Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pengungkapan corporate social responsibility (CSR) terhadap Return Saham dengan jenis industri sebagai variabel moderasi. Variabel corporate social responsibility sebagai variabel independent diukur dengan menggunakan indeks global reporting initiative (GRI G4) yang terdiri dari lingkungan, energi, tenaga kerja dan kenyamanan bekerja, produk, dan masyarakat yang total keseluruhan ada 59 item kriteria pengungkapan CSR. Sedangkan variabel dependen yang digunakan adalah return saham. Dengan jenis industri dalam penelitian ini sebagai variabel moderasi. ROA dan size dalam penelitian ini sebagai variabel kontrol. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling sebagai teknik pengumpulan data. Total sampel dalam penelitian ini adalah 163 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengungkapan CSR secara signifikan tidak berpengaruh positif terhadap return saham. Selain itu jenis industri secara signifikan tidak mempengaruhi hubungan antara pengungkapan CSR tehadap return saham.

Keywords

CSR return saham jenis industri ROA size

Article Details

How to Cite
Munisak, W., & Arifin, Z. (2023). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Return Saham dengan Jenis Industri sebagai Variabel Moderasi. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 1(6), 240–250. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/27100

References

  1. Anggajaya, R.E. (2018) Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Return Saham: Studi Empiris Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di BEI Tahun 2014-2016. Universitas Kristen Satya Wacana.
  2. Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia dan Presiden Republik Indonesia (2007) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas. Indonesia: Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia ; Presiden Republik Indonesia. Tersedia pada: https://ojk.go.id/Files/box/keuangan-berkelanjutan/UU_PT_No_40_tahun_2007.pdf.
  3. Efendi, M. (2009) PENGARUH PENGUNGKAPAN SOSIAL TERHADAP RETURN SAHAM (Analisis Komparatif Perusahaan High Profile dan Low Profile yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Tersedia pada: https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/11424.
  4. Elkington, J. (1997) Cannibals with Forks: The Triple Bottom Line of 21st Century Business. Oxford: Capstone Publishing Ltd.
  5. Hadi, N. (2011) Corporate Social Responsibility. Yogyakarta: Graha Ilmu.
  6. Hanafi, R. (2018) Ekonomi Lingkungan. Malang: Media Nusa Creative.
  7. Hariyanti, A.I. (2014) “PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Empiris pada Perusahaan Perikanan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia),” JAKA (Jurnal Akuntansi dan Keuangan): Research, Invent, Solve and Share, 1(1), hal. 70–82. Tersedia pada: https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jak/article/view/245.
  8. Ikrima, A.S. dan Asrori (2020) “The Effects of Corporate Social Responsibility Disclosuretostock Return With Return on Asset As Moderating Variable Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Return Saham Dengan Return on Asset Sebagai Variabel Moderating,” Gorontalo Accounting Journal, 3(1), hal. 1–15. Tersedia pada: https://jurnal.unigo.ac.id/index.php/gaj/article/view/832.
  9. Kuntari, Y. dan Sulistyani, A. (2007) “Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial dalam Laporan Tahunan Perusahaan Indeks Letter Quality (LQ 45) Tahun 2005,” Jurnal Ilmiah ASET, 9(2), hal. 494–515.
  10. Mathews, M.R. (1995) “Social and environmental accounting: A practical demonstration of ethical concern?,” Journal of Business Ethics, 14(8), hal. 663–671. Tersedia pada: https://doi.org/10.1007/BF00871347.
  11. Nitasari, N.F.J. (2016) “Pengaruh Pengungkapan CSR Terhadap Return Saham Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating,” Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 5(9), hal. 1–15. Tersedia pada: http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jira/article/view/2257.
  12. Said, A.L. (2018) Corporate Social Responsibility dalam Perspektif Governance. 1 ed. Yogyakarta: Deepublish.
  13. Sugiyanto, E.K. (2011) “Peningkatan Return Saham dan Kinerja Keuangan melalui Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance,” Jurnal Ilmiah ASET, 13(1), hal. 47–56. Tersedia pada: http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=200263&val=6617&title=Peningkatan Return Saham dan Kinerja Keuangan melalui Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance.
  14. Wigrhayani, N.N.S.W. (2019) “Pengaruh Tipe Industri, Growth, Profitabilitas, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility,” Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 8(8), hal. 21. Tersedia pada: http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jira/article/view/2439.

Most read articles by the same author(s)