Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan bauran pemasaran oleh perusahaan BULOG Cabang Semarang pada produk Beras Kita. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan observasi, wawancara, serta analisis konten. Data penelitian ini bersumber dari data primer yang didapatkan melalui teknik pengumpulan data berdasarkan proses observasi, dokumentasi, dan wawancara yang dilakukan secara langsung kepada perusahaan dan karyawan Perum BULOG yang memenuhi kriteria atau mengetahui kondisi objek dengan baik. Oleh karena itu, peneliti mampu menarik kesimpulan secara deskriptif. Wawancara dilakukan dengan 6 responden yang merupakan manajer dan karyawan pada perusahaan BULOG cabang Semarang. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa Perum BULOG Cabang Semarang dalam menerapkan strategi bauran pemasaran dalam hal produk, harga, tempat, dan promosi sudah memberikan kualitas yang terbaik untuk konsumennya.

Keywords

bauran pemasaran produk harga tempat promosi bauran pemasaran produk harga tempat promosi

Article Details

Author Biographies

Vania Salma Nurryana, Universitas Islam Indonesia

 

 

Agus Abdurrahman, Universitas Islam Indonesia

 

 

How to Cite
Nurryana, V. S., & Abdurrahman, A. (2023). Penerapan Marketing Mix oleh Bulog pada Penjualan Beras Kita. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 2(2), 47–64. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/28322

References

  1. Alma, B. (2014) Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Revisi. Bandung: Alfabeta.
  2. Bardan, A.B. (2021) Transformasi Bulog dari penyalur beras raskin hingga jual beras premium, Kontan.co.id. Diedit oleh K. Hidayat. Tersedia pada: https://nasional.kontan.co.id/news/transformasi-bulog-dari-penyalur-beras-raskin-hingga-jual-beras-premium (Diakses: 3 Mei 2023).
  3. Boyd, H.W., Walker, O.C. dan Larreche, J.-C. (2000) Manajemen Pemasaran: Suatu Pendekatan Strategis dengan Orientasi Global. Diedit oleh I. Nurmawan dan Y. Sumiharti. Jakarta: Erlangga.
  4. Dharmmesta, B.S. (2011) Azas-azas Marketing. 2 ed. Yogyakarta: Liberty.
  5. Irsad Z. (2010) “Analisis Marketing Mix (Product, Price, Promotion dan Place) yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Pengguna Operator ESIA” (Studi Kasus Pada Masyarakat Ciputat Timur). UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Tersedia pada: https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/21219/1/IRSAD. Z-FEB.pdf.
  6. Kotler, P. dan Keller, K.L. (2016) Marketing Management. London: Pearson Education.
  7. Lee, N.R. dan Kotler, P. (2016) Social Marketing: Changing Behaviors for Good. Diedit oleh M. Stanley et al. Singapore: SAGE Publications, Inc.
  8. Ma’ruf, H. (2005) Pemasaran Ritel. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
  9. Presiden RI (1995) Keputusan Presiden (KEPPRES) No. 50 Tahun 1995 Badan Urusan Logistik. Indonesia: JDIH BPK RI Database Peraturan. Tersedia pada: https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/60326/keppres-no-50-tahun-1995.
  10. Rahmat, P.S. (2009) “Penelitian Kualitatif,” Journal of Equilibrium, 5(9), hal. 1–8. Tersedia pada: yusuf.staff.ub.ac.id/files/2012/11/Jurnal-Penelitian-Kualitatif.pdf.
  11. Sari, S.M. (2019) Analisis Strategi Pemasaran 4P terhadap Produk Tabungan Impian di PT. BRI Syariah Cabang Banda Aceh. UIN Ar Raniry. Tersedia pada: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9749/1/SKRIPSI_SISKA MONA SARI.pdf.