Main Article Content

Abstract

Seiring dengan pesatnya perkembangan dan penggunaan teknologi dan internet saat ini, banyak aspek dalam kehidupan yang banyak menggunakan teknologi dan internet dalam kesehariannya. Salah satunya pada aspek pemasaran dalam suatu perusahaan atau bidang usaha lainnya, yang mulai banyak menggunakan teknologi dan internet untuk membantu pemasaran produk yang ditawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh dari aktivitas pemasaran media sosial terhadap ekuitas merek dan respon konsumen pada bisnis kuliner selebriti di Indonesia. Penelitian model kuantitatif ini dilakukan dengan menggunakan 266 responden sebagai sampel dengan populasi yang merupakan konsumen dari bisnis kuliner selebriti di Indonesia. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling. Metode structural equation modeling (SEM) dikembangkan untuk menguji hipotesis penelitian yang diolah menggunakan AMOS versi 24. Variabel data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain aktivitas pemasaran media sosial, citra merek, kesadaran merek, electronic word of mouth, dan loyalitas. Dari variabel-variabel tersebut terbentuk enam hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa aktivitas pemasaran media sosial berpengaruh positif terhadap kesadaran merek dan citra merek. Kesadaran merek dan citra merek berpengaruh positif terhadap electronic word of mouth. Kesadaran merek dan citra merek berpengaruh positif terhadap loyalitas.

Keywords

aktivitas pemasaran media sosial citra merek kesadaran merek electronic word of mouth loyalitas

Article Details

How to Cite
Ramadhani, F. D., & Roostika, R. (2022). Pengaruh Aktivitas Pemasaran Media Sosial terhadap Ekuitas Merek dan Respon Konsumen pada Usaha Kuliner Selebriti di Indonesia. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 1(3), 76–87. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/24987

References

Read More

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>