Main Article Content

Abstract

Dalam dunia globalisasi yang semakin kompetitif saat ini, setiap bisnis yang ingin memenangkan persaingan akan sangat memperhatikan pengembangan dan kualitas produk. Dalam konteks pembicaraan umum, bisnis tidak dapat dipisahkan dari tindakan memproduksi, membeli, menjual, dan mempertukarkan produk dan jasa yang melibatkan individu atau organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh inovasi produk dan pengendalian kualitas terhadap keunggulan bersaing pada Rentjana Kopi Pontianak. Responden penelitian ini adalah yang pernah datang ke Rentjana Kopi di Kota Pontianak. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 105 responden dengan Teknik sampel purposive sampling. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda yang diolah menggunakan SPSS versi 27. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi produk dan pengendalian kualitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan produk.

Keywords

inovasi produk pengendalian kualitas keunggulan bersaing

Article Details

How to Cite
Randra, M. A., & Hasin, A. (2024). Pengaruh Inovasi Produk dan Pengendalian Kualitas terhadap Keunggulan Bersaing pada Rentjana Kopi Pontianak. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 2(5), 237–248. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/30103

References

  1. Adedapo, A. dan Bamiduro, F. (2020) “Product Innovation and Its Effects on Sustainable Competitive Advantage among 10 Selected Manufacturing Firms in Ibadan Metropolis, Nigeria,” The International Journal of Humanities & Social Studies, 8(6), hal. 470–484. Tersedia pada: https://doi.org/10.24940/theijhss/2020/v8/i6/HS2006-051.
  2. Ahyari, A. (1990) Manajemen Produksi Pengendalian Produksi. 4 ed. Yogyakarta: BPFE.
  3. Alma, B. (2014) Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Revisi. Bandung: Alfabeta.
  4. Ayuningrum, I.D. dan Pangestuti, E. (2018) “Pengaruh inovasi terhadap keunggulan bersaing dan kepuasan pengunjung industri pariwisata di kabupaten Bojonegoro,” Jurnal Administrasi Bisnis, 60(1), hal. 195–203.
  5. Bharadwaj, S.G., Varadarajan, P.R. dan Fahy, J. (1993) “Sustainable Competitive Advantage in Service Industries: A Conceptual Model and Research Propositions,” Journal of Marketing, 57(4), hal. 83–99. Tersedia pada: https://doi.org/10.1177/002224299305700407.
  6. Curatman, A. et al. (2016) “ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENGARUH INOVASI PRODUK YANG BERDAMPAK PADA KEUNGGULAN BERSAING UKM MAKANAN DAN MINUMAN DI WILAYAH HARJAMUKTI KOTA CIREBON,” Jurnal Logika, 18(3), hal. 61–75. Tersedia pada: https://jurnal.ugj.ac.id/index.php/logika/article/view/263.
  7. Dahmiri, D., Bhayangkari, S.K.W. dan Khalik, I. (2021) “Pengaruh Kualitas Produk dan Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing UMKM Kuliner di Masa Pandemi Covid-19,” Ekonomis: Journal of Economics and Business, 5(2), hal. 434–438. Tersedia pada: https://doi.org/10.33087/ekonomis.v5i2.401.
  8. Gaspersz, V. (2006) Total Quality Management TQM: untuk Praktisi Bisnis dan Industri. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
  9. Handoko, B. (2015) “PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN MEREK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (STUDI KASUS PADA PT. INDOFOOD CBP SUKSES MAKMUR TBK) TANJUNG MORAWA,” Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 15(1), hal. 1–18. Tersedia pada: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/mbisnis/article/view/947.
  10. Handriani, E. (2011) “ANALISIS FAKTOR DAYA SAING DI KABUPATEN SEMARANG,” Jurnal Dinamika Manajemen, 2(1), hal. 17–25. Tersedia pada: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jdm/article/viewFile/2484/2537.
  11. Haryono, T. dan Marniyati, S. (2017) “PENGARUH MARKET ORIENTATION, INOVASI PRODUK, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KINERJA BISNIS DALAM MENCIPTAKAN KEUNGGULAN BERSAING,” Jurnal Bisnis dan Manajemen, 17(2), hal. 51–68. Tersedia pada: https://jurnal.uns.ac.id/jbm/article/view/17174.
  12. Hills, G.E. (1994) Marketing and Entrepreneurship: Research Ideas and Opportunities. Westport: Quorum Books.
  13. Hunger, J.D. dan Wheelen, T.L. (2003) Manajemen Strategis. 2 ed. Yogyakarta: Andi Offset.
  14. Kasmiruddin (2016) “PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PENGEMBANGAN PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN INDUSTRI KERAJINAN KECIL ROTAN DI KECAMATAN RUMBAI PESISIR,” Jurnal Aplikasi Bisnis, 7(1), hal. 11–30. Tersedia pada: https://jab.ejournal.unri.ac.id/index.php/JAB/article/view/4148.
  15. Keh, H.T., Nguyen, T.T.M. dan Ng, H.P. (2007) “The effects of entrepreneurial orientation and marketing information on the performance of SMEs,” Journal of Business Venturing, 22(4), hal. 592–611. Tersedia pada: https://doi.org/10.1016/j.jbusvent.2006.05.003.
  16. Kotler, P. dan Armstrong, G. (2014) Principles of Marketing. 15 ed. Essex: Pearson Education Limited.
  17. Kotler, P. dan Keller, K.L. (2016) Marketing Management. 15 ed. London: Pearson Education Limited.
  18. Kurniasari, R.D. dan Utama, A. (2018) “PENGARUH INOVASI PRODUK, KREATIVITAS PRODUK, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING (STUDI KASUS PADA KERAJINAN ENCENG GONDOK ‘AKAR’),” Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, 7(5), hal. 467–477. Tersedia pada: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jmbi/article/view/13256.
  19. Montgomery, D.C. (1990) “USING FRACTIONAL FACTORIAL DESIGNS FOR ROBUST PROCESS DEVELOPMENT,” Quality Engineering, 3(2), hal. 193–205. Tersedia pada: https://doi.org/10.1080/08982119008918849.
  20. Mowen, J.C. dan Minor, M. (1998) Consumer Behavior. Upper Saddle River, New Jersey: Prentice- Hall.
  21. Nurussakinah, F., Supriyanto, A. dan Faidah, A.N. (2018) “PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING (STUDI PADA INDUSTRI SASIRANGAN DI WILAYAH KOTA BANJARMASIN),” Jurnal Ilmu Manajemen Indonesia, 1(1), hal. 39–54. Tersedia pada: https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/jim/article/view/1706.
  22. Porter, M.E. (1998) Competitive Strategy: Techniques for Analyzing Industries and Competitors. New York: The Free Press.
  23. Prajogo, D.I. dan Sohal, A.S. (2003) “The relationship between TQM practices, quality performance, and innovation performance,” International Journal of Quality & Reliability Management, 20(8), hal. 901–918. Tersedia pada: https://doi.org/10.1108/02656710310493625.
  24. Prakosa, B. (2005) “PENGARUH ORIENTASI PASAR, INOVASI DAN ORIENTASI PEMBELAJARAN TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN UNTUK MENCAPAI KEUNGGULAN BERSAING (Studi Empiris Pada Industri Manufaktur Di Semarang),” Jurnal Studi Manajemen dan Organisasi (JSMO), 2(1), hal. 35–57. Tersedia pada: http://eprints.undip.ac.id/15063/.
  25. Safri, N.A. dan Pudjoprastyono, H. (2023) “Analisis Inovasi Produk dan Keunggulan Bersaing terhadap Kinerja Pemasaran pada Produk Rabbani Store di Surabaya,” Widya Manajemen, 5(1), hal. 32–42. Tersedia pada: https://doi.org/10.32795/widyamanajemen.v5i1.3073.
  26. Sagita, A., Mansur, M. dan Slamet, A.R. (2015) “Pengaruh desain dan kualitas produk terhadap keunggulan bersaing (studi kasus pada UMKM Kerajinan Keramik Dinoyo Malang),” E-JRM Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Unisma, 2(3), hal. 395–404.
  27. Sorli, M. dan Stokic, D. (2011) “FUTURE TRENDS IN PRODUCT PROCESS INNOVATION,” International Journal of Innovation and Technology Management, 8(4), hal. 577–599. Tersedia pada: https://doi.org/10.1142/S0219877011002568.
  28. Suryana (2013) Kewirausahaan: Kiat dan Proses Menuju Sukses. 4 ed. Jakarta: Salemba Empat.
  29. Tjiptono, F. dan Chandra, G. (2016) Service, Quality dan Satisfaction. 4 ed. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
  30. Umar, H. (1999) Metodologi Penelitian: Aplikasi dalam Pemasaran. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
  31. Vijaya, A.P., Moeljadi dan Rahayu, M. (2021) “THE EFFECT OF PRODUCT INNOVATION AND SERVICE QUALITY ON COMPETITIVE ADVANTAGE MEDIATED BY COMPANY IMAGE (STUDY AT PT. TOYOTA ASTRA MOTOR IN MALANG RAYA),” International Journal of Business, Economics and Law, 24(4), hal. 148–154. Tersedia pada: https://ijbel.com/wp-content/uploads/2021/07/IJBEL24-740.pdf.
  32. Zhang, Z. (1999) Developing an instrument for measuring TQM implementation in a Chinese context. Groningen. Tersedia pada: https://research.rug.nl/en/publications/developing-an-instrument-for-measuring-tqm-implementation-in-a-ch-2.