Main Article Content

Abstract

Seiring perkembangan zaman, banyak perusahaan yang bersaing untuk mendapatkan pangsa pasar yang luas. Ada banyak elemen yang dapat mendorong pencapaian suatu bisnis atau organisasi. Industri kosmetik tidak hanya menjadi kebutuhan primer kaum wanita, tetapi juga mulai berinovasi pada produk kosmetik untuk pria dan anak-anak. Di kota Yogyakarta, produk kosmetik sangat diminati, contohnya pegawai kantoran khususnya wanita. Mereka dituntut untuk berpenampilan cantik sehingga produk kosmetik salah satu opsi untuk mempercantik diri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah inovasi produk, desain produk, dan kualitas produk mempengaruhi keunggulan bersaing suatu produk. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah perempuan dan mahasiswi yang berada di kota Yogyakarta. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 100 responden. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa inovasi produk, desain produk, dan kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap keunggulan bersaing. Hasil dari penelitian ini dapat digunakan oleh Maybelline untuk dijadikan referensi sehingga dapat mengembangkan produknya serta membantu para peneliti selanjutnya untuk dijadikan acuan atau referensi.

Keywords

inovasi produk desain produk kualitas produk keunggulan bersaing

Article Details

How to Cite
Fajrina, F. N., & Yamit, Z. (2022). Pengaruh Inovasi Produk, Desain Produk, dan Kualitas Produk terhadap Keunggulan Bersaing pada Produk Maybelline di Yogyakarta. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 1(2), 131–142. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/24660

References

  1. Bagaskara, T.Y. (2019) Pengaruh Inovasi Produk, Desain Produk, dan Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Produk Woodenway. Universitas Islam Indonesia. Tersedia pada: https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/20648.
  2. David, Fred R. dan David, Forest R. (2015) Strategic Management: Concepts and Cases. 12 ed. Diedit oleh S. Wall et al. Harlow: Pearson Education Limited.
  3. Evans, J.R. dan Jr., J.W.D. (1999) Total Quality: Management, Organization and Strategy. 2 ed. Ohio: South-Western College Pub.
  4. Ghozali, I. (2011) Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
  5. Kotler, P. dan Keller, K.L. (2009) Manajemen Pemasaran. 12 ed. Jakarta: Indeks.
  6. Lestari, W.A., Budianto, A. dan Setiawan, I. (2020) “Pengaruh Inovasi dan Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing (Suatu Studi pada Payung Geulis Mandiri Tasikmalaya),” Business Management and Entrepreneurship Journal, 2(1), hal. 38–48. Tersedia pada: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/bmej/article/view/2451.
  7. Porter, M.E. (1993) Keunggulan Bersaing: Menciptakan dan Memepertahankan Kinerja Unggul. Jakarta: Erlangga.
  8. Rinandiyana, L.R., Kurniawati, A. dan Kurniawan, D. (2016) “Strategi untuk Menciptakan Keunggulan Bersaing Melalui Pengembangan, Desain, dan Kualitas Produk (Kasus pada Industri Pakaian Muslim di Kota Tasikmalaya,” Jurnal Ekonomi Manajemen, 2(2), hal. 105–113. Tersedia pada: http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jem/article/view/319.
  9. Sukarmen, P., Sularso, R.A. dan Wulandri, D. (2013) “Analisis Pengaruh Inovasi Produk terhadap Kepuasan Konsumen dengan Keunggulan Bersaing sebagai Variabel Intervening pada Produk Gula Pasir Sebelas (GUPALAS) Pabrik Gula Semboro PTP Nusantara XI (Persero),” Jurnal Ekonomi Akuntansi dan Manajemen, 12(2), hal. 64–79. Tersedia pada: http://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEAM/article/view/1105%0Ahttp://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEAM/article/download/1105/891.
  10. Sunyoto, D. (2015) Keunggulan Bersaing [Competitive Advantage]. Yogyakarta: CAPS.
  11. Yamit, Z. (2010) Manajemen Kualitas: Produk & Jasa. Yogyakarta: Ekonisia.