Main Article Content

Abstract

Seiring dengan pesatnya perkembangan dan penggunaan teknologi dan internet saat ini, banyak aspek dalam kehidupan yang banyak menggunakan teknologi dan internet dalam kesehariannya. Salah satunya pada aspek pemasaran dalam suatu perusahaan atau bidang usaha lainnya, yang mulai banyak menggunakan teknologi dan internet untuk membantu pemasaran produk yang ditawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh dari aktivitas pemasaran media sosial terhadap ekuitas merek dan respon konsumen pada bisnis kuliner selebriti di Indonesia. Penelitian model kuantitatif ini dilakukan dengan menggunakan 266 responden sebagai sampel dengan populasi yang merupakan konsumen dari bisnis kuliner selebriti di Indonesia. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling. Metode structural equation modeling (SEM) dikembangkan untuk menguji hipotesis penelitian yang diolah menggunakan AMOS versi 24. Variabel data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain aktivitas pemasaran media sosial, citra merek, kesadaran merek, electronic word of mouth, dan loyalitas. Dari variabel-variabel tersebut terbentuk enam hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa aktivitas pemasaran media sosial berpengaruh positif terhadap kesadaran merek dan citra merek. Kesadaran merek dan citra merek berpengaruh positif terhadap electronic word of mouth. Kesadaran merek dan citra merek berpengaruh positif terhadap loyalitas.

Keywords

aktivitas pemasaran media sosial citra merek kesadaran merek electronic word of mouth loyalitas

Article Details

How to Cite
Ramadhani, F. D., & Roostika, R. (2022). Pengaruh Aktivitas Pemasaran Media Sosial terhadap Ekuitas Merek dan Respon Konsumen pada Usaha Kuliner Selebriti di Indonesia. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 1(3), 76–87. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/24987

References

  1. Adhawiyah, Y. R. and Anshori, M. I. (2019) ‘Peran Pemasaran Media Sosial Dalam Menciptakan Keputusan Pembelian Melalui Kesadaran Merek (Studi pada Instagram Clothing Line Bangjo)’, Aplikasi Administrasi: Media Analisa Masalah Administrasi, 22(1), pp. 34-45. doi: 10.30649/aamama.v22i1.113.
  2. Andjarwati, A. L. and Chusniartiningsih, E. (2018) ‘Pengaruh Kesadaran Merek dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Pelanggan Teh Pucuk Harum Wilayah Surabaya Utara)’, Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi, 5(2), pp. 189-202. doi: 10.24252/minds.v5i2.6736.
  3. Ardiansyah, F. and Sarwoko, E. (2020) ‘How social media marketing influences consumers purchase decision? A mediation analysis of brand awareness’, JEMA: Jurnal Ilmiah Bidang Akuntansi dan Manajemen, 17(2), pp. 156-168. doi: 10.31106/jema.v17i2.6916.
  4. Diansyah and Nurmalasari, A. I. (2017) ‘Pengaruh Pemasaran Internet Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kesadaran Merek Sebagai Variabel Intervening’, Journal of Business Studies, 2(1), pp. 84–98.
  5. Ebrahim, R. S. (2019) ‘The Role of Trust in Understanding the Impact of Social Media Marketing on Brand Equity and Brand Loyalty’, Journal of Relationship Marketing, 19(4), pp. 287–308. doi: 10.1080/15332667.2019.1705742.
  6. Godey, B. et al. (2016) ‘Social media marketing efforts of luxury brands: Influence on brand equity and consumer behavior’, Journal of Business Research, 69(12), pp. 5833–5841. doi: 10.1016/j.jbusres.2016.04.181.
  7. Hair, J.F., Jr., et.al. (1998). Multivariate Data Analysis. 5th ed. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall Int’l
  8. Rahayu, D. M. (2021) ‘The Influence of Social Media Marketing Efforts and Brand Equity on Consumer Response’, Jurnal Kajian dan Terapan Media, Bahasa, Komunikasi, 2(3), pp. 163-180.
  9. Seo, E. J. and Park, J. W. (2018) ‘A study on the effects of social media marketing activities on brand equity and customer response in the airline industry’, Journal of Air Transport Management, 66, pp. 36–41. doi: 10.1016/j.jairtraman.2017.09.014.
  10. Wibowo, C. P. and Roostika, R. (2019) ‘Building Positive Word-of-Mouth in the Shopping Tourism’, Review of Integrative Business and Economics Research, 8(4), pp. 372–386. Available at: https://www.proquest.com/scholarly-journals/building-positive-word-mouth-shopping-tourism/docview/2263222174/se-2?accountid=31562.
  11. Wibowo, D. U., Yulianto, E. and Sunarti (2022) ‘Pengaruh Social Media Marketing terhadap Kesadaran Merek, Citra Merek dan Kepuasan Konsumen’, Profit: Jurnal Administrasi Bisnis, 16(1), pp. 130–137. Available at: https://profit.ub.ac.id/index.php/profit/article/view/2605.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>