Main Article Content

Abstract

Penggunaan dan adopsi media sosial pada saat ini merupakan hal yang bersifat umum dan lumrah. Dalam kegiatan bisnis penggunaan media sosial tersebut memiliki berbagai manfaat dan keunggulan, di mana sekarang banyak digunakan oleh para pelaku bisnis untuk meningkatkan dan memperluas jangkauan bisnis mereka, salah satunya yang menggunakannya adalah UMKM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh manfaat relatif, efektivitas biaya dan dukungan manajemen terhadap adopsi media sosial serta dampaknya bagi kinerja UMKM. Penelitian ini diuji dengan menggunakan metode PLS – SEM (Partial Least Square – Structural Equation Modeling) melalui aplikasi SmartPLS dengan jumlah responden 100 UMKM yang berada di 3 kota yaitu D.I Yogyakarta, Klaten dan Magelang yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa manfaat relatif tidak berpengaruh positif terhadap terhadap adopsi media sosial, efektivitas biaya tidak berpengaruh positif terhadap adopsi media sosial, dukungan manajemen berpengaruh secara positif terhadap adopsi media sosial, dan adopsi media sosial berpengaruh positif terhadap kinerja UMKM. Hasil dari penelitian ini dapat digunakan oleh UMKM untuk dijadikan acuan atau referensi untuk membangun dan mengembangkan bisnis menggunakan adopsi media sosial.

Keywords

manfaat relatif efektivitas biaya dukungan manajemen adopsi media sosial kinerja UMKM

Article Details

How to Cite
Hadi, D. A., Darmawan, B. A., & Ridanasti, E. (2022). Pengaruh Manfaat Relatif, Efektivitas Biaya, dan Dukungan Manajemen terhadap Penggunaan Media Sosial serta Dampaknya bagi Kinerja UMKM. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 1(1), 357–368. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/24059

References

  1. Al-Jabri, I. and Sohail, M. (2012) 'Mobile Banking Adoption: Aplication of Diffusion of Innovation Theory', Journal of electronic commerce research, 13(4), pp. 379-391.
  2. Aryani, S.P. (2014) Pengaruh Dukungan Top Management, Kemampuan Pengguna, serta Adanya Pelatihan dan Pendidikan Pengguna terhadap Kinerja Sistem Informasi Akuntansi (Studi Kasus pada BPJS Ketenagakerjaan Semarang dan D.I Yogyakarta). Universitas Negeri Yogyakarta. Available at: https://eprints.uny.ac.id/15547/.
  3. Evans, D. and McKee , J. (2010). Sosial Media Marketing. Indianapolis: Wiley Publising, Inc.
  4. Ghozali, I. and Latan, H. (2015). Partial least squares konsep, teknik dan aplikasi menggunakan program SmartPLS 3.0 untuk penelitian empiris (2nd ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
  5. Hair, J. F., Hult, G., Ringle, C. and Sarstedt, M. (2017). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Thousand Oaks: SAGE Publications.
  6. Henseler, J., Ringle, C. and Sarstedt, M. (2015) 'A new criterion for assessing discriminant validity in variance-baesed strutural equation modeling', Journal of the Academy of Marketing, 43(1), pp. 115-135.
  7. Harahap, S. (2011). Teori Akuntansi dan Manajemen. Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers.
  8. Khatulistiwa, D.P. (2021) Anteseden Penggunaan Media Sosial dan Dampaknya terhadap Kinerja pada Usaha Mikro dan Kecil (UMK) di Kota Bontang Provinsi Kalimantan Timur. Universitas Islam Indonesia. Available at: https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/33359/17311299 Dimas Putra Khatulistiwa.pdf?sequence=1.
  9. Kinyua, (2013) 'The Social Media and Entrepreneurship Growth', International Journal of Humanities and Social Science, 3(10), pp. 213-227.
  10. Komara, A. (2005) 'Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Sistem Informasi Akuntansi', Jurnal Nasional Akuntansi VIII, pp. 836-848.
  11. Michaelidou, N., Siamagka, N. T. and Christodoulides, G. (2011) 'Usage, barriers and measurement of social media marketing: an exploratory investigation of small and medium B2B brands', Industrial Marketing Management, 40(7), pp. 1153-1159.
  12. Ong, D. (2020) 'Analisa Penggunaan Sistem Sosial Media Terhadap Dampak Pemasaran Penjualan Produk Pada UMKM', Jurnal Teknologi Informasi , 15(2), pp.1-26.
  13. Roberts, D. L., Piller, F. and Lüttgens, D. (2016) 'Mapping the Impact of Social Media for Innovation: The Role of Social Media in Explaning Innovation', Journal of Product Innovation Management, 33(S1), pp. 117-135.
  14. Rustiana, Y. (2018) 'Persepsi Digital Dependent terhadap Pemanfaatan Media Sosial dan Dampak Sosial Ekonominya', Jurnal Ilmu Komunikasi,15(1), pp. 17-32.
  15. Sakti, T. E. dan Darmawan, B. A. (2022) 'Peran Organisasi dan Lingkungan dalam Adopsi Media Sosial dan Dampaknya Bagi Kinerja UMK di Yogyakarta', Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 1(1), pp. 208-221.
  16. Supriyanto, A. (2016) 'Dampak Media Sosial Pada Perkembangan UMKM', Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi , pp. 100-109.
  17. Tajudeen, F. P., Jaafar, N. I. and Ainin, S. (2018) 'Understanding the impact of social media usage among organizations', Journal Information and Management, 55(3), pp. 308-321.

Most read articles by the same author(s)