Main Article Content
Abstract
Indonesia menghadapi bonus demografi dengan potensi besar, namun pemanfaatannya dalam sektor produk lokal masih terbatas, terutama di kalangan generasi milenial dan Z yang cenderung memilih produk luar negeri. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh inovasi produk, desain produk, dan kualitas produk terhadap keunggulan bersaing sepatu lokal Ventela di kalangan generasi milenial dan Z di Daerah Istimewa Yogyakarta. Menggunakan metode kuantitatif dengan sampel berjumlah 100 orang yang dipilih melalui probability sampling dengan kriteria responden merupakan generasi milenial dan Z yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Pengolahan data dilakukan menggunakan metode uji validitas dan reliabilitas, analisis deskriptif, pengujian asumsi klasik, dan uji hipotesis dengan bantuan IBM SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi produk mempengaruhi secara signifikan terhadap keunggulan bersaing, desain produk mempengaruhi secara signifikan terhadap keunggulan bersaing, lalu kualitas produk mempengaruhi secara signifikan terhadap keunggulan bersaing.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2024 Muhammad Ilham Fachrurrozi, Dessy Isfianadewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Almira, A. dan Sutanto, J. (2018) “PENGARUH INOVASI PRODUK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAISON NOB,” Jurnal Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-up Bisnis, 3(2), hal. 250–259. Tersedia pada: https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/view/687.
- Dahliani, Y. dan Ahwal, R.H. (2021) “KAJIAN PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, LOKASI, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA GIESELIN FOOD SUKSER MAKMUR DI JEMBER,” Jurnal Inovasi Penelitian, 2(1), hal. 181–190. Tersedia pada: https://ejournal.stpmataram.ac.id/JIP/article/view/618.
- Diharto, A.K. (2022) Manajemen Inovasi dan Kreativitas. Yogyakarta: CV Gerbang Media Aksara.
- Enrico et al. (2021) “PERILAKU PEMBELIAN MEREK FAST FASHION PADA GENERASI MILENIAL DI INDONESIA,” Jurnal Aplikasi Manajemen dan Bisnis, 7(3), hal. 778–786. Tersedia pada: http://www.karyailmiah.trisakti.ac.id/uploads/kilmiah/dosen/4._JAMB_28_September_2021_.pdf.
- Ghozali, I. (2018) Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. 9th ed. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
- Hanna, F.O. dan Chasanah, A.N. (2024) “PENGARUH COUNTRY OF ORIGIN DAN PERCEIVED QUALITY TERHADAP MINAT BELI PRODUK POLYTRON DI MATARAM,” GANEC SWARA, 18(2), hal. 768–781. Tersedia pada: https://www.journal.unmasmataram.ac.id/index.php/GARA/article/view/858.
- Irvanto, O. dan Sujana, S. (2020) “Pengaruh Desain Produk, Pengetahuan Produk, Dan Kesadaran Merek Terhadap Minat Beli Produk Eiger (Survey Persepsi Komunitas Pecinta Alam di Kota Bogor),” Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(2), hal. 105–126. Tersedia pada: https://jurnal.ibik.ac.id/index.php/jimkes/article/view/331.
- Kotler, P. dan Armstrong, G. (2014) Principles of Marketing. 15 ed. Essex: Pearson Education Limited.
- Kotler, P. dan Keller, K.L. (2011) Manajemen Pemasaran. 12 ed. Jakarta: PT. Macanan Jaya Cemerlang.
- Kotler, P. dan Keller, K.L. (2012) Marketing Management. 14 ed. Pearson: Prentice Hall.
- Kotler, P. dan Keller, K.L. (2016) Marketing Management. 15th ed. Upper Saddle River, NJ: Pearson (Always learning).
- Nugroho, R.A. (2024) Kelas Menengah RI Ogah Jajan Demi Bisa Bertahan, CNBC Indonesia. Tersedia pada: https://www.cnbcindonesia.com/news/20240808080838-4-561279/kelas-menengah-ri-ogah-jajan-demi-bisa-bertahan (Diakses: 1 Agustus 2024).
- Porter, M.E. (1985) Competitive Advantage: Creating and Sustaining Superior Performance. New York: The Free Press.
- Porter, M.E. (1998) Competitive Strategy: Techniques for Analyzing Industries and Competitors. New York: The Free Press.
- Ramadhan, M.F. dan Purnama, N. (2024) “Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk dan Desain Produk terhadap Keunggulan Bersaing Produk Parfum Merek Lokal HMNS: Studi Kasus pada Generasi Z di Kota Bogor,” Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 2(6), hal. 154–166. Tersedia pada: https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/34660.
- Rinandiyana, L.R., Kurniawati, A. dan Kurniawan, D. (2016) “STRATEGI UNTUK MENCIPTAKAN KEUNGGULAN BERSAING MELALUI PENGEMBANGAN, DESAIN, DAN KUALITAS PRODUK (KASUS PADA INDUSTRI PAKAIAN MUSLIM DI KOTA TASIKMALAYA),” Jurnal Ekonomi Manajemen, 2(2), hal. 105–113. Tersedia pada: https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jem/article/view/319.
- Sari, D.S. (2022) “Analisis Inovasi Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Kerajinan Rotan Di Kota Medan,” ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, 3(2), hal. 242–246. Tersedia pada: https://djournals.com/arbitrase/article/view/501.
- Sugiyono (2019) Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, dan Penelitian Pendidikan). 3 ed. Bandung: Alfabeta.
- Tjiptono, F. dan Diana, A. (2003) Total Quality Management. Revisi. Yogyakarta: Andi Offset.
- Ventela (2024) ABOUT, Ventela®. Tersedia pada: https://www.ventela.com/ (Diakses: 1 Agustus 2024).
References
Almira, A. dan Sutanto, J. (2018) “PENGARUH INOVASI PRODUK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAISON NOB,” Jurnal Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-up Bisnis, 3(2), hal. 250–259. Tersedia pada: https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/view/687.
Dahliani, Y. dan Ahwal, R.H. (2021) “KAJIAN PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, LOKASI, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA GIESELIN FOOD SUKSER MAKMUR DI JEMBER,” Jurnal Inovasi Penelitian, 2(1), hal. 181–190. Tersedia pada: https://ejournal.stpmataram.ac.id/JIP/article/view/618.
Diharto, A.K. (2022) Manajemen Inovasi dan Kreativitas. Yogyakarta: CV Gerbang Media Aksara.
Enrico et al. (2021) “PERILAKU PEMBELIAN MEREK FAST FASHION PADA GENERASI MILENIAL DI INDONESIA,” Jurnal Aplikasi Manajemen dan Bisnis, 7(3), hal. 778–786. Tersedia pada: http://www.karyailmiah.trisakti.ac.id/uploads/kilmiah/dosen/4._JAMB_28_September_2021_.pdf.
Ghozali, I. (2018) Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. 9th ed. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hanna, F.O. dan Chasanah, A.N. (2024) “PENGARUH COUNTRY OF ORIGIN DAN PERCEIVED QUALITY TERHADAP MINAT BELI PRODUK POLYTRON DI MATARAM,” GANEC SWARA, 18(2), hal. 768–781. Tersedia pada: https://www.journal.unmasmataram.ac.id/index.php/GARA/article/view/858.
Irvanto, O. dan Sujana, S. (2020) “Pengaruh Desain Produk, Pengetahuan Produk, Dan Kesadaran Merek Terhadap Minat Beli Produk Eiger (Survey Persepsi Komunitas Pecinta Alam di Kota Bogor),” Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(2), hal. 105–126. Tersedia pada: https://jurnal.ibik.ac.id/index.php/jimkes/article/view/331.
Kotler, P. dan Armstrong, G. (2014) Principles of Marketing. 15 ed. Essex: Pearson Education Limited.
Kotler, P. dan Keller, K.L. (2011) Manajemen Pemasaran. 12 ed. Jakarta: PT. Macanan Jaya Cemerlang.
Kotler, P. dan Keller, K.L. (2012) Marketing Management. 14 ed. Pearson: Prentice Hall.
Kotler, P. dan Keller, K.L. (2016) Marketing Management. 15th ed. Upper Saddle River, NJ: Pearson (Always learning).
Nugroho, R.A. (2024) Kelas Menengah RI Ogah Jajan Demi Bisa Bertahan, CNBC Indonesia. Tersedia pada: https://www.cnbcindonesia.com/news/20240808080838-4-561279/kelas-menengah-ri-ogah-jajan-demi-bisa-bertahan (Diakses: 1 Agustus 2024).
Porter, M.E. (1985) Competitive Advantage: Creating and Sustaining Superior Performance. New York: The Free Press.
Porter, M.E. (1998) Competitive Strategy: Techniques for Analyzing Industries and Competitors. New York: The Free Press.
Ramadhan, M.F. dan Purnama, N. (2024) “Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk dan Desain Produk terhadap Keunggulan Bersaing Produk Parfum Merek Lokal HMNS: Studi Kasus pada Generasi Z di Kota Bogor,” Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 2(6), hal. 154–166. Tersedia pada: https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/34660.
Rinandiyana, L.R., Kurniawati, A. dan Kurniawan, D. (2016) “STRATEGI UNTUK MENCIPTAKAN KEUNGGULAN BERSAING MELALUI PENGEMBANGAN, DESAIN, DAN KUALITAS PRODUK (KASUS PADA INDUSTRI PAKAIAN MUSLIM DI KOTA TASIKMALAYA),” Jurnal Ekonomi Manajemen, 2(2), hal. 105–113. Tersedia pada: https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jem/article/view/319.
Sari, D.S. (2022) “Analisis Inovasi Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Kerajinan Rotan Di Kota Medan,” ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, 3(2), hal. 242–246. Tersedia pada: https://djournals.com/arbitrase/article/view/501.
Sugiyono (2019) Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, dan Penelitian Pendidikan). 3 ed. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, F. dan Diana, A. (2003) Total Quality Management. Revisi. Yogyakarta: Andi Offset.
Ventela (2024) ABOUT, Ventela®. Tersedia pada: https://www.ventela.com/ (Diakses: 1 Agustus 2024).