Main Article Content

Abstract

Proses pemasaran mengenai produk atau jasa yang terdapat pada Solo Technopark dilakukan dengan strategi komunikasi pemasaran melalui sosial media Instagram. Hal ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan meningkatkan interaksi dan kesadaran merek dengan konsumen dengan strategi komunikasi pemasaran melalui sosial media Instagram. Penelitian ini digolongkan ke dalam jenis penelitian studi kasus yang menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara melakukan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi dengan tim yang kaji adalah divisi Communication and Media Branding Solo Technopark. Penerapan strategi komunikasi pemasaran melalui sosial media Instagram memberikan wajah baru pada feeds Instagram dan meningkatkan engagement sosial media Instagram, menjalin hubungan dengan audiens, hingga mampu memengaruhi keputusan pembelian melalui media sosial Instagram. Selain itu, elemen bauran pemasaran lainnya seperti personal selling dan publicty membantu proses strategi komunikasi pemasaran.

Keywords

strategi komunikasi pemasaran owned media konten instagram strategi komunikasi pemasaran owned media konten instagram

Article Details

Author Biographies

Ricky Nardiyono, Universitas Islam Indonesia

 

 

Ratna Roostika, Universitas Islam Indonesia

 

 

How to Cite
Nardiyono, R., & Roostika, R. (2023). Penerapan Strategi Komunikasi Pemasaran pada Media Sosial Instagram Solo Technopark. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 2(3), 22–33. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/29315

References

  1. American Marketing Association (2017) Definitions of Marketing, American Marketing Association. Tersedia pada: https://www.ama.org/the-definition-of-marketing-what-is-marketing/ (Diakses: 8 Juli 2023).
  2. Anaqhi, A.W., Putri, R.N.A. dan Zuhri, S. (2021) “Analisis Social Media Marketing Produk Black Eye Coffee (Studi Pada Akun Instagram Black Eye Coffee),” KAGANGA KOMUNIKA: Journal of Communication Science, 3(1), hal. 31–39. Tersedia pada: https://doi.org/10.36761/kagangakomunika.v3i1.1058.
  3. Aprilliyani, E.I., Hafiar, H. dan Budiana, H.R. (2023) “PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @CHOCODOT_CATALOGUE OLEH PT TAMA COKELAT INDONESIA,” Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi, 8(1), hal. 66–79. Tersedia pada: http://jurnalilmukomunikasi.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/2.
  4. Asriani, R.N. et al. (2021) “Pembuatan Video Profil Perum Bulog Kantor Wilayah Sulawesi Tenggara Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle,” Tematik : Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (e-Journal), 8(2), hal. 251–260. Tersedia pada: https://doi.org/10.38204/tematik.v8i2.680.
  5. Banjaŕnahor, A.R. et al. (2021) Manajemen Komunikasi Pemasaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.
  6. Belch, G.E. dan Belch, M.A. (2007) Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communications Perspective. 7 ed. New York: McGraw-Hill.
  7. Chaffey, D. dan Ellis-Chadwick, F. (2016) Digital Marketing: Strategy, Implementation and Practice. 6 ed. Harlow: Pearson Education Limited.
  8. Chrismardani, Y. (2014) “Komunikasi Pemasaran Terpadu: Implementasi untuk UMKM,” NeO-Bis, 8(2), hal. 176–189. Tersedia pada: https://journal.trunojoyo.ac.id/neo-bis/article/view/472.
  9. Clow, K.E. dan Baack, D.E. (2022) Integrated Advertising, Promotion and Marketing Communications, Global Edition. 9 Global. Harlow: Pearson.
  10. Faruqi, M.A., Rahmi, F.N. dan Mutma, F.S. (2022) “Integrated Marketing Communication pada Album ‘Romansa ke Masa Depan,’” Jurnal Manajemen Komunikasi, 6(2), hal. 183–199. Tersedia pada: https://doi.org/10.24198/jmk.v6i2.34236.
  11. Fatihudin, D. dan Firmansyah, A. (2019) Pemasaran Jasa: Strategi, Mengukur Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Yogyakarta: Deepublish.
  12. Febricha, A. dan Pribadi, M.A. (2020) “Proses Interaksi Simbolik Perencanaan Komunikasi Pemasaran (Studi Kasus pada Instagram @Appetonindonesia),” Prologia, 4(2), hal. 272–279. Tersedia pada: https://doi.org/10.24912/pr.v4i2.6503.
  13. Hakim, L.L. dan Keni, K. (2020) “Pengaruh Brand Awareness, Brand Image dan Customer Perceived Value Terhadap Purchase Intention,” Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 4(3), hal. 81–86. Tersedia pada: https://doi.org/10.24912/jmbk.v4i3.7921.
  14. Keke, M.E. (2022) “The use of digital marketing in information transport in social media: the example of Turkish companies,” Transportation Research Procedia, 63, hal. 2579–2588. Tersedia pada: https://doi.org/10.1016/j.trpro.2022.06.297.
  15. Kotler, P. dan Armstrong, G. (2014) Principles of Marketing. 15 ed. Essex: Pearson Education Limited.
  16. Kusniadji, S. (2016) “Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Kegiatan Pemasaran Produk Consumer Goods (Studi Kasus Pada PT Expand Berlian Mulia Di Semarang),” Jurnal Komunikasi, 8(1), hal. 83–98. Tersedia pada: https://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/49.
  17. Luttrell, R. (2015) Social Media: How to Engage, Share, and Connect. London: Rowman & Littlefield.
  18. Muntaha, D.A., Anggomulyo, A.M.L. dan Aras, M. (2022) “Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Kedai Ngopi Dhisik dalam Menciptakan Ketenaran Merek melalui Instagram,” Fair Value : Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 4(8), hal. 3347–3354. Tersedia pada: http://journal.ikopin.ac.id/index.php/fairvalue/article/view/1374.
  19. Nursatyo, N. dan Rosliani, D. (2018) “Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Situs Pembanding Harga Telunjuk.Com,” Expose: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), hal. 46–67. Tersedia pada: https://doi.org/10.33021/exp.v1i2.430.
  20. Oentoro, K. (2019) “Semiotika Desain Iklan Dan Ucapan Hari Raya Oleh McDonald’s Indonesia di Instagram,” in SENADA (Seminar Nasional Desain dan Arsitektur). Denpasar: Institut Desain dan Bisnis Bali, hal. 250–258. Tersedia pada: https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/176.
  21. Pramadyanto, M.R. (2022) “Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Membangun Brand Awareness Brand Fashion Streetwear Urbain Inc.,” Komuniti: Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi, 14(1), hal. 69–92. Tersedia pada: https://doi.org/10.23917/komuniti.v14i1.16841.
  22. Primasasti, A. (2021) Solo Techno Park Semakin Kredibel,Dipercaya Mitra Perusahaan, Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta. Tersedia pada: https://surakarta.go.id/?p=21124 (Diakses: 16 April 2023).
  23. Putera, P.B. (2012) Solo Technopark Menuju Kawasan Inovatif Masa Depan, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Tersedia pada: http://lipi.go.id/lipimedia/solo-technopark-menuju-kawasan-inovatif-masa-depan/6743 (Diakses: 17 April 2023).
  24. Quraniah, S.A. dan Mayasari, I. (2022) “Analisis Penerapan Customer Relationship Management Pada Website dan Media Sosial Instagram (Studi Kasus Pada Shopee, Toko Kopi Tuku, Zalora, dan PT. Tirta Investama (Aqua),” Jurnal Manajemen dan Bisnis Madani, 3(1), hal. 1–19. Tersedia pada: https://doi.org/10.51353/jmbm.v3i1.530.
  25. Rahim, M., Erawan, E. dan Alfando, J. (2018) “Motif Penggunaan Instagram Story (Studi Kasus pada Siswa Siswi Jurusan Multimedia di SMK Negeri 1 Samarinda),” eJournal llmu Komunikasi, 6(3), hal. 263–275. Tersedia pada: http://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/?p=3471.
  26. Al Rahmah, F., Hafiar, H. dan Budiana, H.R. (2022) “Pengelolaan Aktivitas Media Sosial Instagram @cimahikota oleh Pemerintah Kota Cimahi,” Jurnal Komunikasi Nusantara, 4(1), hal. 128–139. Tersedia pada: https://doi.org/10.33366/jkn.v4i1.145.
  27. Rizvanović, B. et al. (2023) “Linking the potentials of extended digital marketing impact and start-up growth: Developing a macro-dynamic framework of start-up growth drivers supported by digital marketing,” Technological Forecasting and Social Change, 186 Part A, hal. 122128. Tersedia pada: https://doi.org/10.1016/j.techfore.2022.122128.
  28. Rosyidi, M.I. et al. (2022) “Pendampingan Pengoptimalan Digital Marketing Produk Anyaman Bambu Warga Desa Rogomulyo Kabupaten Semarang,” Abdimas Universal, 4(1), hal. 145–153. Tersedia pada: https://abdimasuniversal.uniba-bpn.ac.id/index.php/abdimasuniversal/article/view/175.
  29. Rudyatmo, F.H. dan Suharto, B. (2014) Peraturan Walikota Surakarta Nomor 1-C Tahun 2014 Tentang Pola Tata Kelola Badan Layanan Umum Daerah Unit Pelaksana Teknis Solo Technopark pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Surakarta. Indonesia: Peraturan Walikota (PERWALI). Tersedia pada: https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/204499/perwali-kota-surakarta-no-1c-tahun-2014.
  30. Rukajat, A. (2018) Pendekatan Penelitian Kuantitatif (Quantitative Research Approach). Yogyakarta: Deepublish Publisher.
  31. Siagian, A.O., Martiwi, R. dan Indra, N. (2020) “Kemajuan Pemasaran Produk Dalam Memanfaatkan Media Sosial Di Era Digital,” Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(3), hal. 44–51. Tersedia pada: http://dx.doi.org/10.32493/jpkpk.v3i3.4497%0A.
  32. Solocorn (2021) Solocorn #1 - Sekolah Startup 2021 by Solo Techno Park, Youtube. Tersedia pada: https://www.youtube.com/watch?v=mFlITzqRBWY (Diakses: 10 November 2022).
  33. Wahdian dan Setiawati, S.D. (2020) “Customer Relationship Management PT. Samsung Electronics Indonesia di Tengah Pandemi Covid-19 di Indonesia,” Linimasa: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), hal. 55–66. Tersedia pada: https://www.journal.unpas.ac.id/index.php/linimasa/article/view/2778.
  34. Wajdi, F., Mangifera, L. dan Isa, M. (2021) “Strategi Penguatan Inkubator Bisnis Dalam Pengembangan Usaha Kecil Dan Menengah,” Jurnal Manajemen Dayasaing, 22(2), hal. 101–107. Tersedia pada: https://doi.org/10.23917/dayasaing.v22i2.12720.
  35. Wasita, A. (2020) Solo Technopark disiapkan jadi RS pasien COVID-19, ANTARA. Diedit oleh A. Zaenal M. Tersedia pada: https://jateng.antaranews.com/berita/358372/solo-technopark-disiapkan-jadi-rs-pasien-covid-19 (Diakses: 16 April 2023).
  36. Winarti, C. (2021) “Pemanfaatan Sosial Media oleh UMKM Dalam Memasarkan Produk di Masa Pandemi Covid-19,” in Mustaruddin et al. (ed.) Prosiding Seminar Nasional Bisnis Seri ke-4. Pontianak: Universitas Tanjungpura, hal. 195–206. Tersedia pada: https://pascasarjanafe.untan.ac.id/wp-content/uploads/2022/09/19.pdf.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>