Main Article Content

Abstract

Di era modern ini, semakin banyaknya kepraktisan dan kemudahan guna mendukung penampilan, misalnya untuk kaum wanita karena kecantikan merupakan sebuah aset yang haruslah selalu dijaga supaya tetap menarik saat dilihat. Komestik adalah sebuah produk yang mempunyai potensi dalam memenuhi kebutuhan dasar perempuan terkait kecantikan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh inovasi produk, desain, produk, dan kualitas produk terhadap keunggulan bersaing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data adalah survey dan instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Kuesioner berisi pertanyaan sebanyak 20. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 responden. Penelitian ini berkonsentrasi pada konsumen produk kosmetik Emina di Yogyakarta. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini membuktikan bahwa inovasi produk berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keunggulan bersaing, desain produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing., dan kualitas produk pengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing. Hasil dari penelitian ini dapat digunakan oleh Emina untuk dijadikan acuan atau referensi untuk mengembangkan dan memperbaiki produknya serta juga dapat dijadikan referensi guna membantu para peneliti berikutnya.

Keywords

inovasi produk desain produk kualitas produk keunggulan bersaing kosmetik

Article Details

How to Cite
Rosyida, R. H., & Yamit, Z. (2022). Pengaruh Inovasi Produk, Desain Produk, dan Kualitas Produk terhadap Keunggulan Bersaing pada PT Paragon Technology and Innovation di Yogyakarta. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 1(2), 119–130. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/24564

References

  1. Ghozali, I. (2009) Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.
  2. Ghozali, I. (2016) Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.
  3. Ghozali, I. (2018) Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Universitas Diponegoro.
  4. Handoko, T.H. (1999) Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Edisi 7. Yogyakarta: BPFE.
  5. Haryono, T. dan Marniyati, S. (2017) “PENGARUH MARKET ORIENTATION, INOVASI PRODUK, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KINERJA BISNIS DALAM MENCIPTAKAN KEUNGGULAN BERSAING,” Jurnal Bisnis dan Manajemen, 17(2), hal. 51–68. doi:10.20961/jbm.v17i2.17174.
  6. Hunt, S.D. dan Morgan, R.M. (1995) “The Comparative Advantage Theory of Competition,” Journal of Marketing, 59(2), hal. 1–15. doi:10.2307/1252069.
  7. Kotler, P. (2005) Manajemen Pemasaran jilid 1 dan 2. Jakarta: PT Indeks Kelompok Erlangga.
  8. Kotler, P. (2008) Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium diterjemahka Benyamin Molan. Jakarta: PT Prenhallindo.
  9. Kotler, P. dan Armstrong, G. (2013) Prinsip-prinsip Pemasaran. 12 ed. Jakarta: Erlangga.
  10. Kotler, P. dan Keller, K. (2009) Marketing Management. 13th ed. Jakarta: Erlangga.
  11. Muhardi (2007) Strategi Operasi: Untuk Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: Graha Ilmu.
  12. Noviani, L. (2020) “Pengaruh Inovasi Produk, Kreativitas Produk, Dan Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Pada Kerajinan Tikar Eceng Gondok” Liar”,” Jurnal Manajemen dan Bisnis, 2(02), hal. 2076–2086. doi:10.47080/10.47080/vol1no02/jumanis.
  13. Panigrahy, N.P. dan Pradhan, R.K. (2015) “Creativity and innovation: exploring the role of HR practices at workplace,” in Presentation of Paper at National Conference organized by Ravenshaw B-School, hal. 1–17. Tersedia pada: https://www.researchgate.net/publication/305924360_Creativity_and_Innovation_Exploring_the_Role_of_HR_Practices_At_Workplace.
  14. Rinandiyana, L.R., Kurniawati, A. dan Kurniawan, D. (2016) “STRATEGI UNTUK MENCIPTAKAN KEUNGGULAN BERSAING MELALUI PENGEMBANGAN, DESAIN, DAN KUALITAS PRODUK (KASUS PADA INDUSTRI PAKAIAN MUSLIM DI KOTA TASIKMALAYA),” Jurnal Ekonomi Manajemen, 2(2), hal. 105–113.
  15. Tahid, S. dan Nurcahyanie, Y. (2007) Konsep Teknologi dalam pengembangan produk industri Pendekatan kolaboratif pada konsep teknologi dan desain produk industri. Jakarta: Kencana.
  16. Yamit, Z. (2003) Manajemen Produksi dan Operasi. Yogyakarta: FE UII.
  17. Yamit, Z. (2011) Manajemen Produksi dan Operasi. Yogyakarta: Ekonesia.
  18. Yeşil, S., Koska, A. dan Büyükbeşe, T. (2013) “Knowledge Sharing Process, Innovation Capability and Innovation Performance: An Empirical Study,” Procedia - Social and Behavioral Sciences, 75, hal. 217–225.