Main Article Content

Abstract

Era modern saat ini membuat banyak perubahan yang terjadi di dalam masyarakat, khususnya bidang teknologi keuangan. Salah satu produknya yaitu dompet digital menawarkan kemudahan yang memungkinkan para nasabahnya melakukan transaksi tanpa harus ke bank. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan faktor-faktor keuangan seperti literasi keuangan, kesadaran, kenyamanan, keamanan, kepercayaan, hingga pengaruh sosial dapat mempengaruhi keputusan penggunaan dompet digital. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan data primer yang menggunakan kuesioner dan disebarkan secara online. Responden penelian ini berjumlah 217 responden mencakup kalangan mahasiswa di Yogyakarta yang merupakan pengguna aktif dompet digital. Penelitian ini menggunakan program software SPSS dan analisis yang digunakan adalah uji statistik deskriptif, asumsi klasik, koefisien determinasi, uji F, dan uji T. Sampel diperoleh menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian adalah variabel yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan dompet digital adalah literasi keuangan, kenyamanan, kepercayaan, serta pengaruh sosial. Sedangkan, kesadaran dan kemanan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan dompet digital.

Keywords

literasi keuangan kesadaran kenyaman keamanan kepercayaan pengaruh sosial dompet digital literasi keuangan kesadaran kenyaman keamanan kepercayaan pengaruh sosial dompet digital

Article Details

How to Cite
Islami, M. L. N., & Rafik, A. (2023). Determinan Penggunaan Dompet Digital di Kalangan Mahasiswa. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 2(3), 221–248. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/30171

References

  1. Alam, M.M., Awawdeh, A.E. dan Muhamad, A.I. Bin (2021) “Using e-wallet for business process development: challenges and prospects in Malaysia,” Business Process Management Journal, 27(4), hal. 1142–1162. Tersedia pada: https://doi.org/10.1108/BPMJ-11-2020-0528.
  2. Aliyudin, R.S. (2020) “Peran Financial Technology dalam Meningkatkan Penerimaan Pajak di Indonesia,” J-Aksi : Jurnal Akuntansi Dan Sistem Informasi, 1(1), hal. 56–67. Tersedia pada: https://doi.org/10.31949/j-aksi.v1i1.175.
  3. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) (2023) Survei APJII Pengguna Internet di Indonesia Tembus 215 Juta Orang, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). Tersedia pada: https://apjii.or.id/berita/d/survei-apjii-pengguna-internet-di-indonesia-tembus-215-juta-orang (Diakses: 19 Agustus 2023).
  4. B.G, S. (2020) “Digital Payments- Analysis of It ’ S Present Status in India,” International Journal of Creative Research Thoughts (IJCRT), 8(7), hal. 4071–4081. Tersedia pada: https://www.researchgate.net/profile/Shobha-Bg/publication/345156652_DIGITAL_PAYMENTS-ANALYSIS_OF_IT’S_PRESENT_STATUS_IN_INDIA/links/5f9fac4192851c14bcfc5114/DIGITAL-PAYMENTS-ANALYSIS-OF-ITS-PRESENT-STATUS-IN-INDIA.pdf.
  5. Baranowska, V. (2020) Digital Wallet at One Glance, Scand Poland Sp. z o.o. Tersedia pada: https://scand.com/company/blog/digital-wallet-benefits-and-disadvantages/ (Diakses: 19 Agustus 2023).
  6. DO, N.B. dan DO, H.N.T. (2020) “An investigation of Generation Z’s Intention to use Electronic Wallet in Vietnam TT -,” 유통과학연구, 18(10), hal. 89–99. Tersedia pada: https://www.kci.go.kr/kciportal/ci/sereArticleSearch/ciSereArtiView.kci?sereArticleSearchBean.artiId=ART002641598.
  7. Edeh, F.O. et al. (2021) “Impact of COVID-19 Pandemic on Consumer Behavior towards the Intention to Use E-Wallet in Malaysia,” International Journal of Accounting & Finance in Asia Pasific, 4(3), hal. 42–59. Tersedia pada: https://doi.org/10.32535/ijafap.v4i3.1205.
  8. Fauziah, S.A. dan Ashfiasari, S. (2021) “Pengaruh Social Influence dan Self-efficacy Terhadap Intention to Use Mobile Payment System Pada Pengguna E-wallet,” Jurnal Ekonomi Manajemen, Bisnis dan Sosial (EMBISS), 1(4), hal. 307–317. Tersedia pada: https://embiss.com/index.php/embiss/article/view/39.
  9. Gaille, B. (2018) 13 Electronic Wallets Advantages and Disadvantages, BRANDONGAILLE.COM. Tersedia pada: https://brandongaille.com/13-electronic-wallets-advantages-and-disadvantages/ (Diakses: 19 Agustus 2023).
  10. Ghozali, I. (2018) Aplikasi Analisis Multivarite dengan Program IBM SPSS 25. 9 ed. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
  11. Gubernur Bank Indonesia (2018) Peraturan Bank Indonesia Nomor 20/6/PBI/2018 tentang Uang Elektronik. Indonesia. Tersedia pada: https://www.bi.go.id/id/publikasi/peraturan/Documents/PBI-200618.pdf.
  12. Herlinawati, L. dan Krisnawati, A. (2021) “Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Keputusan Penggunaan Ovo Pada Ibu Rumah Tangga Di Kota Bandung,” Telkom University, 8(3), hal. 10. Tersedia pada: https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/14934.
  13. Hidayat, M.T., Aini, Q. dan Fetrina, E. (2020) “Penerimaan Pengguna E-Wallet Menggunakan UTAUT 2 (Studi Kasus) (User Acceptance of E-Wallet Using UTAUT 2-A Case Study),” Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, 9(3), hal. 239–247. Tersedia pada: https://jurnal.ugm.ac.id/v3/JNTETI/article/view/227.
  14. Hidayati, K.B. dan Farid, M. (2016) “Konsep Diri, Adversity Quotient dan Penyesuaian Diri pada Remaja,” Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 5(2), hal. 137–144. Tersedia pada: https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/persona/article/view/730.
  15. Ilmiyah, K. dan Krishernawan, I. (2020) “Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Di Mojokerto,” Maker: Jurnal Manajemen, 6(1), hal. 31–42. Tersedia pada: https://doi.org/10.37403/mjm.v6i1.143.
  16. Ipsos (2020) Evolusi Industri Dompet Digital: Strategi Menang Tanpa Bakar Uang. Jakarta. Tersedia pada: https://www.ipsos.com/sites/default/files/ct/news/documents/2020-02/ipsos_media_conferennce_-_e-wallet_-_id_0.pdf.
  17. Kumar, P. et al. (2023) “The interplay of skills, digital financial literacy, capability, and autonomy in financial decision making and well-being,” Borsa Istanbul Review, 23(1), hal. 169–183. Tersedia pada: https://doi.org/10.1016/j.bir.2022.09.012.
  18. Kusuma, M., Narulitasari, D. dan Nurohman, Y.A. (2021) “Inklusi Keuangan Dan Literasi Keuangan Terhadap Kinerja Dan Keberlanjutan Umkm Disolo Raya,” Among Makarti, 14(2), hal. 62–76. Tersedia pada: https://doi.org/10.52353/ama.v14i2.210.
  19. Lubis, R.H. (2022) “Penggunaan Dompet Digital dan Wallet Terhadap Budaya Konsumtif pada Masyarakat di Kota Tangerang Serta Pandangan Syariah Tentang Etika Konsumsi,” Al-Tasyree: Jurnal Bisnis, Keuangan dan Ekonomi Syariah, 2(1), hal. 1–10. Tersedia pada: https://doi.org/10.59833/altasyree.v14i01.710.
  20. Maulida, R. (2019) Fintech: Pengertian, Jenis, Hingga Regulasinya di Indonesia, online-pajak.com. Tersedia pada: https://www.online-pajak.com/tentang-pajak-pribadi/fintech (Diakses: 19 Agustus 2023).
  21. Mawardi, A.I. dan Sholihah, D.D. (2021) “Gambaran Technology Acceptance Model Mahasiswa Pada Financial Technology (E-Wallet),” Jurnal MEBIS (Manajemen dan Bisnis), 6(1), hal. 100–106. Tersedia pada: https://www.semanticscholar.org/paper/GAMBARAN-TECHNOLOGY-ACCEPTANCE-MODEL-MAHASISWA-PADA-Mawardi-Sholihah/9e3706af39e214cd18f3f15fb7041b5989553e0e.
  22. Mulyati, Y. dan Laoli, E.F. (2017) “Kualitas Pelayanan, Kepercayaan dan Kepuasan Nasabah dan Pengaruhnya terhadap Loyalitas Nasabah pada Tabungan Bank Rakyat Indonesia (Persero) TBK Kantor Cabang Khatib Sulaiman,” Jurnal Ekonomi dan Bisnis Dharma Andalas, 19(2), hal. 189–201.
  23. Napitupulu, S.K. et al. (2017) Kajian Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan: Perlindungan Konsumen Pada Fintech. Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan. Tersedia pada: https://kontak157.ojk.go.id/appkpublicportal/Website/FileShowcase/AttDownload/39.
  24. Naution, D.A., Hasibuan, R.R.A. dan Prayoga, R. (2021) “Tingkat Perkembangan Fintech (Financial Technology), Pemahaman Fintech (Financial Technology) dan Minat Mahasiswa UIN Sumatera Utara,” Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), hal. 9080–9090. Tersedia pada: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2423.
  25. Nawawi, H.H. (2020) “Penggunaan E-wallet di Kalangan Mahasiswa,” Emik, 3(2), hal. 189–205. Tersedia pada: https://doi.org/10.46918/emik.v3i2.697.
  26. Nizar, M.A. (2020) “Financial Technology (Fintech): It’s Concept and Implementation in Indonesia,” Munich Personal RePEc Archive, 5(98486), hal. 5–13. Tersedia pada: https://mpra.ub.uni-muenchen.de/98486/.
  27. Otoritas Jasa Keuangan (2022) Infografis Hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan Tahun 2022. Jakarta. Tersedia pada: https://ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/info-terkini/Pages/Infografis-Survei-Nasional-Literasi-dan-Inklusi-Keuangan-Tahun-2022.aspx.
  28. Oyelami, L.O., Adebiyi, S.O. dan Adekunle, B.S. (2020) “Electronic payment adoption and consumers’ spending growth: empirical evidence from Nigeria,” Future Business Journal, 6(1), hal. 1–14. Tersedia pada: https://doi.org/10.1186/s43093-020-00022-z.
  29. Pachpande, B.R. dan A., K.A. (2018) “Study of E-wallet Awareness and its Usage in Mumbai,” Journal of Commerce and Management Thought, 9(1), hal. 33–45. Tersedia pada: https://www.indianjournals.com/ijor.aspx?target=ijor:jcmt&volume=9&issue=1&article=004.
  30. Patel, K.J. dan Patel, H.J. (2018) “Adoption of internet banking services in Gujarat: An extension of TAM with perceived security and social influence,” International Journal of Bank Marketing, 36(1), hal. 147–169. Tersedia pada: https://doi.org/10.1108/IJBM-08-2016-0104.
  31. Phuong, N.N.D. et al. (2020) “Examining Customers’ Continuance Intentions towards E-wallet Usage: The Emergence of Mobile Payment Acceptance in Vietnam,” Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(9), hal. 505–516. Tersedia pada: https://doi.org/10.13106/jafeb.2020.vol7.no9.505.
  32. Purwanto, H., Yandri, D. dan Yoga, M.P. (2022) “Perkembangan Dan Dampak Financial Technology (Fintech) Terhadap Perilaku Manajemen Keuangan Di Masyarakat,” Kompleksitas: Jurnal Ilmiah Manajemen, Organisasi Dan Bisnis, 11(1), hal. 80–91. Tersedia pada: https://doi.org/10.56486/kompleksitas.vol11no1.220.
  33. Putri, D.E. et al. (2022) “Meningkatkan Niat Menggunakan Dompet Digital pada Generasi Z dan Milenial dengan Cashback Promotion sebagai Mediator,” Jurnal Ilmu Manajemen, 10(4), hal. 1057–1072. Tersedia pada: https://journal.unesa.ac.id/index.php/jim/article/view/19562.
  34. Putri, N.I. (2021) “Analisis Pengaruh Persepsi Kemudahan, Manfaat, Kenyamanan Terhadap Keputusan Pembelian Online Studi Kasus Layanan Gopay,” Journal of Entrepreneurship, Management and Industry (JEMI), 4(1), hal. 25–33. Tersedia pada: https://doi.org/10.36782/jemi.v4i1.2162.
  35. Rembulan, N.D.R. dan Firmansyah, E.A. (2020) “Perilaku Konsumen Muslim Generasi-Z Dalam Pengadopsian Dompet Digital,” Valid Jurnal Ilmiah, 17(2), hal. 111–128. Tersedia pada: https://journal.stieamm.ac.id/index.php/valid/article/view/144.
  36. Rodríguez-Torrico, P., San-Martín, S. dan San José-Cabezudo, R. (2019) “What Drives M-Shoppers to Continue Using Mobile Devices to Buy?,” Journal of Marketing Theory and Practice, 27(1), hal. 83–102. Tersedia pada: https://doi.org/10.1080/10696679.2018.1534211.
  37. Rusli, G.E. dan Munari (2022) “Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Dompet Digital,” Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 6(2), hal. 640–665. Tersedia pada: https://www.journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/2080.
  38. Sabli, N. et al. (2021) “The Acceptance of E-Wallet in Malaysia,” Selangor Business Review, 6(1), hal. 1–14. Tersedia pada: https://sbr.journals.unisel.edu.my/ojs/index.php/sbr/article/view/86.
  39. Sandi, K., Worokinasih, S. dan Darmawan, A. (2020) “Pengaruh Financial Knowledge Dan Financial Attitude Terhadap Financial Behavior Pada Youth Entrepreneur Kota Malang,” Profit: Jurnal Administrasi Bisnis, (Special Issue (Ekosistem Start Up)), hal. 140–150. Tersedia pada: https://profit.ub.ac.id/index.php/profit/article/view/1003.
  40. Savitri, A., Purwanti, I. dan Syamsuddin (2022) “Pengaruh Kepercayaan, Manfaat dan Risiko Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih E-Wallet (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEBI IAIN Pekalongan),” Jurnal Sahmiyya, 1(1), hal. 194–201. Tersedia pada: https://e-journal.uingusdur.ac.id/index.php/sahmiyya/article/view/5448.
  41. Sugiyono (2016) Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta Bandung.
  42. Susanti, Hardini, H.T. dan Bahtiar, M.D. (2020) “The Effect of Financial Literacy, Financial Technology, and Digital Promotion on Online Purchasing Decisions in the Covid-19 Pandemic Era,” in Proceedings of the International Joint Conference on Arts and Humanities (IJCAH 2020). Atlantis Press, hal. 1382–1389. Tersedia pada: https://doi.org/10.2991/assehr.k.201201.234.
  43. Susanto, D., Fadhilah, M. dan Udayana, I.B.N. (2021) “Pengaruh Persepsi Keamanan, Kualitas Informasi dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online (Study Kasus Pada Konsumen Shopee Di Yogyakarta),” Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 18(2), hal. 89–97. Tersedia pada: https://journal.uny.ac.id/index.php/jim/article/view/43925.
  44. Trihutama, R.P. (2018) “Pengaruh Perceived Ease of Use , Perceived Usefulness , dan Trust Terhadap Behavioral Intention to Use (Studi Pada Pengguna Go-Pay Layanan Go-Jek),” Jurnal Kajian Manajemen dan Wirausaha, 6(2), hal. 1–15. Tersedia pada: https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/4865.
  45. Tyas, E.I. dan Darma, E.S. (2017) “Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Perceived Enjoyment, dan Actual Usage Terhadap Penerimaan Teknologi Informasi: Studi Empiris Pada Karyawan Bagian Akuntansi dan Keuangan Baitul Maal Wa Tamwil Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta,” Reviu Akuntansi dan Bisnis Indonesia, 1(1), hal. 25–35. Tersedia pada: https://doi.org/10.18196/rab.010103.
  46. Utami, M.K. (2021) “Pengaruh Kepercayaan, Kegunaan, Keamanan Terhadap Minat Menggunakan Mobile Payment Linkaja Dengan Kemudahan Sebagai Variable Mediasi (Studi pada Mahasiwa di Yogyakarta),” Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 9(2), hal. 331–342. Tersedia pada: https://doi.org/10.37641/jimkes.v9i2.554.
  47. Widyastuti, A. dan Affan, M.W. (2022) “Implementasi Penggunaan Fintech dalam Manajemen Risiko: Studi pada Baitul Maal Hidayatullah,” Jati: Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia, 5(1), hal. 64–76. Tersedia pada: https://doi.org/10.18196/jati.v5i1.13326.
  48. Yuhelmi, Y. et al. (2022) “Peran Literasi Keuangan Dalam Meningkatkan Minat Penggunaan Mobile Banking,” Jurnal Pustaka Manajemen, 2(1), hal. 20–25. Tersedia pada: https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamanajemen.v2i1.201.