Main Article Content

Abstract

Kualitas dan inovasi desain sebuah produk tentu akan terhubung terhadap kinerja operasional disini dilakukan pada Dowa Bag Factory dapat dilihat dari responden para konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas dan inovasi desain produk yang terhubung terhadap kinerja operasional perusahaan Dowa Bag terhadap pengambilan keputusan pembelian para konsumen. Pengujian dilakukan menggunakan metode kuantitatif pengambilan sampel kuesioner 50 responden konsumen yang sudah berbelanja di Dowa Bag Factory. Uji analisis menggunakan software IBM SPSS versi 25, dengan hasil penelitian menunjukan kualitas dan inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja operasional perusahaan. Penelitian ini memiliki keterbatasan pada jumlah sampel kuesioner dengan 50 responden, sehingga diharapkan peneliti selanjutnya dapat mengeksplorasi faktor lain. Implikasi manajerial yang harus dilakukan oleh perusahaan Dowa Bag Factory ialah harus terus mengembangkan kualitas dan inovasi produk serta kinerja operasional agar para konsumen terus menggunakan dan Dowa Bag Factory terus eksis di komunitas pasar.

Keywords

kualitas produk inovasi produk kinerja operasional

Article Details

How to Cite
Dewayani, D. P., & Purnama, N. (2025). Pengaruh Kualitas dan Inovasi Desain pada Produk Dowa Bag Factory terhadap Kinerja Operasional. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 3(3), 53–67. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/43030

References

  1. Ayuningrum, I.D. dan Pangestuti, E. (2018) “Pengaruh inovasi terhadap keunggulan bersaing dan kepuasan pengunjung industri pariwisata di kabupaten Bojonegoro,” Jurnal Administrasi Bisnis, 60(1), hal. 195–203.
  2. Diharto, A.K. (2022) Manajemen Inovasi dan Kreativitas. Yogyakarta: CV Gerbang Media Aksara.
  3. Ellitan, L. dan Anatan, L. (2009) Manajemen Inovasi: Transformasi Menuju Organisasi Kelas Dunia. Bandung: Alfabeta.
  4. Fauzan, Y., Mawardi, M.K. dan Iqbal, M. (2021) “INOVASI MODEL BISNIS UKM DITINJAU DARI BERBAGAI PERSPEKTIF,” Profit: Jurnal Administrasi Bisnis, 15(1), hal. 43–56. Tersedia pada: https://profit.ub.ac.id/index.php/profit/article/view/1019.
  5. Gaspersz, V. (2006) Total Quality Management TQM: untuk Praktisi Bisnis dan Industri. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
  6. Ghozali, I. (2018) Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. 9 ed. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
  7. Jacometti, V. (2019) “Circular Economy and Waste in the Fashion Industry,” Laws, 8(4), hal. 27. Tersedia pada: https://doi.org/10.3390/laws8040027.
  8. Kanal Kerajinan (2025) Dowa Bag Yogyakarta, Tas Rajut Premium Asli, AGENDA INDONESIA. Tersedia pada: https://www.agendaindonesia.com/dowa-bag-yogyakarta/ (Diakses: 1 Agustus 2025).
  9. Kotler, P. dan Keller, K.L. (2012) Marketing Management. 14 ed. Pearson: Prentice Hall.
  10. Kotler, P. dan Keller, K.L. (2016) Marketing Management. 15th ed. Upper Saddle River, NJ: Pearson (Always learning).
  11. Kurniasari, R.D. dan Utama, A. (2018) “PENGARUH INOVASI PRODUK, KREATIVITAS PRODUK, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING (STUDI KASUS PADA KERAJINAN ENCENG GONDOK ‘AKAR’),” Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, 7(5), hal. 467–477. Tersedia pada: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jmbi/article/view/13256.
  12. Mardikaningsih, R. et al. (2023) Inovasi & Tren Layanan Digital Berbagai Sektor. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
  13. McQuarrie, E.F., Miller, J. dan Phillips, B.J. (2013) “The Megaphone Effect: Taste and Audience in Fashion Blogging,” Journal of Consumer Research, 40(1), hal. 136–158. Tersedia pada: https://doi.org/10.1086/669042.
  14. Miati, I. (2020) “Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi pada Konsumen Gea Fashion Banjar),” Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 1(2), hal. 71–83. Tersedia pada: https://ojs.stiami.ac.id/index.php/ABIWARA/article/view/795.
  15. Nugraha, R.V. (2019) Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Informasi, Inovasi Proses terhadap Kinerja Operasi Perusahaan Coffee Shop di Yogyakarta. Universitas Islam Indonesia. Tersedia pada: https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/18296;jsessionid=57CB8EB6BB291624FC3EBA1C0F8615F5.
  16. Parinduri, L. et al. (2020) Teori dan Strategi Manajemen Operasional. Medan: Yayasan Kita Menulis.
  17. Pujawan, N. dan Er, M. (2017) Supply Chain Management: Lengkap Membahas Strategi, Perancangan, Operasional, dan Perbaikan Supply Chain untuk Mencapai Daya Saing. 3 ed. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
  18. Putra, R.A.S. (2021) Analisis Pengaruh Inovasi Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Kinerja Operasional Perusahaan (Studi Pada Almer Apparel Di Yogyakarta). Universitas Islam Indonesia. Tersedia pada: https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/36542.
  19. Sobandi, K.A. dan Kosasih, S. (2014) Manajemen Operasi. Bogor: Mitra Wacana Media.
  20. Sugiyono (2022) Metode Penelitian Bisnis, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
  21. Syafe’i, D. dan Jalaludin (2021) “PENGARUH INOVASI DAN KREATIVITAS WIRAUSAHA TERHADAP KEBERHASILAN USAHA KECIL MENENGAH PADA PENJAHIT PAKAIAN DI KECAMATAN BATURAJA TIMUR KABUPATEN OKU,” Jurnal Manajemen Bisnis Unbara, 2(2), hal. 105–127.
  22. Tannady, H. (2015) Pengendalian Kualitas. Yogyakarta: Graha Ilmu.
  23. Wang, H. et al. (2019) “Sustainable fashion index model and its implication,” Journal of Business Research, 99, hal. 430–437. Tersedia pada: https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2017.12.027.
  24. Yamit, Z. (2001) Manajemen Kualitas Produk & Jasa. 1 ed. Yogyakarta: Ekonisia.