Main Article Content

Abstract

Crazy Rich yang melakukan flexing membuat masyarakat cenderung melakukan herding behavior, cognitive bias dan overconfidence bias dalam pengambilan keputusan investasinya dan tidak sedikit masyarakat yang melakukan pinjaman online untuk berinvestasi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh herding behavior, cognitive bias, dan overconfidence bias terhadap keputusan investasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik purposive sampling menggunakan sampel penelitian sebanyak 310 mahasiswa sebagai responden. Analisis data yang dilakukan adalah dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji r-square, dan analisis path coefficient untuk pengujian hipotesis dengan menggunakan aplikasi Smart-PLS. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa herding behavior, cognitive bias, dan overconfidence bias berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan investasi. Keterbatasan dalam penelitian ini adalah penggunaan tiga variabel yang umum dan penyebaran kuesioner yang kurang merata dalam rentang usia dam untuk penelitian selanjutnya sebaiknya dapat menambahkan variabel yang berkaitan dengan keputusan investasi dan memperluas cakupan responden penelitian.

Keywords

herding behavior cognitive bias overconfidence bias keputusan investasi

Article Details

Author Biographies

Adlina Hanum Pertiwi, Universitas Islam Indonesia

 

 

Bagus Panuntun, Universitas Islam Indonesia

 

 

How to Cite
Pertiwi, A. H., & Panuntun, B. (2023). Pengaruh Herding Behavior, Cognitive Bias, dan Overconfidence Bias terhadap Keputusan Investasi. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 2(3), 112–129. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/29762

References

Read More