Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh corporate social responsibility terhadap kinerja keuangan (ROA dan ROE) dan reputasi perusahaan pada perusahaan manufaktur di Indonesia tahun 2019-2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan sampel yang berjumlah 30 perusahaan Indonesia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan data berdasarkan laporan keuangan dan laporan keberlanjutan yang diperoleh dari website resmi dari masing-masing perusahaan. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan model regresi data panel dengan bantuan software EViews 13. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh CSR terhadap ROA dan ROE tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Sedangkan pengaruh CSR terhadap reputasi perusahaan memiliki pengaruh yang signifikan.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2024 Nice Mega Pertiwi, Abdul Moin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Ardianto, E. (2018) Handbook of Public Relation: Pengantar Komprehensif. Diedit oleh N.S. Nurbaya. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Fahmi, I. (2011) Analisis Kinerja Keuangan: Panduan Bagi Akademisi, Manajer dan Investor untuk Menilai dan Menganalisis Bisnis dari Aspek Keuangan. Bandung: Alfabeta.
- Fatah, K.A. dan Haryanto, M. (2016) “PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN: STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI DASAR DAN KIMIA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA,” Jurnal Ekonomis, 10(2), hal. 1–20. Tersedia pada: https://jurnal.unai.edu/index.php/jeko/article/view/432.
- Ghozali, I. dan Chariri, A. (2022) Teori Akuntansi. 3 ed. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
- Harni, D. dan Azis, E. (2018) “Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Citra Perusahaan PT. Bank DanamonIndonesia Tbk,” Jurnal Wacana Ekonomi, 17(3), hal. 150–158. Tersedia pada: https://journal.uniga.ac.id/index.php/JA/article/view/374.
- Heryanto, R. dan Juliarto, A. (2017) “PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2015),” Diponegoro Journal of Accounting, 6(4), hal. 540–547. Tersedia pada: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/accounting/article/view/19102.
- Mardikanto, T. (2014) CSR Corporate Social Responsibility (Tanggungjawab Sosial Korporasi). Bandung: Alfabeta.
- Maulana, M.S. et al. (2024) “Perkembangan Sektor Industri Manufaktur Terhadap Globalisasi,” MENAWAN: Jurnal Riset Dan Publikasi Ilmu Ekonomi, 2(1), hal. 101–112. Tersedia pada: https://journal.areai.or.id/index.php/MENAWAN/article/download/141/159/502.
- Nugroho, A.W. (2019) “KOMUNIKASI CSR PERUSAHAAN-PERUSAHAAN DI INDONESIA TAHUN 2017,” Jurnal SCRIPTURA, 9(2), hal. 51–58. Tersedia pada: https://scriptura.petra.ac.id/index.php/iko/article/view/22278/20042.
- Prasetio, A. (2022) “PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP CITRA PERUSAHAAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN PT. ASIA MENARA PERKASA, LAMPUNG),” SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, dan Pendidikan, 1(5), hal. 689–696. Tersedia pada: https://www.publish.ojs-indonesia.com/index.php/SIBATIK/article/view/80.
- Pratiwi, A., Nurulrahmatia, N. dan Muniarty, P. (2020) “Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar di BEI,” Owner: Riset Dan Jurnal Akuntansi, 4(1), hal. 95–103. Tersedia pada: https://doi.org/10.33395/owner.v4i1.201.
- Pratiwi, M.E., Sari, M.K. dan Ramayani, C. (2014) “Pengaruh Pelaksanaan Program Corporate Social Responsibility (CSR) dan Kualitas Produk Terhadap Corporate Image PT. Semen Padang (Studi Kasus Masyarakat di Kec. Lubuk Kilangan Padang),” Pendidikan Ekonomi, 1(1), hal. 29819. Tersedia pada: https://media.neliti.com/media/publications/29819-ID-pengaruh-pelaksanaan-program-corporate-social-responsibility-csr-dan-kualitas-pr.pdf.
- Retnaningsih, H. (2015) “Permasalahan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat,” Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 6(2), hal. 177–188. Tersedia pada: https://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/512.
- Rosdwianti, M.K., AR, M.D. dan Z.A, Z. (2016) “PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN (Studi Pada Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2014),” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 38(2), hal. 16–22. Tersedia pada: https://www.neliti.com/publications/87326/pengaruh-corporate-social-responsibility-csr-terhadap-profitabilitas-perusahaan.
- Solihin, I. (2009) Corporate Social Responsibility: From Charity to Sustainability. Jakarta: Salemba Empat.
- Suseno, A. (2021) “PERAN HUMAS DALAM PELAKSANAAN PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT PACIFIC PAINT DI KAMPUNG BEKELIR KOTA TANGERANG,” Dialektika Komunika : Jurnal Kajian Komunikasi dan Pembangunan Daerah, 9(1), hal. 28–41. Tersedia pada: https://ejournal.unis.ac.id/index.php/DK/article/view/1395/1148.
- Ulum, B., Arifin, Z. dan Fanani, D. (2014) “Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Citra (Survei Pada Warga Sekitar PT. Sasa Inti Gending-probolinggo),” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 8(1), hal. 1–8. Tersedia pada: https://www.neliti.com/publications/79792/pengaruh-corporate-social-responsibility-terhadap-citra-survei-pada-warga-sekita.
- Wibisono, Y. (2007) Membedah Konsep & Aplikasi CSR: Corporate Social Responsibility. Gresik: Fascho Publishing.
- Wicaksono, D.P. (2021) “PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KINERJA KEUANGAN YANG DIMEDIASI OLEH REPUTASI PERUSAHAAN,” Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 9(2). Tersedia pada: https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/7144.
- Winarno, S.H. (2017) “Penilaian Kinerja Keuangan Perusahaan Melalui Analisis Profitabilitas,” Moneter: Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 4(2), hal. 106–112. Tersedia pada: https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/moneter/article/view/2237.
References
Ardianto, E. (2018) Handbook of Public Relation: Pengantar Komprehensif. Diedit oleh N.S. Nurbaya. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Fahmi, I. (2011) Analisis Kinerja Keuangan: Panduan Bagi Akademisi, Manajer dan Investor untuk Menilai dan Menganalisis Bisnis dari Aspek Keuangan. Bandung: Alfabeta.
Fatah, K.A. dan Haryanto, M. (2016) “PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN: STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI DASAR DAN KIMIA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA,” Jurnal Ekonomis, 10(2), hal. 1–20. Tersedia pada: https://jurnal.unai.edu/index.php/jeko/article/view/432.
Ghozali, I. dan Chariri, A. (2022) Teori Akuntansi. 3 ed. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Harni, D. dan Azis, E. (2018) “Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Citra Perusahaan PT. Bank DanamonIndonesia Tbk,” Jurnal Wacana Ekonomi, 17(3), hal. 150–158. Tersedia pada: https://journal.uniga.ac.id/index.php/JA/article/view/374.
Heryanto, R. dan Juliarto, A. (2017) “PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2015),” Diponegoro Journal of Accounting, 6(4), hal. 540–547. Tersedia pada: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/accounting/article/view/19102.
Mardikanto, T. (2014) CSR Corporate Social Responsibility (Tanggungjawab Sosial Korporasi). Bandung: Alfabeta.
Maulana, M.S. et al. (2024) “Perkembangan Sektor Industri Manufaktur Terhadap Globalisasi,” MENAWAN: Jurnal Riset Dan Publikasi Ilmu Ekonomi, 2(1), hal. 101–112. Tersedia pada: https://journal.areai.or.id/index.php/MENAWAN/article/download/141/159/502.
Nugroho, A.W. (2019) “KOMUNIKASI CSR PERUSAHAAN-PERUSAHAAN DI INDONESIA TAHUN 2017,” Jurnal SCRIPTURA, 9(2), hal. 51–58. Tersedia pada: https://scriptura.petra.ac.id/index.php/iko/article/view/22278/20042.
Prasetio, A. (2022) “PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP CITRA PERUSAHAAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN PT. ASIA MENARA PERKASA, LAMPUNG),” SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, dan Pendidikan, 1(5), hal. 689–696. Tersedia pada: https://www.publish.ojs-indonesia.com/index.php/SIBATIK/article/view/80.
Pratiwi, A., Nurulrahmatia, N. dan Muniarty, P. (2020) “Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar di BEI,” Owner: Riset Dan Jurnal Akuntansi, 4(1), hal. 95–103. Tersedia pada: https://doi.org/10.33395/owner.v4i1.201.
Pratiwi, M.E., Sari, M.K. dan Ramayani, C. (2014) “Pengaruh Pelaksanaan Program Corporate Social Responsibility (CSR) dan Kualitas Produk Terhadap Corporate Image PT. Semen Padang (Studi Kasus Masyarakat di Kec. Lubuk Kilangan Padang),” Pendidikan Ekonomi, 1(1), hal. 29819. Tersedia pada: https://media.neliti.com/media/publications/29819-ID-pengaruh-pelaksanaan-program-corporate-social-responsibility-csr-dan-kualitas-pr.pdf.
Retnaningsih, H. (2015) “Permasalahan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat,” Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 6(2), hal. 177–188. Tersedia pada: https://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/512.
Rosdwianti, M.K., AR, M.D. dan Z.A, Z. (2016) “PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN (Studi Pada Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2014),” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 38(2), hal. 16–22. Tersedia pada: https://www.neliti.com/publications/87326/pengaruh-corporate-social-responsibility-csr-terhadap-profitabilitas-perusahaan.
Solihin, I. (2009) Corporate Social Responsibility: From Charity to Sustainability. Jakarta: Salemba Empat.
Suseno, A. (2021) “PERAN HUMAS DALAM PELAKSANAAN PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT PACIFIC PAINT DI KAMPUNG BEKELIR KOTA TANGERANG,” Dialektika Komunika : Jurnal Kajian Komunikasi dan Pembangunan Daerah, 9(1), hal. 28–41. Tersedia pada: https://ejournal.unis.ac.id/index.php/DK/article/view/1395/1148.
Ulum, B., Arifin, Z. dan Fanani, D. (2014) “Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Citra (Survei Pada Warga Sekitar PT. Sasa Inti Gending-probolinggo),” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 8(1), hal. 1–8. Tersedia pada: https://www.neliti.com/publications/79792/pengaruh-corporate-social-responsibility-terhadap-citra-survei-pada-warga-sekita.
Wibisono, Y. (2007) Membedah Konsep & Aplikasi CSR: Corporate Social Responsibility. Gresik: Fascho Publishing.
Wicaksono, D.P. (2021) “PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KINERJA KEUANGAN YANG DIMEDIASI OLEH REPUTASI PERUSAHAAN,” Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 9(2). Tersedia pada: https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/7144.
Winarno, S.H. (2017) “Penilaian Kinerja Keuangan Perusahaan Melalui Analisis Profitabilitas,” Moneter: Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 4(2), hal. 106–112. Tersedia pada: https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/moneter/article/view/2237.