Main Article Content

Abstract

Sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) berperan penting terhadap perekonomian nasional, tetapi tingginya persaingan mengakibatkan usaha sulit berkembang. Kinerja perusahaan digunakan sebagai tolak ukur untuk menilai system operasi usaha sehingga perlu diketahui faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja usaha, salah satunya dengan metode total quality management (TQM). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh total quality management (TQM) terhadap kinerja perusahaan pada usaha UMKM makanan di Kabupaten Temanggung. Indikator total quality management (TQM) yang digunakan terdiri dari dari fokus pelanggan, keterlibatan karyawan, komunikasi, perbaikan berkesinambungan, dan pemusatan perhatian pada proses. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan melibatkan 30 sampel yang diperoleh melalui teknik purposive sampling dan dianalisis dengan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, hanya peningkatan berkesinambungan dan pemusatan perhatian pada proses memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja perusahaan pada usaha UMKM makanan di Kabupaten Temanggung. secara simultan fokus pada pelanggan, keterlibatan karyawan, komunikasi, perbaikan berkesinambungan, dan pemusatan perhatian pada proses memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan pada usaha UMKM makanan di Kabupaten Temanggung. Berdasarkan hal tersebut pemilik usaha harus memperhatikan setiap implementasi TQM secara bersamaan untuk terus meningkatkan kinerja usahanya.

Keywords

total quality management UMKM kinerja perusahaan

Article Details

How to Cite
Fatchurochman, N. A., & Yamit, Z. (2022). Pengaruh Total Quality Management (TQM) terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Kasus UMKM Makanan Kabupaten Temanggung): Studi Kasus UMKM Makanan di Kabupaten Temanggung. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 1(2), 14–30. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/24245

References

  1. Anggraeni, F. D., Hardjanto, I. and Hayat, A. (2013) ‘Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui Fasilitasi Pihak Eksternal dan Potensi Internal (Studi Kasus pada Kelompok Usaha “Emping Jagung” di Kelurahan Pandanwangi Kecamatan Blimbing, Kota Malang)’, Jurnal Administrasi Publik (JAP), 1(6), pp. 1286–1295.
  2. Anh, P. C. (2011) ‘Relationship Between Quality Management Practices and Competitive Performance: Japanese Quality Award Perspective’, The Journal of Japanese Operations Management and Strategy, 2(1), pp. 16–37.
  3. BPS (2020) Proporsi Tenaga Kerja pada Sektor Industri Manufaktur (Persen), 2018-2020. Jakarta: Badan Pusat Statistik.
  4. BPS (2021) Produk Domestik Regional Bruto Kabupaten Temanggung Menurut Lapangan Usaha. Temanggung: Badan Pusat Statistik Kabupaten Temanggung.
  5. Chaerunisak, U. H. and Aji, A. W. (2020) ‘Penerapan Total Quality Management Terhadap Dampak Kinerja Manajerial dan Laba Perusahaan pada UMKM Yogyakarta’, Moneter - Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 7(1), pp. 10–14. doi: 10.31294/moneter.v7i1.6811.
  6. Chairany, N. and Lestari, W. (2011) Pengaruh Total Quality Management terhadap Kinerja Perusahaan melalui Kepemimpinan dan Perilaku Produktif Karyawan (Studi Kasus Pada Perusahaan Jasa dan Manufaktur di Makassar). Universitas Hasanuddin.
  7. Dinata, M. W. and Purnawati, N. K. (2021) ‘Pengaruh Total Quality Management Terhadap Kinerja Perusahaan pada Bengkel Mobil Paramitha Auto-Graha Denpasar’, E-Jurnal Manajemen, 10(5), pp. 456–478. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2021.v10.i05.p03.
  8. Gaspersz, V. (2011) Total Quality Management (untuk Praktisi Bisnis dan Industri). Jakarta: Penerba Swadaya.
  9. Ghozali, I. (2018) Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Senarang: Badan Penerbit Universitas DIponegoro.
  10. Heizer., Render, B. (2014) Manajemen Operasi: Manajemen Keberlangsungan dan Rantai Pasokan. 11th edn. Jakarta: Salemba Empat.
  11. Irawan, O. (2021) ‘Analisis Total Quality Management Dan Open Government Terhadap Produktivitas Kerja’, JIsEB, 2(1), pp. 64–70. Available at: http://e-journal.iainptk.ac.id/index.php/jiseb/article/view/292.
  12. Jayani, D. H. (2020) ‘Berapa Sumbangan UMKM terhadap Perekonomian Indonesia?’, in. KataData. Available at: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/05/20/berapa-sumbangan-umkm-terhadap-perekonomian-indonesia.
  13. Juliana, J., Sulthan, M. A. and Fathir, M. (2019) ‘Islamic Business Ethics: Case Study of Puspa Sharia Micro Business Actors in Bank Indonesia West Java Region in Bandung 2017’, Review of Islamic Economics and Finance (RIEF), 2(1), pp. 32–40. doi: https://doi.org/10.17509/rief.v2i1.17674.
  14. Kemenkopukm (2020) Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dan Usaha Besar (UB) Tahun 2016-2020. Jakarta: Kementrian Koperasi dan UKM.
  15. Kotler, P. and Keller, K. L. (2012) Manajemen Pemasaran. Edisi 14 j. Jakarta: Erlangga.
  16. Lamato, B., Jan, A. and Karuntu, M. (2017) ‘Analisis Total Quality Management ( Tqm ) Terhadap Kinerja Manajerial Pada Pt . Asegar Murni Jaya Desa Tumaluntung Kab . Minahasa Utara’, Jurnal Emba, 5(2), pp. 423–432.
  17. Munparidi and Sayuti, A. J. (2020) ‘Pengaruh Keterlibatan Karyawan terhadap Kinerja Karyawan melalui Kepuasan Kerja sebagai Variabel Mediasi’, Jurnal Aplikasi Manajemen dan Bisnis, 1(1), p. 36-46. Available at: https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/JAMB/article/view/2031.
  18. Prayhoego, C. and Devie (2013) ‘Analisa Pengaruh Total Quality Management Terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Perusahaan’, Business Accounting Review, 2(2), pp. 65–74.
  19. Purba, M. S. and Hutami, R. F. (2015) ‘"Pengaruh Total Quality Management Terhadap Kinerja Perusahaan Dengan Kepemimpinan dan Budaya Kualitas Sebagai Variabel Intervening’, Journal of Science & Humanities University of Langlangbuana, 7(1), pp. 43–63.
  20. Putri, J. R., & Kusumawardhani, A. (2017) ‘Analisis Pengaruh Total Quality Management terhadap Kinerja Manajerial (Studi Pada Hotel Lor In di Surakarta)’, Diponegoro Journal of Management, 6(4), pp. 1–10.
  21. Robbins, S. P. and Timothy, A. J. (2013) Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.
  22. Sari, D. E. K., Surachman and Ratnawati, K. (2018) ‘Pengaruh Total Quality Management (TQM) terhadap Kinerja Karyawan dengan Mediasi Kepuasan Kerja (Studi pada Bagian Produksi Pabrik Kertas PT. Setia Kawan Makmur Sejahtera Tulungagung)’, Jurnal Bisnis dan Manajemen, 5(1), pp. 11–25.
  23. Sit, W. Y. et al. (2009) ‘TQM and customer satisfaction in Malaysia’s service sector’, Industrial Management and Data Systems, 109(7), pp. 957–975. doi: 10.1108/02635570910982300.
  24. Suartina, I. W., Swara, N. N. A. A. V. and Astiti, N. L. S. (2019) ‘Pengaruh Total Quality Management (Tqm) Terhadap Kinerja Perusahaan Melalui Perilaku Produktif Karyawan Pada Pt. Tomorrow’S Antiques Indonesia’, Widya Manajemen, 1(2), pp. 1–20. doi: 10.32795/widyamanajemen.v1i2.349.
  25. Sugiyono (2018) Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
  26. Tahir, H.M., Razak, N.A. and Rentah, F. (2018) ‘The Contributions Of Small and Medium Enterprises (SME’s) On Malaysian Economic Growth: A Sectoral Analysis BT - Proceedings of the 7th International Conference on Kansei Engineering and Emotion Research 2018’, in Lokman, A.M. et al. (eds) KEER 2018: Proceedings of the 7th International Conference on Kansei Engineering and Emotion Research 2018. Singapore: Springer Singapore, pp. 704–711. doi:10.1007/978-981-10-8612-0_73.
  27. Tjiptono, F. and Diana, A. (2003) Total Quality Management. Yogyakarta: Andi Offset.
  28. Toar, A. R., Pangemanan, D. S. S. and Sabijono, D. H. (2016) ‘Penerapan Total Quality Management Untuk Meningkatkan Kinerja Manajerial Pada Pt. Pln (Persero) Cabang Manado’, Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(4), pp. 509–519.
  29. Usman, B. (2019) ‘Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Kinerja Pegawai Pada Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang’, Jurnal Media Wahana Ekonomika, 10(1), pp. 1–18. Available at: https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Ekonomika/article/view/2754/2552.
  30. Wahyuni, M. I. (2015) ‘Penerapan Manajemen Kualitas pada Hotel Non-Bintang di Kota Yogyakarta’, Modus, 31(1), pp. 61–71.