Main Article Content

Abstract

Sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) berperan penting terhadap perekonomian nasional, tetapi tingginya persaingan mengakibatkan usaha sulit berkembang. Kinerja perusahaan digunakan sebagai tolak ukur untuk menilai system operasi usaha sehingga perlu diketahui faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja usaha, salah satunya dengan metode total quality management (TQM). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh total quality management (TQM) terhadap kinerja perusahaan pada usaha UMKM makanan di Kabupaten Temanggung. Indikator total quality management (TQM) yang digunakan terdiri dari dari fokus pelanggan, keterlibatan karyawan, komunikasi, perbaikan berkesinambungan, dan pemusatan perhatian pada proses. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan melibatkan 30 sampel yang diperoleh melalui teknik purposive sampling dan dianalisis dengan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, hanya peningkatan berkesinambungan dan pemusatan perhatian pada proses memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja perusahaan pada usaha UMKM makanan di Kabupaten Temanggung. secara simultan fokus pada pelanggan, keterlibatan karyawan, komunikasi, perbaikan berkesinambungan, dan pemusatan perhatian pada proses memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan pada usaha UMKM makanan di Kabupaten Temanggung. Berdasarkan hal tersebut pemilik usaha harus memperhatikan setiap implementasi TQM secara bersamaan untuk terus meningkatkan kinerja usahanya.

Keywords

total quality management UMKM kinerja perusahaan

Article Details

How to Cite
Fatchurochman, N. A., & Yamit, Z. (2022). Pengaruh Total Quality Management (TQM) terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Kasus UMKM Makanan Kabupaten Temanggung): Studi Kasus UMKM Makanan di Kabupaten Temanggung. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 1(2), 14–30. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/24245

References

Read More