BERBISNIS BERDASRKAN PERILAKU RASULULLAH SAW

Ghina Wahyuningsih, Fitri Noer Janah, Muhammad Roy Purwanto

Abstract

Bisnis yang sukses tidak terlepas dari beberapa hal diantaranya harus dilakukan berdasarkan kepercayaan, berkaitan dengan etika, dan berhubungan dengan profit. Dalam prakteknya untuk melakukan bisnis sesuai syari’at Islam telah dilakukan oleh Rasulullah SAW selaku pedoman bagi umat Islam, sehingga jika pembisnis melakukan bisnis sesuai ajaran Rasulullah maka sama dengan menjalankan sunah Rasulullah SAW. Dewasa ini semakin banyak pengusaha yang menerapkan perilaku Rasulullah dalam bisnisnya, diantaranya yaitu berorientasi pada pelanggan dengan menjaga kepuasan konsumen, keterbukaan kepada pelanggan dengan menerapkan aspek jujur dalam perniagaan, melakukan persaingan yang sehat di dalam pasar ekonomi, harus memperhatika aspek keadilan agar tidak ada pihak yang tertindas atau merasa dirugikan ketika menjalin bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan bisnis yang benar berdasarkan ajaran Rasulullah dan mengkaji pesan-pesan yang disampaikan Rasulullah pada aspek muamalah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan data sekunder atau library research.

Full Text:

PDF

References

Azizaturrohmah, S. N., & Mawardi, I. (2014, April). Pemahaman Etika Berdagang pada Pedagang Muslim Pasar Wonokromo Surabaya (Studi Kasus Pedagang Buah). JESTT, 1 No. 4, 278-288.

Batubara, M. M. (2018). Dampak Dan Implikasi Bisnis Yang Beretika. Palembang: Palembang.ac.id.

Gusriani, R. Y., & Faulidi, H. (2012, Juni). Dakwah dalam Bisnis dan Entrepreneur Nabi Muhammad SAW. Alhadharah, 11(21), 17-24.

Juhanis. (2013). Filosofi Wirausaha Nabi Muhammad. Sulesana, 8(1), 38-47.

Juliani, E. (2016). Etika Bisnis Dalam Perspektif Islam. Jurnal Ummul Qura, 63-74.

Khoir, M. (2019, Juni). Implementasi Akhlak Nabi Muhammad SAW dalam Berbisnis. Qawanin, 3(1), 1-17.

Mardoni, Y. (2017). Etika Bisnis Dalam Perspektif Islam. Kewirausahaan Dalam Multi Perspektif, 31-41.

Norvadewi. (2015, Desember). Bisnis dalam Perspketif Islam (Telaah Konsep, Prinsip, dan Landasan Normatif). Al-Tijary, 1(1), 33-46.

Saifullah, M. (2011, Mei). Etika Bisnis Islami dalam Praktek Bisnis Rasulullah. Walisongo, 19(1), 127-156.

Sampurno, W. M. (2016). Penerapan Etika Bisnis Islam dan Dampaknya Terhadap Kemajuan Bisnis Industri Rumah Tangga. Journal Of Islamic Economics Lariba, 13-18.

Sugiarto, E. (2015). Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif Skripsi dan Tesis. Sleman, Yogyakarta: CV Jejak.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriyadi. (2016). Cummunity of Practitioners : Solusi Alternatif Berbagi Pengetahuan Antar Pustakawan. Lentera Pustaka, 83-93.

Trimulato. (2017, April). Pola Bisnis Rasulullah Spirit Bagi Perkembangan Bank Syariah. Jurnal Syariah, 5(1), 1-32.

Yunia, N. (2018). Implementasi Etika Bisnis dalam Menjalankan Usaha Kecil. Aksioma Al-Musaqoh, 1(1), 77-92.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 at-thullab Jurnal Mahasiswa Studi Islam