Main Article Content
Abstract
Bisnis yang sukses tidak terlepas dari beberapa hal diantaranya harus dilakukan berdasarkan kepercayaan, berkaitan dengan etika, dan berhubungan dengan profit. Dalam prakteknya untuk melakukan bisnis sesuai syari’at Islam telah dilakukan oleh Rasulullah SAW selaku pedoman bagi umat Islam, sehingga jika pembisnis melakukan bisnis sesuai ajaran Rasulullah maka sama dengan menjalankan sunah Rasulullah SAW. Dewasa ini semakin banyak pengusaha yang menerapkan perilaku Rasulullah dalam bisnisnya, diantaranya yaitu berorientasi pada pelanggan dengan menjaga kepuasan konsumen, keterbukaan kepada pelanggan dengan menerapkan aspek jujur dalam perniagaan, melakukan persaingan yang sehat di dalam pasar ekonomi, harus memperhatika aspek keadilan agar tidak ada pihak yang tertindas atau merasa dirugikan ketika menjalin bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan bisnis yang benar berdasarkan ajaran Rasulullah dan mengkaji pesan-pesan yang disampaikan Rasulullah pada aspek muamalah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan data sekunder atau library research.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2021 at-thullab Jurnal Mahasiswa Studi Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
- Azizaturrohmah, S. N., & Mawardi, I. (2014, April). Pemahaman Etika Berdagang pada Pedagang Muslim Pasar Wonokromo Surabaya (Studi Kasus Pedagang Buah). JESTT, 1 No. 4, 278-288.
- Batubara, M. M. (2018). Dampak Dan Implikasi Bisnis Yang Beretika. Palembang: Palembang.ac.id.
- Gusriani, R. Y., & Faulidi, H. (2012, Juni). Dakwah dalam Bisnis dan Entrepreneur Nabi Muhammad SAW. Alhadharah, 11(21), 17-24.
- Juhanis. (2013). Filosofi Wirausaha Nabi Muhammad. Sulesana, 8(1), 38-47.
- Juliani, E. (2016). Etika Bisnis Dalam Perspektif Islam. Jurnal Ummul Qura, 63-74.
- Khoir, M. (2019, Juni). Implementasi Akhlak Nabi Muhammad SAW dalam Berbisnis. Qawanin, 3(1), 1-17.
- Mardoni, Y. (2017). Etika Bisnis Dalam Perspektif Islam. Kewirausahaan Dalam Multi Perspektif, 31-41.
- Norvadewi. (2015, Desember). Bisnis dalam Perspketif Islam (Telaah Konsep, Prinsip, dan Landasan Normatif). Al-Tijary, 1(1), 33-46.
- Saifullah, M. (2011, Mei). Etika Bisnis Islami dalam Praktek Bisnis Rasulullah. Walisongo, 19(1), 127-156.
- Sampurno, W. M. (2016). Penerapan Etika Bisnis Islam dan Dampaknya Terhadap Kemajuan Bisnis Industri Rumah Tangga. Journal Of Islamic Economics Lariba, 13-18.
- Sugiarto, E. (2015). Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif Skripsi dan Tesis. Sleman, Yogyakarta: CV Jejak.
- Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
- Supriyadi. (2016). Cummunity of Practitioners : Solusi Alternatif Berbagi Pengetahuan Antar Pustakawan. Lentera Pustaka, 83-93.
- Trimulato. (2017, April). Pola Bisnis Rasulullah Spirit Bagi Perkembangan Bank Syariah. Jurnal Syariah, 5(1), 1-32.
- Yunia, N. (2018). Implementasi Etika Bisnis dalam Menjalankan Usaha Kecil. Aksioma Al-Musaqoh, 1(1), 77-92.
References
Azizaturrohmah, S. N., & Mawardi, I. (2014, April). Pemahaman Etika Berdagang pada Pedagang Muslim Pasar Wonokromo Surabaya (Studi Kasus Pedagang Buah). JESTT, 1 No. 4, 278-288.
Batubara, M. M. (2018). Dampak Dan Implikasi Bisnis Yang Beretika. Palembang: Palembang.ac.id.
Gusriani, R. Y., & Faulidi, H. (2012, Juni). Dakwah dalam Bisnis dan Entrepreneur Nabi Muhammad SAW. Alhadharah, 11(21), 17-24.
Juhanis. (2013). Filosofi Wirausaha Nabi Muhammad. Sulesana, 8(1), 38-47.
Juliani, E. (2016). Etika Bisnis Dalam Perspektif Islam. Jurnal Ummul Qura, 63-74.
Khoir, M. (2019, Juni). Implementasi Akhlak Nabi Muhammad SAW dalam Berbisnis. Qawanin, 3(1), 1-17.
Mardoni, Y. (2017). Etika Bisnis Dalam Perspektif Islam. Kewirausahaan Dalam Multi Perspektif, 31-41.
Norvadewi. (2015, Desember). Bisnis dalam Perspketif Islam (Telaah Konsep, Prinsip, dan Landasan Normatif). Al-Tijary, 1(1), 33-46.
Saifullah, M. (2011, Mei). Etika Bisnis Islami dalam Praktek Bisnis Rasulullah. Walisongo, 19(1), 127-156.
Sampurno, W. M. (2016). Penerapan Etika Bisnis Islam dan Dampaknya Terhadap Kemajuan Bisnis Industri Rumah Tangga. Journal Of Islamic Economics Lariba, 13-18.
Sugiarto, E. (2015). Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif Skripsi dan Tesis. Sleman, Yogyakarta: CV Jejak.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supriyadi. (2016). Cummunity of Practitioners : Solusi Alternatif Berbagi Pengetahuan Antar Pustakawan. Lentera Pustaka, 83-93.
Trimulato. (2017, April). Pola Bisnis Rasulullah Spirit Bagi Perkembangan Bank Syariah. Jurnal Syariah, 5(1), 1-32.
Yunia, N. (2018). Implementasi Etika Bisnis dalam Menjalankan Usaha Kecil. Aksioma Al-Musaqoh, 1(1), 77-92.