Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh berbagi informasi, kepercayaan, hubungan jangka panjang, dan kolaborasi terhadap kinerja manajemen rantai pasok. Metode dalam penelitian ini yaitu menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan UMKM Toko Retail Bahan Bangunan di Pangkalan Bun Kalimantan Tengah. Sampel pada penelitian ini sebanyak 37 Toko Retail Bahan Bangunan di Pangkalan Bun Kalimantan Tengah. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan pengukuran skala likert. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara berbagi informasi terhadap kinerja rantai pasok, hal ini dibuktikan dengan hasil uji-T variabel berbagi informasi terhadap kinerja rantai pasok dengan signifikansi 0,018 <0,05; (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara kepercayaan terhadap kinerja rantai pasok, hal ini dibuktikan dengan hasil uji-T variabel kepercayaan terhadap kinerja rantai pasok dengan signifikansi 0,000 <0,05; (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara hubungan jangka panjang terhadap kinerja rantai pasok, hal ini dibuktikan dengan hasil uji-T variabel hubungan jangka panjang terhadap kinerja rantai pasok dengan signifikansi 0,013 <0,05; (4) terdapat pengaruh yang signifikan antara kolaborasi terhadap kinerja rantai pasok, hal ini dibuktikan dengan hasil uji-T variabel kolaborasi terhadap kinerja rantai pasok dengan signifikansi 0,000 <0,05.

Keywords

berbagi informasi kepercayaan hubungan jangka panjang kolaborasi kinerja manajemen rantai pasokan

Article Details

Author Biographies

Muthia Intan Sari, Universitas Islam Indonesia

 

 

Al Hasin, Universitas Islam Indonesia

 

 

How to Cite
Sari, M. I., & Hasin, A. (2023). Pengaruh Berbagi Informasi, Kepercayaan, Hubungan Jangka Panjang, Kolaborasi terhadap Kinerja Rantai Pasok Manajemen (Studi pada UMKM Toko Retail Bahan Bangunan di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah). Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 2(3), 34–46. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/29595

References

  1. Abdullah, Z. dan Musa, R. (2014) “The Effect of Trust and Information Sharing on Relationship Commitment in Supply Chain Management,” in Procedia - Social and Behavioral Sciences. Amsterdam: Elsevier B.V., hal. 266–272. Tersedia pada: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.04.031.
  2. Afrianto, A.P. dan Irwansyah, I. (2021) “Eksplorasi Kondisi Masyarakat Dalam Memilih Belanja Online Melalui Shopee Selama Masa Pandemi COVID-19 di Indonesia,” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), hal. 10–29. Tersedia pada: http://jurnal.unidha.ac.id/index.php/jteksis/article/view/181.
  3. Afriliyani, U., Sunarko, B. dan Widuri, R. (2019) “The Impact of Long Term Relationship, Process Integration, Cooperation On Supply Chain Management Performance And Competitive Advantage,” Journal of Research in Management, 2(2), hal. 1–6. Tersedia pada: https://www.semanticscholar.org/paper/The-Impact-of-Long-Term-Relationship%2C-Process-On-Afriliyani-Sunarko/fb28b9aa5791ac0cad5695a82434c62b382562aa.
  4. Al-Shuaibi, K.M. (2016) “Reaping the Benefits of Long Term Relationship with Suppliers: An Evidence from the Saudi Chemical Industry,” International Journal of Business and Management, 11(8), hal. 203–212. Tersedia pada: http://dx.doi.org/10.5539/ijbm.v11n8p203.
  5. Almira, N.E., Seno, A.H.D. dan Widiartanto, W. (2021) “Pengaruh Berbagi Informasi, Hubungan Jangka Panjang dan Kerja Sama Terhadap Kinerja Industri Kecil dan Menengah Tahu Anggota PRIMKOPTI Jakarta Timur,” Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(1), hal. 945–951. Tersedia pada: https://doi.org/10.14710/jiab.2021.30062.
  6. Aprianiningsih, H., Ali, A.H.N. dan Herdiyanti, A. (2013) Analisis Pengaruh Implementasi Teknologi Informasi terhadap Kinerja Rantai Pasok dengan Integrasi Rantai Pasok sebagai Mediator pada Sektor Industri Tekstil dan Produk Tekstil (TPT), ITS Paper. Surabaya.
  7. Ariani, D. dan Dwiyanto, B.M. (2013) “ANALISIS PENGARUH SUPPLY CHAIN MANAGEMENT TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Studi Pada Industri Kecil dan Menengah Makanan Olahan Khas Padang Sumatera Barat),” Diponegoro Journal of Management, 2(3), hal. 1–10. Tersedia pada: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/3203.
  8. Baba, V.F. et al. (2021) “Information Sharing and Supply Chain Collaboration: Strategy for Higher Firm Performance in Ghana,” American Journal of Industrial and Business Management, 11, hal. 635–645. Tersedia pada: https://doi.org/10.4236/ajibm.2021.116041.
  9. Cazeri, G.T. et al. (2017) “Performance Measurement of Green Supply Chain Management: A Literature Review and Gaps for Further Research,” Brazilian Journal of Operations & Production Management, 14(1), hal. 60–72. Tersedia pada: https://doi.org/10.14488/BJOPM.2017.v14.n1.a7.
  10. Dwiastuti, M. dan Satyanegara, D. (2022) “Pengaruh Kepercayaan dan Komitmen terhadap Kinerja Rantai Pasokan Toko Kelontong Jaringan SRC,” Sains: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 15(1), hal. 41–62. Tersedia pada: https://doi.org/10.35448/jmb.v15i1.17239.
  11. Erlina (2020) “Analisa Pengukuran Kinerja Rantai Pasok dengan Model Supplay Chain Operation Reference (SCOR) PT. XYZ di Bogor,” Indikator, 4(2), hal. 353473. Tersedia pada: https://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/indikator/article/view/10001.
  12. Hasmi, S.R., Samsir dan Marpaung, R.J.M. (2020) “PENGARUH BERBAGI INFORMASI DAN HUBUNGAN JANGKA PANJANG TERHADAP KINERJA RANTAI PASOKAN DAN KEUNGGULAN BERSAING (Studi Pada IKM Olahan Rendang Kota Payakumbuh),” Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Ekonomi, 7(2), hal. 1–15. Tersedia pada: https://jnse.ejournal.unri.ac.id/index.php/JOMFEKON/article/view/30633.
  13. Kalam, F.A., Kusmantini, T. dan Ediningsih, S.I. (2019) “Pengaruh berbagi informasi terhadap kualitas produk yang dimediasi oleh keselarasan kualitas: Studi pada Kedai Kopi di Kabupaten Sleman, D. I. Yogyakarta,” Journal of Business and Information Systems, 1(2), hal. 115–127. Tersedia pada: https://www.thejbis.org/index.php/jbis/article/view/30.
  14. Karuntu, M.M., Palandeng, I.D. dan Rogi, M. (2021) “Analysis of the Effect of Supply Chain Management on the Competitiveness of Coastal Fisherman Communities in North Minahasa District,” Archives of Business Research, 9(2), hal. 142–192. Tersedia pada: https://doi.org/10.14738/abr.92.9683.
  15. Kementerian Keuangan RI (2021) Menkeu Tekankan Pentingnya Pembangunan Infrastruktur, Kementerian Keuangan RI. Tersedia pada: https://www.kemenkeu.go.id/informasi-publik/publikasi/berita-utama/menkeu-tekankan-pentingnya-pembangunan-infrastrukt (Diakses: 10 Juli 2023).
  16. Khan, S.A., Liang, Y. dan Shahzad, S. (2015) “The Effect of Buyer-supplier Partnership and Information Integration on Supply Chain Performance: An Experience from Chinese Manufacturing Industry,” International Journal of Supply Chain Management, 4(2), hal. 20–34. Tersedia pada: https://ojs.excelingtech.co.uk/index.php/IJSCM/article/view/1078.
  17. Kurniawan, A. dan Kusumawardhani, A. (2017) “Pengaruh Manajemen Rantai Pasokan Terhadap Kinerja UMKM Batik di Pekalongan,” Diponegoro Journal of Management, 6(4), hal. 1–11. Tersedia pada: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/17952.
  18. Lukman (2021) Supply Chain Management. Gowa: CV. Cahaya Bintang Cemerlang.
  19. Marimin dan Muzakki, M.I. (2021) “Peningkatan Kinerja dan Mitigasi Risiko Rantai Pasok Agroindustri Nanas di PT Great Giant Pineapple,” Jurnal Teknologi Industri Pertanian, 31(2), hal. 153–162. Tersedia pada: https://doi.org/10.24961/j.tek.ind.pert.2021.31.2.153.
  20. Mufaqih, I.A. et al. (2017) “Pengaruh integrasi, berbagi informasi, dan penundaan pada kinerja rantai pasokan: Studi padausaha kecil menengah batik diIndonesia,” Jurnal Siasat Bisnis, 21(1), hal. 19–36. Tersedia pada: https://doi.org/10.20885/jsb.vol21.iss1.art2.
  21. Muhammad, I. (2020) “Analisis Pengaruh Berbagi Informasi, Kepercayaan, Hubungan Jangka Panjang, Dan Kolaborasi Terhadap Kinerja Supply Chain Management (Studi Pada Paguyuban UMKM Kampung Keramik Dinoyo Malang),” Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 8(2), hal. 1–18. Tersedia pada: https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/6888.
  22. Mujianto, M. et al. (2021) “Dampak Pandemi Covid-19 pada UMKM Warung Ritel Tradisional di Indonesia dan Strategi Bertahannya,” Jurnal STEI Ekonomi, 30(2), hal. 60–74. Tersedia pada: https://doi.org/10.36406/jemi.v30i02.494.
  23. Mukhsin, M. (2017) “Pengaruh Kepercayaan Dan Komitmen Terhadap Kualitas Hubungan Dampaknya Pada Kinerja Rantai Pasokan (Studi Kasus Produksi dan Distribusi Dedak Pada PD Sederhana),” Jurnal Manajemen, 21(3), hal. 454–471. Tersedia pada: https://doi.org/10.24912/jm.v21i3.262.
  24. Rahadian, R.F., Tresnati, R. dan Mahani, S.A.E. (2017) “Pengaruh Green Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pelanggan Toko Organic Bandung),” in Prosiding Manajemen. Bandung: Universitas Islam Bandung, hal. 641–646.
  25. Salam, M.A. (2017) “The mediating role of supply chain collaboration on the relationship between technology, trust and operational performance,” Benchmarking: An International Journal, 24(2), hal. 298–317. Tersedia pada: https://doi.org/10.1108/BIJ-07-2015-0075.
  26. Sambasivan, M. et al. (2013) “Factors influencing strategic alliance outcomes in a manufacturing supply chain: Role of alliance motives, interdependence, asset specificity and relational capital,” International Journal of Production Economics, 141(1), hal. 339–351. Tersedia pada: https://doi.org/10.1016/j.ijpe.2012.08.016.
  27. Sekaran, U. dan Bougie, R. (2017) Metode Penelitian Bisnis. 6 ed. Jakarta: Salemba Empat.
  28. Sugiyono (2022) Metode Penelitian Bisnis, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatiff, Kombinasi, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
  29. Tundunaung, A.G.C., Tumbuan, W.J.F.A. dan Tasik, H.H.D. (2021) “The Influence of Supplier Relationship Management Toward Business Perfomance of SMES in Manado,” Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(1), hal. 134–142. Tersedia pada: https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/download/31986/30384.