Main Article Content
Abstract
Fenomena meningkatnya popularitas sepatu olahraga di Yogyakarta disertai dengan peralihan metode pemasaran ke media sosial mendorong perusahaan untuk menyesuaikan strategi pemasaran mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh promosi dan brand image melalui media sosial terhadap keputusan pembelian sepatu olahraga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, mengumpulkan data melalui kuesioner dari 100 responden yang merupakan masyarakat Yogyakarta yang telah membeli sepatu olahraga. Teknik analisis data dilakukan menggunakan SmartPLS 3 untuk menguji model struktural dan hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi dan brand image memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sepatu olahraga melalui media sosial. Namun, penelitian ini memiliki keterbatasan pada jumlah sampel dan lokasi yang terbatas di Yogyakarta. Implikasi manajerialnya adalah perusahaan harus memperkuat strategi pemasaran digital mereka dengan fokus pada promosi dan citra merek yang konsisten di media sosial. Penelitian selanjutnya disarankan untuk memperluas jangkauan responden dan mengeksplorasi faktor-faktor lain yang memengaruhi keputusan pembelian.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2025 Farid Nur Ibrahim, Agus Abdurrahman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Akbar, R.D. dan Wasino (2024) “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Solaria,” Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata, 7(1), hal. 21–30. Tersedia pada: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMPP/article/view/76105.
- Arianto, C. dan Habiburrahman, H. (2025) “Pengaruh Promosi Online dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Satu Kata Cafe & Resto di Bandar Lampung,” ECo-Fin, 7(1), hal. 441–453. Tersedia pada: https://doi.org/10.32877/ef.v7i1.2097.
- Arista, E.D. dan Astuti, S.R.T. (2011) “Analisis Pengaruh Iklan, Kepercayaan Merek, dan Citra Merek terhadap Minat Beli Konsumen,” Jurnal Ilmiah ASET, 13(1), hal. 37–45. Tersedia pada: https://journal.widyamanggala.ac.id/index.php/jurnalaset/article/view/71.
- Asriani, R.N. et al. (2021) “Pembuatan Video Profil Perum Bulog Kantor Wilayah Sulawesi Tenggara Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle,” Tematik : Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (e-Journal), 8(2), hal. 251–260. Tersedia pada: https://doi.org/10.38204/tematik.v8i2.680.
- Astuti, N.L.G.S.D., Widhyadanta, I.G.D.S.A. dan Sari, R.J. (2021) “Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Lazada Terhadap Keputusan Pembelian Online,” E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 10(10), hal. 897–910. Tersedia pada: https://doi.org/10.24843/EEB.2021.v10.i10.p07.
- Brata, B.H., Husani, S. dan Ali, H. (2017) “The Influence of Quality Products, Price, Promotion, and Location to Product Purchase Decision on Nitchi At PT. Jaya Swarasa Agung in Central Jakarta,” Saudi Journal of Business and Management Studies, 2(4B), hal. 433–445. Tersedia pada: https://saudijournals.com/media/articles/SJBMS-24B433-445.pdf.
- Cholifah, N., Suharyono dan Hidayat, K. (2016) “PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP BRAND IMAGE (Survei pada Konsumen Kosmetik Wardah di Counter Wardah Kota Malang),” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 36(1), hal. 170–177. Tersedia pada: http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1414.
- Dei, G.A.T. dan Sukaatmadja, I.P.G. (2015) “PERAN BRAND IMAGE MEMEDIASI PENGARUH KREDIBILITAS CELEBRITY ENDORSER TERHADAP PURCHASE INTENTION (Studi Pada Produk Kosmetik Etude House di Kota Denpasar),” E-Jurnal Manajemen Unud, 4(5), hal. 1206–1228. Tersedia pada: https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/11603.
- Dharmmesta, B.S. dan Handoko, H. (2020) Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen. 1 ed. Yogyakarta: BPFE.
- Diputri, A.T. dan Afriani, A.L. (2022) “Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Brand Image PT Hijau Indah Selaras,” Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(2), hal. 169–187. Tersedia pada: https://doi.org/10.21009/COMMUNICOLOGY.030.03.
- Galang, T. (2021) PENGARUH YOUTUBE BEAUTY VLOGGER TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK (Studi pada viewers Youtube Wardah channel Suhay Salim). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta. Tersedia pada: http://repository.stei.ac.id/4329/.
- Hair, J.F. et al. (2016) A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Thousand Oaks: SAGE Publications.
- Herdyanto, J.A. dan Alexander (2024) “Pengaruh Penjualan Langsung, Iklan, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian di Toko Online Hampers Tangerang,” EMaBi: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 3(2), hal. 1–14. Tersedia pada: https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/emabi/article/view/3297.
- Iq’maliyah, Navanti, D. dan Sumantyo, F.D.S. (2024) “Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Scarlett: Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Bhayangkara Jakarta Raya,” Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 3(2), hal. 53–73. Tersedia pada: https://doi.org/10.55606/jekombis.v3i2.3475.
- Kotler, P. dan Armstrong, G. (2014) Principles of Marketing. 15 ed. Essex: Pearson Education Limited.
- Kotler, P. dan Keller, K.L. (2011) Manajemen Pemasaran. 12 ed. Jakarta: PT. Macanan Jaya Cemerlang.
- Kotler, P. dan Keller, K.L. (2012) Marketing Management. 14 ed. Pearson: Prentice Hall.
- Kotler, P. dan Keller, K.L. (2016) Marketing Management. 15 ed. London: Pearson Education Limited.
- Matondang, R.N. (2023) Digital Business. Tersedia pada: https://doi.org/10.31219/osf.io/we3af.
- Muharom, M., Yulia, I.A. dan Mulia, A.P. (2024) “Pengaruh Kualitas Produk, Fitur Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Daihatsu Gran Max dengan Brand Image Sebagai Variabel Moderasi,” Jurnal EMT KITA, 8(2), hal. 558–569. Tersedia pada: https://doi.org/10.35870/emt.v8i2.2058.
- Praschita, I.W.P. dan Giantari, I.G.A.K. (2019) “TARIKIKLAN TERHADAP BRAND ATTITUDE Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia Di Indonesia , saat ini persaingan shampo semakin kompetitif sehingga membuat perusahaan shampo berlomba-lomba untuk bersaing memperebutkan pasar,” E-Jurnal Manajemen, 8(2), hal. 8016–8046. Tersedia pada: https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/download/42153/28071.
- Pratama, T.W. dan Rubiyanti, R.N. (2023) “Pengaruh Promosi Media Sosial Instagram Dan Brand Image Terhadap Proses Keputusan Pembelian Properti Era Bandung,” e-Proceeding of Management, 10(1), hal. 323–332. Tersedia pada: https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/download/19471/18853.
- Ramadhani, D.R. dan Ahmadi, M.A. (2024) “Pengaruh Harga dan Brand image terhadap Keputusan Pembelian pada Produk The Originote,” Journal of Exploratory Dynamic Problems, 1(4), hal. 109–118. Tersedia pada: https://doi.org/10.31004/edp.v1i4.104.
- Sari, H.A. (2018) PENGARUH IKLAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP RESPON KONSUMEN DI BANDAR LAMPUNG. Universitas Lampung. Tersedia pada: https://digilib.unila.ac.id/29928/.
- Satria, A.A. (2017) “Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Konsumen pada Perusahaan A-36,” Jurnal Performa : Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis, 2(1), hal. 45–46. Tersedia pada: https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/view/436.
- Syahrum dan Salim (2017) “Social Media Marketing dalam Mewujudkan E-Marketing,” Journal Marketing, 8(4), hal. 71–72.
- Wang, Y.-H. dan Tsai, C.-F. (2014) “The Relationship Between Brand Image and Purchase Intention: Evidence From Award Winning Mutual Funds,” The International Journal of Business and Finance Research, 8(2), hal. 27–40. Tersedia pada: https://ssrn.com/abstract=2322833.
- Yulianto, A.Y. dan Prabowo, R.E. (2024) “Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian di TikTok Shop (Studi Pada Pelanggan TikTok Shop di Kota Semarang),” Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 7(1), hal. 972–982. Tersedia pada: https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/1518.
References
Akbar, R.D. dan Wasino (2024) “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Solaria,” Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata, 7(1), hal. 21–30. Tersedia pada: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMPP/article/view/76105.
Arianto, C. dan Habiburrahman, H. (2025) “Pengaruh Promosi Online dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Satu Kata Cafe & Resto di Bandar Lampung,” ECo-Fin, 7(1), hal. 441–453. Tersedia pada: https://doi.org/10.32877/ef.v7i1.2097.
Arista, E.D. dan Astuti, S.R.T. (2011) “Analisis Pengaruh Iklan, Kepercayaan Merek, dan Citra Merek terhadap Minat Beli Konsumen,” Jurnal Ilmiah ASET, 13(1), hal. 37–45. Tersedia pada: https://journal.widyamanggala.ac.id/index.php/jurnalaset/article/view/71.
Asriani, R.N. et al. (2021) “Pembuatan Video Profil Perum Bulog Kantor Wilayah Sulawesi Tenggara Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle,” Tematik : Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (e-Journal), 8(2), hal. 251–260. Tersedia pada: https://doi.org/10.38204/tematik.v8i2.680.
Astuti, N.L.G.S.D., Widhyadanta, I.G.D.S.A. dan Sari, R.J. (2021) “Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Lazada Terhadap Keputusan Pembelian Online,” E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 10(10), hal. 897–910. Tersedia pada: https://doi.org/10.24843/EEB.2021.v10.i10.p07.
Brata, B.H., Husani, S. dan Ali, H. (2017) “The Influence of Quality Products, Price, Promotion, and Location to Product Purchase Decision on Nitchi At PT. Jaya Swarasa Agung in Central Jakarta,” Saudi Journal of Business and Management Studies, 2(4B), hal. 433–445. Tersedia pada: https://saudijournals.com/media/articles/SJBMS-24B433-445.pdf.
Cholifah, N., Suharyono dan Hidayat, K. (2016) “PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP BRAND IMAGE (Survei pada Konsumen Kosmetik Wardah di Counter Wardah Kota Malang),” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 36(1), hal. 170–177. Tersedia pada: http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1414.
Dei, G.A.T. dan Sukaatmadja, I.P.G. (2015) “PERAN BRAND IMAGE MEMEDIASI PENGARUH KREDIBILITAS CELEBRITY ENDORSER TERHADAP PURCHASE INTENTION (Studi Pada Produk Kosmetik Etude House di Kota Denpasar),” E-Jurnal Manajemen Unud, 4(5), hal. 1206–1228. Tersedia pada: https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/11603.
Dharmmesta, B.S. dan Handoko, H. (2020) Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen. 1 ed. Yogyakarta: BPFE.
Diputri, A.T. dan Afriani, A.L. (2022) “Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Brand Image PT Hijau Indah Selaras,” Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(2), hal. 169–187. Tersedia pada: https://doi.org/10.21009/COMMUNICOLOGY.030.03.
Galang, T. (2021) PENGARUH YOUTUBE BEAUTY VLOGGER TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK (Studi pada viewers Youtube Wardah channel Suhay Salim). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta. Tersedia pada: http://repository.stei.ac.id/4329/.
Hair, J.F. et al. (2016) A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Thousand Oaks: SAGE Publications.
Herdyanto, J.A. dan Alexander (2024) “Pengaruh Penjualan Langsung, Iklan, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian di Toko Online Hampers Tangerang,” EMaBi: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 3(2), hal. 1–14. Tersedia pada: https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/emabi/article/view/3297.
Iq’maliyah, Navanti, D. dan Sumantyo, F.D.S. (2024) “Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Scarlett: Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Bhayangkara Jakarta Raya,” Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 3(2), hal. 53–73. Tersedia pada: https://doi.org/10.55606/jekombis.v3i2.3475.
Kotler, P. dan Armstrong, G. (2014) Principles of Marketing. 15 ed. Essex: Pearson Education Limited.
Kotler, P. dan Keller, K.L. (2011) Manajemen Pemasaran. 12 ed. Jakarta: PT. Macanan Jaya Cemerlang.
Kotler, P. dan Keller, K.L. (2012) Marketing Management. 14 ed. Pearson: Prentice Hall.
Kotler, P. dan Keller, K.L. (2016) Marketing Management. 15 ed. London: Pearson Education Limited.
Matondang, R.N. (2023) Digital Business. Tersedia pada: https://doi.org/10.31219/osf.io/we3af.
Muharom, M., Yulia, I.A. dan Mulia, A.P. (2024) “Pengaruh Kualitas Produk, Fitur Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Daihatsu Gran Max dengan Brand Image Sebagai Variabel Moderasi,” Jurnal EMT KITA, 8(2), hal. 558–569. Tersedia pada: https://doi.org/10.35870/emt.v8i2.2058.
Praschita, I.W.P. dan Giantari, I.G.A.K. (2019) “TARIKIKLAN TERHADAP BRAND ATTITUDE Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia Di Indonesia , saat ini persaingan shampo semakin kompetitif sehingga membuat perusahaan shampo berlomba-lomba untuk bersaing memperebutkan pasar,” E-Jurnal Manajemen, 8(2), hal. 8016–8046. Tersedia pada: https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/download/42153/28071.
Pratama, T.W. dan Rubiyanti, R.N. (2023) “Pengaruh Promosi Media Sosial Instagram Dan Brand Image Terhadap Proses Keputusan Pembelian Properti Era Bandung,” e-Proceeding of Management, 10(1), hal. 323–332. Tersedia pada: https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/download/19471/18853.
Ramadhani, D.R. dan Ahmadi, M.A. (2024) “Pengaruh Harga dan Brand image terhadap Keputusan Pembelian pada Produk The Originote,” Journal of Exploratory Dynamic Problems, 1(4), hal. 109–118. Tersedia pada: https://doi.org/10.31004/edp.v1i4.104.
Sari, H.A. (2018) PENGARUH IKLAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP RESPON KONSUMEN DI BANDAR LAMPUNG. Universitas Lampung. Tersedia pada: https://digilib.unila.ac.id/29928/.
Satria, A.A. (2017) “Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Konsumen pada Perusahaan A-36,” Jurnal Performa : Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis, 2(1), hal. 45–46. Tersedia pada: https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/view/436.
Syahrum dan Salim (2017) “Social Media Marketing dalam Mewujudkan E-Marketing,” Journal Marketing, 8(4), hal. 71–72.
Wang, Y.-H. dan Tsai, C.-F. (2014) “The Relationship Between Brand Image and Purchase Intention: Evidence From Award Winning Mutual Funds,” The International Journal of Business and Finance Research, 8(2), hal. 27–40. Tersedia pada: https://ssrn.com/abstract=2322833.
Yulianto, A.Y. dan Prabowo, R.E. (2024) “Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian di TikTok Shop (Studi Pada Pelanggan TikTok Shop di Kota Semarang),” Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 7(1), hal. 972–982. Tersedia pada: https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/1518.
