Main Article Content

Abstract

Era modern saat ini membuat banyak perubahan yang terjadi di dalam masyarakat, khususnya bidang teknologi keuangan. Salah satu produknya yaitu dompet digital menawarkan kemudahan yang memungkinkan para nasabahnya melakukan transaksi tanpa harus ke bank. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan faktor-faktor keuangan seperti literasi keuangan, kesadaran, kenyamanan, keamanan, kepercayaan, hingga pengaruh sosial dapat mempengaruhi keputusan penggunaan dompet digital. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan data primer yang menggunakan kuesioner dan disebarkan secara online. Responden penelian ini berjumlah 217 responden mencakup kalangan mahasiswa di Yogyakarta yang merupakan pengguna aktif dompet digital. Penelitian ini menggunakan program software SPSS dan analisis yang digunakan adalah uji statistik deskriptif, asumsi klasik, koefisien determinasi, uji F, dan uji T. Sampel diperoleh menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian adalah variabel yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan dompet digital adalah literasi keuangan, kenyamanan, kepercayaan, serta pengaruh sosial. Sedangkan, kesadaran dan kemanan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan dompet digital.

Keywords

literasi keuangan kesadaran kenyaman keamanan kepercayaan pengaruh sosial dompet digital

Article Details

How to Cite
Islami, M. L. N., & Rafik, A. (2023). Determinan Penggunaan Dompet Digital di Kalangan Mahasiswa. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 2(3), 221–248. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/30171

References

Read More