Main Article Content

Abstract

Kemajuan teknologi telah membawa perkembangan yang signifikan dalam dunia bisnis. Dengan kemajuan teknologi yang cepat dan berkelanjutan, bisnis tradisional telah berubah menjadi bisnis dengan bantuan internet, seperti penggunaan aplikasi belanja online di Indonesia. Dalam penelitian ini akan menguji dan menganalisis pengaruh visibilitas, sikap, nilai konsumsi, dan niat beli konsumen dalam membeli sebuah produk/jasa menggunakan aplikasi belanja online atau e-commerce. Pengujian model dan hipotesis dilakukan dengan sampel 260 responden dengan populasi yang merupakan konsumen yang melakukan kegiatan belanja suatu produk dengan menggunakan aplikasi belanja yang berbasis online (e-commerce). Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan karakteristik sampel diambil dari konsumen yang pernah menggunakan aplikasi belanja online atau e-commerce Tokopedia, Shopee, dan Lazada. Metode structural equation modeling (SEM) dikembangkan untuk menguji hipotesis penelitian yang diolah dengan menggunakan partial least square (PLS) versi 3.0. Variabel data yang digunakan dalam hal ini antara lain visibilitas, sikap, nilai konsumsi, dan niat beli konsumen. Variabel-variabel ini membentuk 3 hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa visibilitas dan sikap berpengaruh positif terhadap nilai konsumsi. Nilai konsumsi berpengaruh positif terhadap niat beli konsumen.

Keywords

visibilitas sikap nilai konsumsi niat beli

Article Details

How to Cite
Dewati, S. M., & Roostika, R. (2022). Persepsi Nilai Konsumen terhadap Aplikasi Pembelian Produk Online di Indonesia (Tokopedia, Shopee, dan Lazada). Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 1(5), 264–276. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/26597

References

Read More

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>