Main Article Content

Abstract

COVID-19 merupakan virus yang cukup mematikan, bukan hanya pada tubuh manusia akan tetapi terhadap pertumbuhan ekonomi diantaranya pada sektor pariwisata terutama enam destinasi pariwisata Kota Yogyakarta yaitu Kraton Yogyakarta, Museum Sonobudoyo, Museum Benteng Vredeburg, Gembira Loka, Taman Pintar dan Hotel sekitar kawasan. Destinasi-destinasi tersebut terus mengalami penurunan kunjungan sehingga berimbas terhadap perekonomian sekitar. Oleh karena itu, tujuan dibuatnya laporan magang ini untuk mengetahui pangsa pasar dan pertumbuhan industri mana yang perlu dikembangkan dan ditingkatkan melalui hasil analisis BCG Matrix. Laporan magang ini menggunakan metode studi kasus kuantitatif dan analisis BCG Matrix, mengambil data sekunder yaitu data kunjungan wisatawan tahun 2019-2020. Adapun hasil dari penilitian ini menunjukkan bahwa hotel berada pada posisi pasar Star, karena memiliki market share terbesar dengan jumlah 60%, dan market growth yaitu sebesar -93,26%. Sedangkan untuk Kraton Yogyakarta, Gembiraloka, Taman Pintar, Museum Benteng Vredeburg, dan Museum Sonobudoyo berada diposisi Dog, hal tersebut dikarenakan adanya pandemi COVID-19 sehingga mengalami penurunan market growth yang cukup tajam. Hasil penilitian ini diharapkan dapat membantu pihak penerima magang yaitu Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta dalam mengembangkan dan meningkatkan destinasi pariwisata melalui pemasaran.

Keywords

BCG matrix destination development market share market growth

Article Details

How to Cite
Salsabila, J. A., & Abdurrahman, A. (2022). Strategi Pengembangan Destinasi Pariwisata Kota Yogyakarta Berdasarkan Pendekatan Boston Consulting Group (BCG) Selama Masa Pandemi COVID-19. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 1(3), 249–259. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/25260

References

  1. Ahsan, M. (2019) ‘Analisis Matriks Bcg (Boston Consulting Group) Dalam Strategi Mempertahankan Pangsa Pasar Pada Smartphone Merek Samsung (Studi Pada Pt. Samsung Elektronik Indonesia Tahun 2019) Analysis’, Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), pp. 1689–1699.
  2. Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta (2019a) Kraton Yogyakarta, Pemerintah Kota Yogyakarta. Available at: https://pariwisata.jogjakota.go.id/detail/index/346 (Accessed: 27 February 2022).
  3. Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta (2019b) Museum Benteng Vredeburg, Pemerintah Kota Yogyakarta. Available at: https://pariwisata.jogjakota.go.id/detail/index/317 (Accessed: 27 February 2022).
  4. Gembira Loka (no date) Sejarah Gembira Loka Zoo, Gembira Loka Zoo. Available at: https://gembiralokazoo.com/page/sejarah.html (Accessed: 27 February 2022).
  5. Ikhsan, A. (2008) Akuntansi Sumber Daya Manusia. 1st edn. Grha Ilmu.
  6. Kotler P., and Amstrong, G. (2018) Principles of Marketing. Pearson Education Limited
  7. Kraton Yogyakarta (2022) Cikal Bakal: Kraton Yogyakarta, Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Available at: https://www.kratonjogja.id/cikal-bakal.
  8. Lee, R. et al. (ed.) (2010) Software Engineering, Artificial Intelligence, Networking and Parallel/Distributed Computing 2010. Berlin: Springer-Verlag Berlin Heidelberg.
  9. Maulana, A., Sukamdani, B. and Sulistyadi, K. (2018) ‘Strategi Pengembangan Destinasi Kepulauan Seribu Berdasarkan Pendekatan Boston Consulting Group (BCG)’, Jurnal Gaung Informatika, 2(50), pp. 103–122. Available at: http://www.jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/GI/article/view/279/233.
  10. Morgan, N. A. et al. (2019) ‘Research in marketing strategy’, Journal of the Academy of Marketing Science, 47(1), pp. 4–29. doi: 10.1007/s11747-018-0598-1.
  11. Museum Sonobudoyo (2022a) Sejarah Museum Sonobudoyo, Museum Sonobudoyo. Available at: https://www.sonobudoyo.com/id/museum/sejarah (Accessed: 27 February 2022).
  12. Museum Sonobudoyo (2022b) Sekilas Profil Museum Sonobudoyo, Museum Sonobudoyo. Available at: https://www.sonobudoyo.com/id/museum/sekilas (Accessed: 27 February 2022).
  13. Taman Pintar (2018) Sejarah Taman Pintar, Taman Pintar. Available at: https://tamanpintar.co.id/sejarah (Accessed: 7 April 2022).
  14. Widanaputra (2009) Akuntansi Perhotelan pendekatan sistem informasi. Grha Ilmu.
  15. Wijaya, W. (2018) PERSEPSI MASYARAKAT LOKAL TERHADAP PERAN KOMUNITAS LGBT DALAM MENDUKUNG PARIWISATA DI BALI - STUDI KASUS DI KELURAHAN SEMINYAK, KUTA. INA-Rxiv. doi: 10.31227/osf.io/wguqj.