Main Article Content

Abstract

Pandemi Covid-19 memberikan efek yang sangat besar pada penurunan perekonomian masyarakat di Indonesia. Covid-19 telah merubah tatanan kehidupan masyarakat termasuk para pelaku bisnis salah satunya pada jasa perhotelan. Hotel Aston Gili Trawangan merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa perhotelan dan salah satu hotel yang terkena dampak oleh pandemi Covid-19. Aston Gili Trawangan telah menyiapkan beberapa strategi pemasaran sebagai respon dari adanya pandemi serta usaha untuk dikenal luas dan menarik minat pengunjung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan oleh Hotel Aston Gili Trawangan dalam meningkatkan minat pengunjung di masa pandemi Covid-19. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling dengan total 5 orang yang terdiri dari karyawan HRD, Sales and Marketing, serta pengunjung hotel. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan observasi. Analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor matriks IFAS dan EFAS berturut-turut 3,2 dan 3,06 dengan hasil diagram cartesius hotel Aston berada pada posisi kuadran I, artinya hotel Aston memiliki beberapa peluang dan kekuatan yang memicu peluang-peluang tersebut. Dari empat strategi (SWOT) yang digunakan untuk merumuskan strategi saat ini, manajemen hotel Aston telah membangun jejaring sosial yang kuat melalui media sosial, menyediakan saluran pemesanan online, menawarkan berbagai promosi menarik, serta  strategi yang jelas untuk mendorong promosi dan kolaborasi digital dengan influencer.

Keywords

analisis SWOT COVID-19 strategi pemasaran

Article Details

How to Cite
Subandi, R., & Albari. (2023). Analisis Strategi Pemasaran pada Hotel Aston Gili Trawangan dalam Situasi Pandemi COVID-19 . Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 2(2), 20–30. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/28148

References

Read More

Most read articles by the same author(s)