signifikan.

Keywords

performance expectancy effort expectancy social influence facilitating condition niat perilaku penggunaan e-tiket

Article Details

How to Cite
Zakwansyah, D. I., & Priyono, A. (2023). Determinan Niat Perilaku Pengguna Layanan Online Ticketing pada Platform Penyedia Tiket Film Aplikasi Cinema 21 (M-Tix) di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 2(2), 248–264. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/28759

References

  1. Adenan, M.I., AL, M. dan Krishnasamy, G. (2015) “Malaysian plants with potential in vitro trypanocidal activity,” Annals of Phytomedicine, 4(1), hal. 6–16.
  2. Bendi, R.K.J. dan Andayani, S. (2013) “Analisis Perilaku Penggunaan Sistem Informasi Menggunakan Model UTAUT,” in Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi Terapan (Semantik 2013). Semarang: Universitas Dian Nuswantoro, hal. 277–282. Tersedia pada: http://eprints.ukmc.ac.id/196/.
  3. Bienz, N. (2008) “Electronic Ticketing: Electronic Business Course.” Fribourg.
  4. Davis, F.D. (1989) “Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology,” MIS Quarterly, 13(3), hal. 319–340. doi:10.2307/249008.
  5. Dewa, I.I., Widnyana, G.P. dan Yadnyana, I.K. (2015) “Implikasi Model Utaut Dalam Menjelaskan Faktor Niat Dan Penggunaan Sipkd Kabupaten Tabanan,” Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 11(2), hal. 515–530. Tersedia pada: https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/11178.
  6. DPMPTSP Kota Yogyakarta (2019) Kependudukan, DPMPTSP Kota Yogyakarta. Tersedia pada: https://pmperizinan.jogjakota.go.id/web/kontent/71/kependudukan (Diakses: 23 Juni 2023).
  7. El-Masri, M. dan Tarhini, A. (2017) “Factors affecting the adoption of e-learning systems in Qatar and USA: Extending the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2),” Educational Technology Research and Development, 65, hal. 743–763. doi:10.1007/s11423-016-9508-8.
  8. Fuady, M. (2002) Pengantar Hukum Bisnis: Menata Bisnis Modern di Era Global. Bandung: Citra Aditya Bakti.
  9. Ghozali, I. (2018) Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. 9 ed. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
  10. Gupta, A., Dogra, N. dan George, B. (2018) “What determines tourist adoption of smartphone apps? An analysis based on the UTAUT-2 framework,” Journal of Hospitality and Tourism Technology, 9(1), hal. 50–64. doi:10.1108/JHTT-02-2017-0013.
  11. Hamzah, A. (2010) “FAKTOR-FAKTOR PEMAKAI YANG MEMPENGARUHI MINAT PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI,” Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 1(2), hal. 279–292. Tersedia pada: https://jamal.ub.ac.id/index.php/jamal/issue/view/11.
  12. Handayani, R. (2007) “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Pemanfaatan Sistem Informasi dan Penggunaan Sistem Informasi (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Jakarta ),” Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 9(2), hal. 76–88. Tersedia pada: https://jurnalakuntansi.petra.ac.id/index.php/aku/article/view/16818.
  13. Hoque, R. dan Sorwar, G. (2017) “Understanding factors influencing the adoption of mHealth by the elderly: An extension of the UTAUT model,” International Journal of Medical Informatics, 101, hal. 75–84. doi:https://doi.org/10.1016/j.ijmedinf.2017.02.002.
  14. Jati, N.J. dan Laksito, H. (2012) “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minal Pemanfaatan dan Penggunaan Sistem E-Ticket,” Diponegoro Journal of Accounting, 1(1), hal. 1–15. Tersedia pada: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/accounting/article/view/562.
  15. Mantoro, T., Ayu, M.A. dan Mahmod, S.M. binti (2014) “Securing the authentication and message integrity for Smart Home using smart phone,” in 2014 International Conference on Multimedia Computing and Systems (ICMCS). Marrakech: IEEE, hal. 985–989. doi:10.1109/ICMCS.2014.6911150.
  16. Mardiasmo (2018) Perpajakan. Yogyakarta: Andi Offset.
  17. Mayasari, D. (2009) Pengaruh Teknologi Informasi dan Penggunaan Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Manajerial. Universitas Bung Hatta.
  18. Meyliana et al. (2012) “KEPUASAN USER TERHADAP KINERJA SISTEM SAP PADA PT INDOFOOD CBP SUKSES MAKMUR TBK (NUTRITION AND SPECIAL FOODS DIVISION),” Jurnal Fakultas Ekonomi Binus University, 11(2), hal. 515–530.
  19. Moore, G.C. dan Benbasat, I. (1991) “Development of an Instrument to Measure the Perceptions of Adopting an Information Technology Innovation,” Information Systems Research, 2(3), hal. 192–222. doi:10.1287/isre.2.3.192.
  20. Mufti, A., Destiawati, F. dan Akhirina, T.Y. (2014) “Evaluasi Penerimaan Jejaring Sosial Google+ Pada Siswa Sekolah Menengah Atas Di Wilayah Jakarta Selatan,” Jurnal Sistem Informasi, 10(2), hal. 75–82. doi:10.21609/jsi.v10i2.389.
  21. Mulyadi, M. (2013) “Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya,” Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 15(1), hal. 127–138. doi:10.31445/jskm.2011.150106.
  22. Mulyani, A. (2018) “Analisis Penerimaan dan Penggunaan Teknologi Aplikasi Ojek Online Menggunakan Unified Theory of Acceptance and Use Technology,” Jurnal Algoritma, 15(2), hal. 61–66. doi:10.33364/algoritma/v.15-2.61.
  23. Pertiwi, N.W.D.M.Y. dan Ariyanto, D. (2017) “Penerapan Model UTAUT 2 untuk Menjelaskan Minat dan Perilaku Penggunaan Mobile Banking,” E-Jurnal Akuntansi, 18(2), hal. 1369–1397. doi:10.24843/eja.2021.v31.i10.p13.
  24. Prasetyo, D. (2012) “Analisis Perilaku Penerimaan Teknologi Informasi pada UKM Sektor Industri Manufaktur di Wilayah Jabodetabek,” Jurnal Manajemen, hal. 1–12. Tersedia pada: https://oldsite.gunadarma.ac.id/library/articles/graduate/economy/2008/Artikel_10204215.pdf.
  25. Priyadi, R., Daryanto, A. dan Hermadi, I. (2017) “Perilaku Penggunaan Portal E-office di Bank XYZ Dengan Pendekatan Model UTAUT,” Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen, 3(2), hal. 185–195. doi:10.17358/jabm.3.2.185.
  26. Ramdhani, A.B., Rachmawati, I. dan Prabowo, F.S.A. (2017) “Pengaruh Adopsi Teknologi Layanan Uang Elektronik Telkomsel Cash Menggunakan Pendekatan UTAUT 2,” in eProceedings of Management. Bandung: Universitas Telkom, hal. 53–61. Tersedia pada: https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/4364.
  27. Sedana, I.G.N. dan Wijaya, S.W. (2010) “UTAUT model for understanding learning management system,” Internetworking Indonesia Journal, 2(2), hal. 27–32.
  28. Setyorini, A. dan Meiranto, W. (2021) “ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PENERIMAAN DAN PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DAERAH (SIMDA) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL UTAUT 2 (Studi Empiris pada Pengguna Sistem informasi Manajemen Daerah (SIMDA) di Kota Salatiga),” Diponegoro Journal of Accounting, 10(1), hal. 1–15. Tersedia pada: http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/accounting.
  29. Shara, P.V. dan Widodo, T. (2018) “Penerapan Model Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology (UTAUT) Untuk Menganalisis Minat Pengguna Smartphone Di Kota Bandung,” Sosiohumanitas, 20(1), hal. 70–83. doi:10.36555/sosiohumanitas.v20i1.49.
  30. Siswanto, T. (2018) “Optimalisasi Sosial Media Sebagai Media Pemasaran Usaha Kecil Menengah,” Liquidity, 2(1), hal. 80–86. doi:10.32546/lq.v2i1.134.
  31. Slade, E.L. et al. (2015) “Modeling Consumers’ Adoption Intentions of Remote Mobile Payments in the United Kingdom: Extending UTAUT with Innovativeness, Risk, and Trust,” Psychology & Marketing, 32(8), hal. 860–873. doi:10.1002/mar.20823.
  32. Tak, P. dan Panwar, S. (2017) “Using UTAUT 2 model to predict mobile app based shopping: evidences from India,” Journal of Indian Business Research, 9(3), hal. 248–264. doi:10.1108/JIBR-11-2016-0132.
  33. Triandis, H.C. (1979) “Values, attitudes, and interpersonal behavior.,” in Nebraska Symposium on Motivation. Lincoln: University of Nebraska Press, hal. 195–259.
  34. Venkatesh, V. et al. (2003) “User Acceptance of Information Technology: Toward a Unified View,” MIS Quarterly, 27(3), hal. 425–478. doi:10.2307/30036540.
  35. Venkatesh, V. dan Davis, F.D. (1996) “A Model of the Antecedents of Perceived Ease of Use: Development and Test*,” Decision Sciences, 27(3), hal. 451–481. doi:10.1111/j.1540-5915.1996.tb00860.x.
  36. Venkatesh, V. dan Davis, F.D. (2000) “A Theoretical Extension of the Technology Acceptance Model: Four Longitudinal Field Studies,” Management Science, 46(2), hal. 186–204. Tersedia pada: http://www.jstor.org/stable/2634758.
  37. Venkatesh, V., Thong, J.Y.L. dan Xu, X. (2012) “Consumer Acceptance and Use of Information Technology: Extending the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology,” MIS Quarterly, 36(1), hal. 157–178. doi:10.2307/41410412.
  38. Widnyana, I.I.D.G.P. dan Yadnyana, I.K. (2015) “IMPLIKASI MODEL UTAUT DALAM MENJELASKAN FAKTOR NIAT DAN PENGGUNAAN SIPKD KABUPATEN TABANAN,” E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 11(2), hal. 515–530. Tersedia pada: https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/11178.
  39. Wilfan, A.F. dan Martini, E. (2021) “Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Linkaja Berdasarkan Model Teori UTAUT2 (Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology2),” e-Proceeding of Management, 8(6), hal. 7729–7741. Tersedia pada: https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/16895%0Ahttps://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/16895/16612.
  40. Wulandari, N.P.A. dan Yadnyana, I.K. (2016) “PENERAPAN MODEL UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY DI KOTA DENPASAR,” E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 14(2), hal. 1270–1297. Tersedia pada: https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/15150.
  41. Yulianti dan Handayani, P.W. (2011) “ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PENERIMAAN PENGGUNA DALAM MENGGUNAKAN SISTEM ERP DENGAN STUDI KASUS PT XYZ,” Jurnal Sistem Informasi, 7(1), hal. 69–75. Tersedia pada: https://jsi.cs.ui.ac.id/index.php/jsi/article/view/296.