Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi terkait faktor-faktor niat anteseden generasi Z di Indonesia terhadap niat menggunakan ShopeePay. Teori utama penelitian ini menggunakan technology acceptance model (TAM) dan theory of reasoned action (TRA) dengan menggunakan variabel norma subjektif, persepsi manfaat, persepsi kemudahan penggunaan, dan niat menggunakan. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif melalui penyebaran kuesioner online didapatkan jumlah 180 responden. Jumlah responden tersebut didapatkan dengan menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan kriteria responden tahun kelahiran 1995-2010 dan sudah pernah menggunakan ShopeePay. Hasil data dianalisis dengan menggunakan metode PLS-SEM. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa persepsi kemudahan penggunaan tidak berpengaruh terhadap niat menggunakan ShopeePay, namun norma subjektif berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi manfaat, persepsi kemudahan penggunaan dan niat menggunakan ShopeePay, persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi manfaat ShopeePay, persepsi manfaat berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat menggunakan ShopeePay.

Keywords

norma subjektif persepsi manfaat persepsi kemudahan penggunaan niat menggunakan e-wallet Shopeepay

Article Details

How to Cite
Taqiyuddin, H. F., & Abdurrahman, A. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat Menggunakan E-Wallet ShopeePay: Studi Generasi Z di Indonesia. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 1(5), 203–218. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/26128

References

Read More