Main Article Content

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi membuat roda perekonomian tumbuh dengan pesat. Ditambah dengan kebutuhan masyarakat yang semakin hari semakin meningkat termasuk air minum yang merupakan kebutuhan primer, sehingga muncul inovasi air minum dalam kemasan (AMDK) dengan berbagai merek untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Merek-merek tersebut saling berkompetisi untuk mendapatkan posisi di benak para konsumen. Maka dari itu, para pelaku bisnis harus mampu menumbuhkan kepercayaan konsumen salah satunya dengan cara melaksanakan program CSR secara nyata agar persepsi masyarakat terhadap suatu merek akan baik dan berpengaruh terhadap perilaku konsumen atas minat beli suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya pengaruh program CSR, kepercayaan dan persepsi konsumen terhadap perilaku konsumen AQUA. Populasi yang digunakan merupakan orang yang pernah melakukan pembelian dan mengonsumsi produk AMDK merek AQUA. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer sebanyak 166 responden dengan teknik pengambilan sampel berupa convience sampling sedangkan alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah SEM dan diolah menggunakan aplikasi AMOS versi 22.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa keenam hipotesis signifikan. CSR, kepercayaan dan persepsi konsumen berpengaruh positif terhadap perilaku konsumen.

Keywords

CSR kepercayaan konsumen persepsi konsumen perilaku konsumen

Article Details

How to Cite
Adila, A. N., & Albari. (2022). Pengaruh Program CSR, Kepercayaan Konsumen, dan Persepsi Konsumen terhadap Perilaku Konsumen AQUA. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 1(2), 261–275. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/24058

References

  1. Agustin, J. (2014) Pengaruh Karakteristik Website terhadap Kepuasan dan Dampaknya Pada Kepercayaan Konsumen. Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Available at: https://e-journal.uajy.ac.id/6721/.
  2. Aji, J. M. M. and Widodo, A. (2010) “Perilaku Konsumen pada Pembelian Beras Bermerk di Kabupaten Jember dan Faktor yang Mempengaruhinya,” Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 4(3), pp. 12–14. Available at: https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JSEP/article/view/393.
  3. Aini, A.K. (2016) ‘Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) Pada Perusahaan yang Terdaftar di Indeks LQ45 Bursa Efek Indonesia (BEI)’, KINERJA, 12(1), pp. 1-11. Available at: https://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/KINERJA/article/view/16.
  4. Albari, A. (2002) ‘Mengenal Perilaku Konsumen Melalui Penelitian Motivasi’, Jurnal Siasat Bisnis, 1(7), pp. 65-79. Available at: https://journal.uii.ac.id/JSB/article/view/1027.
  5. Artaya, I.P., Kamisutara, M. and Baktiono, R.A. (2018) ‘Pengaruh Citra Produk Berdasarkan Analisis Persepsi Konsumen pada Kelompok Usaha Aneka Pangan Kota Sidoarjo’, Jurnal Ilmiah Tata Sejuta STIA Mataram, 4(1), pp. 39–50. Available at: https://doi.org/10.32666/tatasejuta.v4i1.28.
  6. Astuti, E.P., Masyhuri, M. and Mulyo, J.H. (2019) ‘Analisis Sikap Konsumen Pasar Swalayan terhadap Sayuran Organik’, Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 3(1), pp. 183–194. Available at: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2019.003.01.18.
  7. Dang, V.T., Nguyen, N. and Pervan, S. (2020) ‘Retailer corporate social responsibility and consumer citizenship behavior: The mediating roles of perceived consumer effectiveness and consumer trust’, Journal of Retailing and Consumer Services, 55, p. 102082. Available at: https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2020.102082.
  8. Ghozali, I. (2017) Model Persamaan Struktural Konsep dan Aplikasi dengan Program AMOS Update Bayesian SEM. 7th edn. Semarang: Universitas Diponegoro.
  9. Hamidah, S. and Anita, D. (2013) ‘Analisis persepsi citra merek, desain, fitur dan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian produk handphone samsung berbasis android (studi kasus STIE Pelita Indonesia)’, Jurnal Ekonomi, 21(4), pp.1-20. Available at: https://je.ejournal.unri.ac.id/index.php/JE/article/view/2043.
  10. Handoko, T.H. and Swasta, B. (2008) Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.
  11. Islam, P.D., Rachma, N. and Slamet, A.R. (2021) ‘Pengaruh Harga, Kepercayaan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen E-Commerce Melalui Bukalapak (Studi Kasus Pada Mahasiswa Feb Universitas Islam Malang Angkatan 2016)’, Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 10(1), pp. 124-138. Available at: http://riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/9645.
  12. Kinasih, B.S. and Albari, A. (2012) ‘Pengaruh persepsi keamanan dan privasi terhadap kepuasan dan kepercayaan konsumen online’, Jurnal Siasat Bisnis, 16(1), pp. 25-38. Available at: https://journal.uii.ac.id/JSB/article/view/3912.
  13. Lisma, N. and Haryono, A. (2016) ‘Analisis perilaku konsumsi mahasiswa ditinjau dari motif bertransaksi (Studi kasus pada mahasiswi S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan tahun 2012)’, Jurnal Pendidikan Ekonomi (Economic Education Journal), 9(1), pp. 41-50. Available at: http://journal.um.ac.id/index.php/jpe/article/view/7181.
  14. Prashella, D.A. et al. (2021) ‘Corporate Social Responsibility terhadap Customer Loyalty yang Dimediasi oleh Electronic Service Quality, Trust dan Customer Satisfaction pada Industri Perbankan Indonesia’, Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan, 10(2), pp. 191-211. Available at: https://doi.org/10.26418/jebik.v10i2.44779.
  15. Septiani, K.A., Prabawani, B. and Widayanto, W. (2016) ‘Aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR) dan publisitas media: Dampaknya terhadap citra perusahaan dan minat beli (Studi Kasus: konsumen Aqua kelas menengah ke atas di Kota Semarang)’, Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(1), pp. 58–69. Available at: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/10293.
  16. Setiantono, E., Merawati, E.E. and Salim, F. (2020) ‘Pengaruh Strategi Implementasi Corporate Social Responsibility terhadap Trust Masyarakat, dan Komitmen Perusahaan Serta Dampaknya pada Kinerja Perusahaan (Study Kasus: Perusahaan Swasta Nasional PT Triputra Agro Persada Group)’, Jurnal Ilmiah Ekbank, 3(1), pp. 1-16.
  17. Setiawan, H. (2016) ‘Pengaruh Kualitas Layanan, Persepsi Nilai dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pengguna Layanan Mobile Banking’, Jurnal Keuangan dan Perbankan, 20(3), pp. 518-528. Available at: https://doi.org/10.26905/jkdp.v20i3.269.
  18. Sidharta, I. and Suzanto, B. (2015) ‘Pengaruh kepuasan transaksi online shopping dan kepercayaan konsumen terhadap sikap serta perilaku konsumen pada e-commerce’, Jurnal Computech & Bisnis, 9(1), pp. 23–36. Available at: http://jurnal.stmik-mi.ac.id/index.php/jcb/article/view/124.
  19. Widjaja, A. (2014) ‘Analisa Persepsi Konsumen Tentang Atribut Produk AMDK’, Jurnal Strategi Pemasaran, 2(1), pp. 1–8. Available at: https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-pemasaran/article/view/1384.
  20. Zaidi, S.D.A. et al. (2014) ‘Antecedents of online shopping intention: A study held in Pakistan’, Journal of Sociological Research, 5(1), pp. 231–247.

Most read articles by the same author(s)