Main Article Content

Abstract

Penelitian ini untuk memberi tujuan dalam mengetahui penelitian hubungan serta pengaruh antara variabel orientasi kewirausahaan, kinerja pengembangan produk baru, dan inovasi model bisnis. Data yang akan disajikan dalam penelitian ini didapatkan dari hasil penyebaran kuesioner dari 120 UMKM dari sektor ekonomi kreatif di Kabupaten Bantul. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan purposive sampling sebab diperlukan kriteria khusus pada sampel yang akan diambil sehingga dapat menjawab permasalahan penelitian selain itu dapat memberikan nilai yang representatif. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis structural equation modeling (SEM) dengan bantuan software IBM SPSS AMOS 24. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif pada variable orientasi kewirausahaan, kinerja pengembangan produk baru, dan inovasi model bisnis.

Keywords

orientasi kewirausahaan kinerja pengembangan produk baru inovasi model bisnis

Article Details

How to Cite
Darmanastra, M. Y., & Nursyamsiah, S. (2023). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Pengembangan Produk Baru yang Dimediasi oleh Inovasi Model Bisnis (Studi Empiris pada UMKM Ekonomi Kreatif di Kabupaten Bantul). Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 2(1), 129–139. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/27835

References

  1. Ceccagnoli, M. (2009) “Appropriability, preemption, and firm performance,” Strategic Management Journal, 30(1), hal. 81–98. doi:10.1002/smj.723.
  2. Cho, Y.H. dan Lee, J.-H. (2018) “Entrepreneurial orientation, entrepreneurial education and performance,” Asia Pacific Journal of Innovation and Entrepreneurship, 12(2), hal. 124–134. doi:10.1108/apjie-05-2018-0028.
  3. Ciampi, F. et al. (2021) “Exploring the impact of big data analytics capabilities on business model innovation: The mediating role of entrepreneurial orientation,” Journal of Business Research, 123, hal. 1–13. doi:10.1016/j.jbusres.2020.09.023.
  4. Clauss, T. (2017) “Measuring business model innovation: conceptualization, scale development, and proof of performance,” R and D Management, 47(3), hal. 385–403. doi:10.1111/radm.12186.
  5. Evanschitzky, H. et al. (2012) “Success factors of product innovation: An updated meta-analysis,” Journal of Product Innovation Management, 29(S1), hal. 21–37. doi:10.1111/j.1540-5885.2012.00964.x.
  6. Ferreras-Méndez, J.L. et al. (2021) “Entrepreneurial orientation and new product development performance in SMEs: The mediating role of business model innovation,” Technovation, 108, hal. 102325. doi:10.1016/j.technovation.2021.102325.
  7. Ghozali, I. (2011) Model Persamaan Struktural Konsep dan Aplikasi dengan Program AMOS 24. 7 ed. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
  8. Hanggita, A.T. (2018) “Analisis Faktor Pemilihan Lokasi Usaha Jasa pada UMKM di Kecamatan Paciran,” Manajemen Bisnis, 8(2), hal. 167–176. doi:10.22219/jmb.v8i2.7069.
  9. Mu, J. et al. (2017) “Strategic orientation and new product development performance: The role of networking capability and networking ability,” Industrial Marketing Management, 64, hal. 187–201. doi:10.1016/j.indmarman.2016.09.007.
  10. Mütterlein, J. dan Kunz, R.E. (2017) “Innovate alone or with others? Influence of entrepreneurial orientation and alliance orientation on media business model innovation,” Journal of Media Business Studies, 14(3), hal. 173–187. doi:10.1080/16522354.2018.1445162.
  11. Presiden RI dan DPR RI (2008) Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. 2008: Pemerintah Pusat.
  12. Sheng, S., Zhou, K.Z. dan Lessassy, L. (2013) “NPD speed vs. innovativeness: The contingent impact of institutional and market environments,” Journal of Business Research, 66(11), hal. 2355–2362. doi:10.1016/j.jbusres.2012.04.018.
  13. Srivastava, P. et al. (2013) “Evaluating the relationship of firm strategic orientations and new product development program performance,” Journal of Marketing Theory and Practice, 21(4), hal. 429–440. doi:10.2753/MTP1069-6679210406.
  14. Su, J., Zhang, S. dan Ma, H. (2020) “Entrepreneurial orientation, environmental characteristics, and business model innovation: a configurational approach,” Innovation: Organization and Management, 22(4), hal. 399–421. doi:10.1080/14479338.2019.1707088.
  15. Velu, C. (2015) “Business model innovation and third-party alliance on the survival of new firms,” Technovation, 35, hal. 1–11. doi:10.1016/j.technovation.2014.09.007.