Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kualitas layanan terhadap daya saing dan kepuasan pelanggan biro jasa perjalanan M Trans Wonosobo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian survei. Di mana penelitian ini biasanya menggunakan kuesioner untuk data pokok atau utama yang dilakukan dengan mengambil sampel pada populasi tertentu. Dengan menggunakan jenis penelitian survei ini nantinya akan menemukan fakta dari fenomena yang ada. Berdasarkan hasil analisis data, Biro M Trans telah memiliki ketepatan aktivitas berupa kualitas layanan. Layanan yang berkualitas tersebut dapat ditinjau berdasarkan bentuk hubungan antara variabel kualitas layanan yang berpengaruh positif secara signifikan terhadap variabel daya saing. Adapun variabel daya saing kemudian berpengaruh positif secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2023 Modis Iyonda, Zulian Yamit
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Andansari, T. (2018) Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan, Citra Merek dan Inovasi Produk terhadap Daya Saing Bank BNI Syariah di Kota Tangerang Selatan. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Tersedia pada: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/41013.
- Azhari, A.R., Lubis, N. dan Ngatno, N. (2015) “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Tarif dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Penumpang Bus BRT Trans Semarang (Studi Kasus: Penumpang Bus BRT Trans Semarang koridor II),” Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(1), hal. 94–104. Tersedia pada: https://doi.org/10.14710/jiab.2016.10391.
- Creswell, J.W. (2012) Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. 4 ed. Diedit oleh P.A. Smith et al. Boston: Prentice Hall Upper Saddle River, NJ. Tersedia pada: http://repository.unmas.ac.id/medias/journal/EBK-00121.pdf.
- Kinanti, R. (2022) ANALISIS PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN JASA TOUR AND TRAVEL DENGAN METODE SERVQUAL DAN TRIZ (Studi Kasus di PT Graha Nirwana Wisata Trans). UPN Veteran Jawa Timur. Tersedia pada: http://repository.upnjatim.ac.id/7176/.
- Memon, M.A. et al. (2021) “PLS-SEM Statistical Programs: A Review,” Journal of Applied Structural Equation Modeling, 5(1), hal. i–xiv. Tersedia pada: https://doi.org/10.47263/JASEM.5(1)06.
- Onalza, G.W., Restuti, S. dan Nursanti, A. (2014) “Analisis Kepuasan Penumpang Atas Kualitas Layanan Jasa CV. Indah Travel Terayek Tembilahan – Pekanbaru,” JOM FEKON, 1(2), hal. 1–13. Tersedia pada: https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFEKON/article/view/5447.
- Puspitasari, T.I. (2021) Pengaruh Daya Saing, Fasilitas, Kualitas Pelayanan dan Harga yang Kompetitif Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus pada Klinik Kecantikan Kara Esthetique Jakarta). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta. Tersedia pada: http://repository.stei.ac.id/6485/.
- Rohaeni, H. dan Marwa, N. (2018) “Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan,” Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis, 2(2), hal. 312–318. Tersedia pada: https://doi.org/10.55208/bistek.v14i2.233.
- Roscoe, J.T. (1975) Fundamental Research Statistics for the Behavioral Sciences, Volume 2. Ann Arbor: Holt, Rinehart and Winston.
- Sasongko, S.R. (2021) “Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan (Literature Review Manajemen Pemasaran),” Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(1), hal. 104–114. Tersedia pada: https://doi.org/10.31933/jimt.v3i1.707.
- Sekaran, U. (2006) Research Methods for Business. New Jersey: John Wiley & Sons Ltd.
- Sugiyono (2016) Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta Bandung.
- Yamit, Z. (2001) Manajemen Kualitas Produk & Jasa. 1 ed. Yogyakarta: Ekonisia.
- Zuhdi, Z., Suharjo, B. dan Sumarno, H. (2016) “Perbandingan Pendugaan Parameter Koefisien Struktural Model Melalui SEM dan PLS-SEM,” Journal of Mathematics and Its Applications, 15(2), hal. 11–22. Tersedia pada: https://doi.org/10.29244/jmap.15.2.11-22.
References
Andansari, T. (2018) Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan, Citra Merek dan Inovasi Produk terhadap Daya Saing Bank BNI Syariah di Kota Tangerang Selatan. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Tersedia pada: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/41013.
Azhari, A.R., Lubis, N. dan Ngatno, N. (2015) “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Tarif dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Penumpang Bus BRT Trans Semarang (Studi Kasus: Penumpang Bus BRT Trans Semarang koridor II),” Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(1), hal. 94–104. Tersedia pada: https://doi.org/10.14710/jiab.2016.10391.
Creswell, J.W. (2012) Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. 4 ed. Diedit oleh P.A. Smith et al. Boston: Prentice Hall Upper Saddle River, NJ. Tersedia pada: http://repository.unmas.ac.id/medias/journal/EBK-00121.pdf.
Kinanti, R. (2022) ANALISIS PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN JASA TOUR AND TRAVEL DENGAN METODE SERVQUAL DAN TRIZ (Studi Kasus di PT Graha Nirwana Wisata Trans). UPN Veteran Jawa Timur. Tersedia pada: http://repository.upnjatim.ac.id/7176/.
Memon, M.A. et al. (2021) “PLS-SEM Statistical Programs: A Review,” Journal of Applied Structural Equation Modeling, 5(1), hal. i–xiv. Tersedia pada: https://doi.org/10.47263/JASEM.5(1)06.
Onalza, G.W., Restuti, S. dan Nursanti, A. (2014) “Analisis Kepuasan Penumpang Atas Kualitas Layanan Jasa CV. Indah Travel Terayek Tembilahan – Pekanbaru,” JOM FEKON, 1(2), hal. 1–13. Tersedia pada: https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFEKON/article/view/5447.
Puspitasari, T.I. (2021) Pengaruh Daya Saing, Fasilitas, Kualitas Pelayanan dan Harga yang Kompetitif Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus pada Klinik Kecantikan Kara Esthetique Jakarta). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta. Tersedia pada: http://repository.stei.ac.id/6485/.
Rohaeni, H. dan Marwa, N. (2018) “Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan,” Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis, 2(2), hal. 312–318. Tersedia pada: https://doi.org/10.55208/bistek.v14i2.233.
Roscoe, J.T. (1975) Fundamental Research Statistics for the Behavioral Sciences, Volume 2. Ann Arbor: Holt, Rinehart and Winston.
Sasongko, S.R. (2021) “Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan (Literature Review Manajemen Pemasaran),” Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(1), hal. 104–114. Tersedia pada: https://doi.org/10.31933/jimt.v3i1.707.
Sekaran, U. (2006) Research Methods for Business. New Jersey: John Wiley & Sons Ltd.
Sugiyono (2016) Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta Bandung.
Yamit, Z. (2001) Manajemen Kualitas Produk & Jasa. 1 ed. Yogyakarta: Ekonisia.
Zuhdi, Z., Suharjo, B. dan Sumarno, H. (2016) “Perbandingan Pendugaan Parameter Koefisien Struktural Model Melalui SEM dan PLS-SEM,” Journal of Mathematics and Its Applications, 15(2), hal. 11–22. Tersedia pada: https://doi.org/10.29244/jmap.15.2.11-22.