Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang melatarbelakangi minat beli konsumen pada kosmetik ramah lingkungan di Indonesia. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah remaja hingga dewasa yang sadar akan produk kosmetik hijau sebanyak 140 responden. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan diolah menggunakan alat analisis regresi linear berganda dengan software IBM SPSS Statistics 25. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kesediaan membayar sebesar terhadap minat beli. Sikap tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli norma subjektif tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Kontrol perilaku yang dideskripsikan berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Kesadaran lingkungan berpengaruh signifikan terhadap minat beli.

Keywords

kesediaan membayar sikap norma subjektif kontrol perilaku kesadaran lingkungan minat beli

Article Details

How to Cite
Intansari, M. M., & Muslichah, I. (2022). Faktor-faktor yang Melatarbelakangi Minat Beli Konsumen pada Kosmetik Ramah Lingkungan di Indonesia. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 1(4), 220–236. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/25602

References

  1. AG., S., Sukmawati, S. dan Pramono (2012) Pertimbangan Dalam Membeli Produk Barang Maupun Jasa. Jakarta: Intidayu Press.
  2. Agustin, R.D., Kumadji, S. dan Yulianto, E. (2015) “Pengaruh Green Marketing Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Non-Member Tupperware Di Kota Malang ),” Jurnal Administrasi Bisnis, 22(2), hal. 1–10. Tersedia pada: https://media.neliti.com/media/publications/85919-ID-pengaruh-green-marketing-terhadap-minat.pdf.
  3. Ajzen, I. (1988) Attitudes, Personality and Behavior. Open University Press.
  4. Ajzen, I. dan Fishbein, M. (2005) “The Influence of Attitudes on Behavior,” in The Handbook of Attitudes. Mahwah, NJ, US: Lawrence Erlbaum Associates Publishers, hal. 173–221.
  5. Andryani, D. dan Kurniawati (2015) “Pengaruh Attitude, Subjective Norm, Perceived Behavioral Control Pelanggan Non Muslim Terhadap Intention to Purchase,” in Seminar Nasional Cendekiawan. Jakarta: Universitas Trisakti, hal. 674–681. Tersedia pada: https://www.trijurnal.trisakti.ac.id/index.php/semnas/article/download/200/199.
  6. Arlanti, E. dan Suyanto, A. (2019) “Analisis Kesadaran, Pengetahuan, Dan Sikap Konsumen Tentang Lingkungan Serta Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Green Product Cosmetics,” Almana: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 3(3), hal. 476–487. Tersedia pada: http://journalfeb.unla.ac.id/index.php/almana/article/view/1252.
  7. Azwar, S. (2013) Metode Penelitian. 14 ed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  8. Binalay, A.G., Mandey, S.L. dan Mintardjo, C.M.O. (2016) “Pengaruh Sikap, Norma Subjektif Dan Motivasi Terhadap Minat Beli Secara Online Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Di Manado,” Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 4(1), hal. 395–406. Tersedia pada: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/11607.
  9. Dewi, S. (2010) “Pengaruh Sikap, Norma Subyektif dan Kontrol Perilaku Terhadap Niat Konsumen Gramedia Cabang Veteran Banjarmasin Dalam Melakukan Pembelian Buku Melalui Media Internet.”
  10. Ediyanto (2016) “Pengaruh Sikap Dan Norma Subjektif Terhadap Minat Dan Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Perguruan Tinggi Universitas Abdurrachman Saleh Situbondo (UNARS),” Jurnal Ekonomi dan Bisnis GROWTH, 14(2), hal. 58–71. Tersedia pada: https://ojs.unars.ac.id/index.php/growth-journal/article/view/292.
  11. Febrita, R.C.R. (2017) Analisis Kesediaan Membayar (Willingness To Pay) Beras Organik (Studi Kasus: Galael Signature di Kota Makassar. Universitas Hasanuddin. Tersedia pada: http://digilib.unhas.ac.id/uploaded_files/temporary/DigitalCollection/MGIwOWMwZTcxODZmMjY0YmFkMmRlY2ZjYmQ2MzZhMDk5YTY1M2NhNQ==.pdf.
  12. Furlow, N.E. dan Knott, C. (2009) “Who’s Reading the Label? Millennials’ Use of Environmental Product Labels,” The Journal of Applied Business and Economics, 10(3), hal. 1–12. Tersedia pada: https://www.proquest.com/openview/5b386d25ba5a16054234c2f840a96ce3/1%3Fpq-origsite%3Dgscholar%26cbl%3D38282.
  13. Iskandar, O. (2016) MINAT BELI PRODUK YANG MENGIMPLEMENTASIKAN GREEN MARKETING DILIHAT DARI FAKTOR KESADARAN LINGKUNGAN, KESEDIAAN MEMBAYARDAN GAYA HIDUP (Studi Pada Ibu Rumah Tangga di Bandar Jaya Timur). Universitas Lampung.
  14. Khoiriyah, S. dan Toro, M.J.S. (2014) “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesediaan Membeli Produk Hijau,” Jurnal Bisnis dan Manajemen, 14(1), hal. 63–76. Tersedia pada: https://jurnal.uns.ac.id/jbm/article/view/2686.
  15. Kotler, P. dan Keller, K.L. (2016) Marketing Management. 15, Global ed. London: Pearson Education Limited.
  16. Kumar, A., Prakash, G. dan Kumar, G. (2021) “Does environmentally responsible purchase intention matter for consumers? A predictive sustainable model developed through an empirical study,” Journal of Retailing and Consumer Services, 58, hal. 102270. Tersedia pada: https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2020.102270.
  17. Leonidou, C.N., Katsikeas, C.S. dan Morgan, N.A. (2013) “‘Greening’ the marketing mix: do firms do it and does it pay off?,” Journal of the Academy of Marketing Science, 41(2), hal. 151–170. Tersedia pada: https://doi.org/10.1007/s11747-012-0317-2.
  18. Margiyanti, E.T. (2013) PENGARUH KESADARAN LINGKUNGAN TERHADAP NIAT BELI PRODUK HIJAU (Studi pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta). Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tersedia pada: http://eprints.ums.ac.id/25552/18/02._naspub_skripsi.pdf.
  19. do Paço, A. et al. (2013) “Development of a green consumer behaviour model,” International Journal of Consumer Studies, 37(4), hal. 414–421. Tersedia pada: https://doi.org/https://doi.org/10.1111/ijcs.12009.
  20. Paramita, N.D. dan Yasa, N.N.K. (2015) “Sikap Dalam Memediasi Hubungan Kesadaran Lingkungan,” Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 17(2), hal. 177–185. Tersedia pada: https://doi.org/10.9744/jmk.17.2.177.
  21. Peña-García, N. et al. (2020) “Purchase intention and purchase behavior online: A cross-cultural approach,” Heliyon, 6(6), hal. e04284. Tersedia pada: https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e04284.
  22. Prakash, G. dan Pathak, P. (2017) “Intention to buy eco-friendly packaged products among young consumers of India: A study on developing nation,” Journal of Cleaner Production, 141, hal. 385–393. Tersedia pada: https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2016.09.116.
  23. Romadhoni, A.B.N. dan Guspul, A. (2020) “Pengaruh Attitude, Subjective Norm, Dan Perceived Behavioral Control Terhadap Minat Beli Jasa Transportasi Online,” Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), 2(1), hal. 76–81. Tersedia pada: https://doi.org/10.32500/jebe.v2i1.1459.
  24. Romizah dan Mas’ud, F. (2021) “Pengaruh religiusitas, norma subjektif, perceived behavioral control, dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen produk kosmetik bersertifikat halal,” Diponegoro Journal of Islamic Economics and Business, 1(1), hal. 43–53. Tersedia pada: https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/djieb/article/download/11870/6090.
  25. Sindapati, S. (2015) PENGARUH IKLAN DAN BRAND IMAGE TEH BOTOL SOSRO TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN ( Studi kasus pada mahasiswa Universitas Bina Darma Palembang). Universitas Bina Darma.
  26. Sugiyono (2018) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). 10 ed. Bandung: Alfabeta.
  27. Vlosky, R.P., Ozanne, L.K. dan Fontenot, R.J. (1999) “A conceptual model of US consumer willingness‐to‐pay for environmentally certified wood products,” Journal of Consumer Marketing, 16(2), hal. 122–140. Tersedia pada: https://doi.org/10.1108/07363769910260498.
  28. Wang, J., Pham, T.L. dan Dang, V.T. (2020) “Environmental Consciousness and Organic Food Purchase Intention: A Moderated Mediation Model of Perceived Food Quality and Price Sensitivity,” International journal of environmental research and public health, 17(3). Tersedia pada: https://doi.org/10.3390/ijerph17030850.
  29. Witriyana, Y., Faisal, I. dan Rifani, A. (2019) “Pengaruh Sikap, Norma Subyektif, Kontrol Perilaku Terhadap Minat Beli Produk Secara Online Di Shopee,” Jurnal Ilmu Manajemen Indonesia, 2(1), hal. 39–52. Tersedia pada: https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/jim/article/view/1757/1417.

Most read articles by the same author(s)