Bersatunya dua fakultas, yaitu Fakultas Tarbiyah dan Fakultas Syari'ah UN, telah melahirkan banyak fenomena baru. Demikian juga halnya bagi pengelolaan JPI (Jurnal Pendidikan  Islam) ini, yang saat ini pengelolaannya berada di bawah naungan Jurusan Tarbiyah. Bongkar-pasang staf redaksi pada awalnya dimaksudkan untuk membangkitkan gairah dan kinerja yang lebih baik, tentunya hal itu perlu diuji dengan wujud kerja yang nyata. Alhamdulillah, JPI masih dapat hadir meski dengan mengalami keterlambatan dari waktu yang dijadwalkan, tampaknya persoalan yang terkait dengan finishing naskah memang bukan kerja yang ringan, dan ini salah satu yang menjadi tugas berat tim redaksi saat ini. Tema yang diangkat saat ini adalah tentang Reformasi Pendidikan, tema ini diangkat senyampang dengan kebutuhan untuk mereformasi berbagai situasi yang ada  di dunia pendidikan, baik tentang sistem ataupun praktik pendidikan secara umum. Kami berharap kehadiran JPI tetap menjadi  bahan diskusi yang tak putus serta dapat menjadi bahan referensi bagi yang membutuhkannya. Dalam edisi ini kami juga sepakat bahwa reformasi pendidikan memang seharusnya didukung dengan segenap konsep yang mapan, tanpa itu angan untuk memperbaiki pendidikan akan  sekadar mimpi diatas mimpi, semoga hal itu tidak  terjadi.  

Published: August 3, 2016

Studi Pemikiran Pendidikan Islam Modern

Hujair AH. Sanaky (1)
(1)
5-13
327

Kajian Islam tentang Demokrasi Pendidikan

Sri Haningsih (1)
(1)
14-19
132

Reformasi Pendidikan Islam Menapaki Millenium Ketiga

Maragustam - (1)
(1)
20-28
154

Reformasi Pendidikan Dari Pondasi ke Aksi

Zamroni - (1)
(1)
29-39
138

Menuju Pendidikan yang Demokratis

Muhammad Idrus (1)
(1)
40-45
127

Reorientasi Manajemen Perguruan Tinggi

Achmad Sobirin (1)
(1)
46-55
114

Strategic Palnning in Higher education

Azharuddin Sahil (1)
(1)
56-66
136

Cendikiawan dan Kebebasan Akademik

Imam Moedjiono (1)
(1)
67-78
258

Sistem Pendidikan Pondok Pesantren (Sebuah Alternatif Mengatasi Kegagalan Sistem Pendidikan barat)

Dadan Muttaqien (1)
(1)
79-87
222