Main Article Content

Abstract

Indonesia menghadapi bonus demografi dengan potensi besar, namun pemanfaatannya dalam sektor produk lokal masih terbatas, terutama di kalangan generasi milenial dan Z yang cenderung memilih produk luar negeri. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh inovasi produk, desain produk, dan kualitas produk terhadap keunggulan bersaing sepatu lokal Ventela di kalangan generasi milenial dan Z di Daerah Istimewa Yogyakarta. Menggunakan metode kuantitatif dengan sampel berjumlah 100 orang yang dipilih melalui probability sampling dengan kriteria responden merupakan generasi milenial dan Z yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta.  Pengolahan  data  dilakukan  menggunakan  metode uji validitas dan reliabilitas, analisis deskriptif, pengujian asumsi klasik, dan  uji hipotesis dengan bantuan IBM SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi produk mempengaruhi secara signifikan terhadap keunggulan bersaing, desain produk mempengaruhi secara signifikan terhadap keunggulan bersaing, lalu kualitas produk mempengaruhi secara signifikan terhadap keunggulan bersaing.

Keywords

inovasi produk desain produk kualitas produk keunggulan bersaing

Article Details

How to Cite
Fachrurrozi, M. I., & Isfianadewi, D. (2024). Pengaruh Inovasi Produk, Desain Produk, dan Kualitas Produk terhadap Keunggulan Bersaing pada Produk Sepatu Ventela: Studi Kasus pada Generasi Milenial dan Generasi Z di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 3(1), 218–229. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/36139

References

Read More