Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari forum dan komunitas, peringkat dan telaah, rekomendasi sosial media, penilaian kognitif, serta penilaian afektif terhadap keputusan pembelian di aplikasi Shopee. Adapun populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu laki-laki dan perempuan Indonesia berusia 18 – 25 tahun yang sudah pernah menggunakan aplikasi Shopee untuk berbelanja online. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 277 responden. Data penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan dengan cara menyebarkan kuesioner yang dilakukan dengan cara survey secara daring menggunakan Google Form. Metode yang digunakan dalam menganalisis data yakni analisis SEM (Structural Equation Model) dengan menggunakan software SmartPLS. Hasil penelitian menunjukan bahwa forum dan komunitas memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap penilaian afektif dan penilaian kognitif; telaah dan pemeringkatan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap penilaian afektif dan kognitif; rekomendasi sosial media memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap penilaian afektif dan kognitif; penilaian afektif memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian; dan penilaian kognitif memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian.

Keywords

forum dan komunitas telaah dan pemeringkatan rekomendasi sosial media penilaian afektif penilaian kognitif keputusan pembelian

Article Details

How to Cite
Makarim, A. K., & Ishak, A. (2023). Analisis Pengaruh Sumber Informasi dan Social Learning Theory terhadap Keputusan Pembelian di Shopee Selama Pandemi COVID-19. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 1(6), 183–200. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/27230

References

  1. Abdillah, W. and Hartono, J. (2014) Partial Least Square (PLS). Yogyakarta: Andi Publisher.
  2. Adnan, H. (2014) ‘An Analysis of the Factors Affecting Online Purchasing Behavior of Pakistani Consumers’, International Journal of Marketing Studies, 6(5), pp. 134–137. Available at: https://doi.org/10.5539/ijms.v6n5p133.
  3. Ahmad, A. and Nurhidaya (2020) ‘Media Sosial dan Tantangan Masa Depan Generasi Milenial’, Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(2), pp. 134–148.
  4. Ajzen, I. (1998) Theory of Planned Behavior/ Reasoned Action. Attitudes, personality, and behavior. Chichago: Open University Press.
  5. Akram, P.B. and Budiarto (2017) ‘Pengaruh Mekanisme Corporate Governance Kualitas Audit, Ukuran Perusahaan dan Leverage Terhadap Integritas Laporan Keuangan’, Jurnal Akuntansi, 1(1), pp. 95–120.
  6. Andersen, R., Kravits, J. and Anderson, O.W. (2009) Equity in health services : empirical analyses in social policy. Cambridge: Ballinger Pub. Co.,.
  7. Andini, N., Suharyono and Sunarti (2014) ‘Pengaruh Viral Marketing Terhadap Kepercayaan Pelanggan Dan Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2013 Yang Melakukan Pembelian Online Melalui Media Sosial Instagram)’, Jurnal Administrasi Bisnis, 11(1), pp. 91–99.
  8. Anwar, D., Ilham, M. and Suryani (2019) ‘Pengaruh Religiusitas Dan Komunitas Terhadap Motivasi Berwirausaha Para Pemuda’, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 4(2), pp. 181–192.
  9. Bandura, A. and McClelland, D.C. (1977) Social learning theory’. Englewood Cliffs. New Jersey: Prentice-Hal.
  10. Basri, H. and Syafrizal (2017) “Peran Media Sosial Twitter Dalam Interaksi Sosial Sekolah Menengah Pertama di Kota Pekanbaru,” Jom FISIP, 4(2), pp. 1–15. Available at: https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/view/15586.
  11. Bausch, S. and McGiboney, M. (2008) Nielsen online provides fastest growing social networks for September 2008. New York: Nielsen Company.
  12. Chen, A., Lu, Y. and Wang, B. (2017) ‘Customers’ purchase decision-making process in social commerce: A social learning perspective’, International Journal of Information Management, 37(6), pp. 627–638. Available at: https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2017.05.001.
  13. Cynthiadewi, P.R. and Hatammimi, J. (2014) ‘The Influence of Electronic Word of Mouth Toward Brand Image and Purchase Intention of 13th Shoes’, in International Conference on Economics, Education and Humanities, pp. 66–70.
  14. Dalman (2014) Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  15. Dewi, A. (2019) Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Untuk Mengunduh Aplikasi dari Perusahaan Startup Pada Google Play Store Dengan Menggunakan Social Learning Theory (SLT). Skripsi, Universitas Airlangga.
  16. Ghozali, I. (2018) Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. 9th edn. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
  17. Ghozali, I. and Latan, H. (2015) Konsep, Teknik, Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. Semarang: BP UNDIP.
  18. Hajli, N. et al. (2014) ‘Social word of mouth: How trust develops in the market’, International Journal of Market Research, 56(5), pp. 673–689. Available at: https://doi.org/10.2501/ijmr-2014-045.
  19. Iriantara, Y. (2004) Community Relations: Konsep dan Aplikasinya’. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
  20. KOMINFO (2021) Laporan Kinerja Kementerian Komunikasi dan Informatika 2021. Jakarta.
  21. Kwak, D.H. and Jain, H. (2016) ‘The role of web and e-Commerce in poverty reduction: A framework based on ecological systems theory’, in Lecture Notes in Business Information Processing. Springer Verlag, pp. 143–154. Available at: https://doi.org/10.1007/978-3-319-45408-5_12.
  22. Lee, Y., Chen, A.N.K. and Ilie, V. (2012) “Can Online Wait Be Managed? The Effect of Filler Interfaces and Presentation Modes on Perceived Waiting Time Online,” MIS Quarterly, 36(2), pp. 365–394. Available at: https://doi.org/10.2307/41703460.
  23. Li, Y.M., Wu, C. te and Lai, C.Y. (2013) ‘A social recommender mechanism for e-commerce: Combining similarity, trust, and relationship’, Decision Support Systems, 55(3), pp. 740–752. Available at: https://doi.org/10.1016/j.dss.2013.02.009.
  24. Liang, T.-P. and Turban, E. (2011) “Introduction to the Special Issue Social Commerce: A Research Framework for Social Commerce,” International Journal of Electronic Commerce, 16(2), pp. 5–14. Available at: https://doi.org/10.2753/JEC1086-4415160201.
  25. Lolowang, I.R.A. (2019) ‘Pengaruh Persepsi Dan Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Tipe Premium (Studi Pada Konsumen Kawanua Emerald City Akrland Manado)’, Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen , 7(1), pp. 91–109.
  26. Martinka, L. (2012) How Social Media Communities Impact Consumer Behavior. Gonzaga University. Available at: https://www.proquest.com/openview/3c49af7b0951142b4b7feefe22183e00/1.pdf?pq-origsite=gscholar&cbl=18750.
  27. Nasution, M. et al. (2019) ‘An empirical examination of the factors influencing consumer’s purchase intention toward online shopping’, Journal of Business & Retail Management Research, 13(4), pp. 14–29. Available at: https://doi.org/10.24052/JBRMR/V13IS04/ART-02.
  28. Nielsen (2009) Global Advertising Consumers Trust Real Friends and Virtual Strangers the Most, Nielsen.com. Available at: https://www.nielsen.com/insights/2009/global-advertising-consumers-trust-real-friends-and-virtual-strangers-the-most/ (Accessed: January 18, 2023).
  29. Noza, C. and Primayanti, A. (2019) Pemanfaatan Akun Twitter @Womanfeeds Sebagai Media Informasi Dikalangan Followersnya Utilization of @womanfeeds Twitter Account as Information Media Among its Followes. Available at: https://kamus.tanya-jawab.com/arti-autobase-twitter/.
  30. Patmonodewo, S. (2003) Pendidikan Anak Pra-Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
  31. Pranyoto, Y.H. and Geli, S. (2020) ‘PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MAHASISWA SEKOLAH TINGGI KATOLIK SANTO YAKOBUS MERAUKE’, Jurnal Jumpa, 8(1), pp. 30–45.
  32. Pratama, D.P., Susanta, H. and Sri, S. (2014) ‘Pengaruh Threat Emotions, Kepercayaan Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Porduk Susu Anlene Actifit’’, Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 3(1), pp. 66–72.
  33. Prayugo, D.W. (2018) “Pengaruh Komunitas Virtual Terhadap Minat Beli Online Pada Grup Facebook Bubuhan Samarinda,” eJournal Ilmu Komunikasi, 6(1), pp. 143–157. Available at: https://portal.fisip-unmul.ac.id/site/?p=7487.
  34. Robbins, S. and Judge, T. (2008) Perilaku Organisasi. 12th edn. Jakarta: PT. Salemba Empat.
  35. Sarwoko, E. and Madziatul, C. (2007) ‘Pengaruh Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Merek Aqua Berkaitan dengan Penerapan Program CSR (Corporate Social Responsibility)’, Jurnal Ekonomi Modernisasi, 3(2), pp. 147–164. Available at: http://e-journal.ukanjuruhan.ac.id.
  36. Sekaran, U. and Bougie, R. (2016) Research Methods for Business: A Skill-building Approach. 7th edn. Chichester: Wiley. Available at: https://books.google.co.id/books?id=u73GjwEACAAJ.
  37. Sugiyono, P.D. (2017) Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
  38. Suharno and Sutarso (2010) Marketing in Practice. Yogyakarta: Graha Ilmu.
  39. Sulistyorini, S. and Andriani, A.E. (2022) ‘Penggunaan Media Sosial di Kalangan Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19’, Equilibrium Jurnal Pendidikan, 10(1), pp. 63–69.
  40. Ulfa, M. (2018) Pengaruh Media Sosial Komunikasi Pemasaran Terhadap Sikap Konsumen Generasi Z Di Yogyakarta’, Skripsi, Program Sarjana Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta. Universitas Islam Indonesia.
  41. Vandana, Purkayastha, B. and Kumar, A. (2020) ‘Issues and Challenges in Management related to Information Technology’, International Journal of Computing and Digital Systems, 90(4), pp. 703–713. Available at: https://doi.org/10.12785/ijcds/090417.
  42. Zhang, K.Z.K., Cheung, C.M.K. and Lee, M.K.O. (2014) ‘Examining the moderating effect of inconsistent reviews and its gender differences on consumers’ online shopping decision’, International Journal of Information Management, 34(2), pp. 89–98. Available at: https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2013.12.001.