Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permasalahan dan proses pengambilan keputusan yang akuntabel di lembaga pemerintah tersebut. Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Batam (BPKPB) menghadapi tantangan seperti campur tangan fungsi regulator dengan fungsi operator dan unit layanan, serta kurangnya mekanisme tata kelola yang komprehensif bagi karyawan. Badan Pengusahaan Batam adalah lembaga pemerintah pusat dengan kewenangan di bidang pertanahan, pengembangan infrastruktur, dan pelayanan investasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus untuk menjawab permasalahan yang muncul. Penulis berharap untuk mendapatkan pemahaman lebih dalam tentang penerapan kemitraan dalam dunia kerja, terutama di Sektor Unit Pelayanan Badan Pengusahaan Batam. Penulis merekomendasikan penerapan good corporate governance (GCG) sebagai landasan tata kelola perusahaan yang baik, terutama dalam hal Sumber Daya Manusia (SDM), guna menghindari penyimpangan dan meningkatkan kesehatan lembaga pemerintah. Berdasarkan pengalaman magang, penulis memberikan rekomendasi kebijakan terkait pencapaian kinerja, sistem informasi manajemen, dan budaya organisasi di Badan Pengusahaan Batam.

Keywords

good governance sistem penilaian karyawan balanced scorecard

Article Details

Author Biographies

Raihan Pratama, Universitas Islam Indonesia

 

 

Fereshti Nurdiana Dihan, Universitas Islam Indonesia

 

 

How to Cite
Pratama, R. ., & Dihan, F. N. (2023). Pencapaian Kinerja dan Terjaminnya Good Governance pada Badan Pengusahaan Batam. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 2(3), 47–62. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/29476

References

Read More

Most read articles by the same author(s)