Main Article Content

Abstract

Pandemi Covid-19 memberikan efek yang sangat besar pada penurunan perekonomian masyarakat di Indonesia. Covid-19 telah merubah tatanan kehidupan masyarakat termasuk para pelaku bisnis salah satunya pada jasa perhotelan. Hotel Aston Gili Trawangan merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa perhotelan dan salah satu hotel yang terkena dampak oleh pandemi Covid-19. Aston Gili Trawangan telah menyiapkan beberapa strategi pemasaran sebagai respon dari adanya pandemi serta usaha untuk dikenal luas dan menarik minat pengunjung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan oleh Hotel Aston Gili Trawangan dalam meningkatkan minat pengunjung di masa pandemi Covid-19. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling dengan total 5 orang yang terdiri dari karyawan HRD, Sales and Marketing, serta pengunjung hotel. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan observasi. Analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor matriks IFAS dan EFAS berturut-turut 3,2 dan 3,06 dengan hasil diagram cartesius hotel Aston berada pada posisi kuadran I, artinya hotel Aston memiliki beberapa peluang dan kekuatan yang memicu peluang-peluang tersebut. Dari empat strategi (SWOT) yang digunakan untuk merumuskan strategi saat ini, manajemen hotel Aston telah membangun jejaring sosial yang kuat melalui media sosial, menyediakan saluran pemesanan online, menawarkan berbagai promosi menarik, serta  strategi yang jelas untuk mendorong promosi dan kolaborasi digital dengan influencer.

Keywords

analisis SWOT COVID-19 strategi pemasaran

Article Details

How to Cite
Subandi, R., & Albari. (2023). Analisis Strategi Pemasaran pada Hotel Aston Gili Trawangan dalam Situasi Pandemi COVID-19 . Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 2(2), 20–30. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/28148

References

  1. Assauri, S. (2017) Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
  2. Astuti, A.M.I. dan Ratnawati, S. (2020) “Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus di Kantor Pos Kota Magelang 56100),” Jurnal Ilmu Manajemen, 17(2), hal. 58–70. Tersedia pada: https://doi.org/10.21831/jim.v17i2.34175.
  3. Atmoko, T.P.H. (2018) “Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan di Cavinton Hotel Yogyakarta,” Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, 1(2). Tersedia pada: https://doi.org/10.17509/jithor.v1i2.13769.
  4. Herdiansyah, H. (2019) Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial: Perspektif Konvensional dan Kontemporer. Jakarta: Salemba Humanika.
  5. Hurriyati, R. (2015) Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.
  6. Hutama, C.L. dan Hartono, S. (2014) “Analisa Pengaruh Dining Experience terhadap Behavioral Intention dengan Customer Satisfaction sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus: Domicile Kitcher and Lounge),” Jurnal Strategi Pemasaran, 2(1), hal. 1–8. Tersedia pada: https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-pemasaran/article/view/2027.
  7. Karnelis (2017) “Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Kosumen Menggunakan Jasa Hotel Kartika Langsa,” Jurnal Manajemen dan Keuangan, 6(1), hal. 719–728. Tersedia pada: https://ejurnalunsam.id/index.php/jmk/article/view/219.
  8. Kotler, P. dan Amstrong, G. (2008) Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 1. 12 ed. Jakarta: Erlangga.
  9. Kotler, P. dan Keller, K.L. (2016) Marketing Management. London: Pearson Education.
  10. Musyari, N.A. dan Putri, Y.R. (2021) “Strategi Komunikasi Pemasaran Hotel Dalam Masa Pandemi COVID-19 (Studi Kasus Pada Hotel Bumi Wiyata Depok),” e-Proceeding of Management, 8(2), hal. 2034–2044. Tersedia pada: https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/viewFile/14869/14646.
  11. Prakoso, J.R. (2021) Ini Upaya Sandiaga Untuk Bangkitkan Wisata Gili Trawangan yang Mati Suri, detiktravel. Tersedia pada: https://travel.detik.com/travel-news/d-5561377/ini-upaya-sandiaga-untuk-bangkitkan-wisata-gili-trawangan-yang-mati-suri (Diakses: 14 April 2023).
  12. Sugihamretha, I.D.G. (2020) “Respon Kebijakan: Mitigasi Dampak Wabah Covid-19 Pada Sektor Pariwisata,” Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning, 4(2), hal. 191–206. Tersedia pada: https://doi.org/10.36574/jpp.v4i2.113.
  13. Sugiyono (2016) Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta Bandung.
  14. Sulastiyono, A. (1999) Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Bandung: Alfabeta.
  15. Swashta DH, B. dan Irawan (2008) Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.
  16. Syaifudin, R., Desmawan, D. dan Setyadi, S. (2021) “Strategi Hotel Branding Akibat Pandemi Covid-19 Studi Kasus Pada Hotel Bintang Empat dan Lima di Provinsi Banten,” Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 1(1), hal. 243–257. Tersedia pada: https://doi.org/10.46306/vls.v1i1.20.
  17. WISATADILOMBOK.com (2022) Pulau Lombok Raih Predikat Tujuan Wisata Halal Terbaik di Dunia, LOMBOK CLICK HOLIDAY. Tersedia pada: https://www.wisatadilombok.com/2015/10/pulau-lombok-raih-predikat-tujuan.html (Diakses: 14 April 2023).

Most read articles by the same author(s)