Main Article Content

Abstract

Keputusan pembelian adalah tahap proses dimana konsumen secara aktual melakukan pembelian produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel citra merek, sikap konsumen, kualitas produk, dan harga terhadap keputusan pembelian iPhone, dan juga untuk mengetahui pengaruh variabel citra merek, sikap konsumen, dan kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian iPhone melalui harga sebagai variabel intervening. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini 100 orang mahasiswa yang berkuliah di Yogyakarta dan menggunakan iPhone. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner lalu diuji menggunakan validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, regresi linear, uji t, koefisien determinasi (R-Square), dan analisis jalur. Hasil dari penelitian ini adalah variabel citra merek dan kualitas produk secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian iPhone, sedangkan variabel sikap konsumen berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian iPhone. Harga yang berperan sebagai variabel intervening dalam penelitian ini memediasi variabel sikap konsumen dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian iPhone,dan juga harga tidak memediasi variabel citra merek terhadap keputusan pembelian iPhone.

Keywords

citra merek sikap konsumen kualitas produk harga keputusan pembelian

Article Details

How to Cite
Rifai, W. A., & Sigit, M. (2022). Pengaruh Citra Merek, Sikap Konsumen, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen dengan Harga sebagai Variabel Intervening (Pertimbangan Mahasiswa yang Berkuliah di Yogyakarta dalam Membeli iPhone): (Pertimbangan Mahasiswa yang berkuliah di Yogyakarta dalam Membeli Iphone). Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 1(4), 15–29. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/24899

References

  1. Amilia, S. (2017) “Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi Di Kota Langsa,” Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam, 6(1), hal. 660–690. Tersedia pada: https://www.ejurnalunsam.id/index.php/jmk/article/view/213.
  2. Bailia, J.F.T., Soegoto, A.S. dan Loindong, S.S.R. (2014) “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Warung-Warung Makan Lamongan Di Kota Manado,” Jurnal EMBA, 2(3), hal. 1768–1780. Tersedia pada: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/5959.
  3. Engel, James, F., Blackwell, Roger, D. dan Miniard, P.W. (1994) Perilaku Konsumen Jilid 1. 6 ed. Diedit oleh F.. Budiyanto. Jakarta: Binarupa Aksara.
  4. Evelina, N., Dw, H. dan Listyorini, S. (2012) “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Telkomflexi (Studi Kasus Pada Konsumen Telkomflexi Di Kecamatan Kota Kudus Kabupaten Kudus),” Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis S1 Undip, 1(1), hal. 203–213. Tersedia pada: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/1636.
  5. Kotler, P. dan Armstrong, G. (1997) Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid 1. 7 ed. Diedit oleh A. Sindoro. Jakarta: Prenhallindo.
  6. Kotler, P. dan Armstrong, G. (2008) Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1. 12 ed. Diedit oleh B. Sabran. Jakarta: Erlangga.
  7. Lubis, Dewi, Irana, D. dan Hidayat, R. (2017) “Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan,” Jurnal Ilman, 5(1), hal. 15–24. Tersedia pada: https://journals.synthesispublication.org/index.php/Ilman/article/view/22.
  8. Sangadji, E.M. dan Sopiah, N.W. (2013) Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai:Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: CV.Andi Offset.
  9. Simamora, B. (2001) ReMarketing For Business Recovery. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
  10. Stephanie, C. (2021) 5 Besar Penguasa Pasar Smartphone Global Kuartal IV-2020, Kompas.
  11. Sugiyono (2010) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  12. Umboh, S.O., Tumbel, A. dan Soepono, D. (2015) “Analisis Kualitas Produk, Brand Image Dan Life Style Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Wanita Di Mississippi Manado Town Square,” Jurnal EMBA, 3(1), hal. 1096–1105. Tersedia pada: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/7874.
  13. Wahyuni, D.U. (2008) “Pengaruh Motivasi, Persepsi dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek ‘Honda’ di Kawasan Surabaya Barat,” Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 10(1), hal. 30–37. Tersedia pada: https://jurnalmanajemen.petra.ac.id/index.php/man/article/view/16790.
  14. Wibowo, S.F. dan Karimah, M.P. (2012) “Pengaruh Iklan Televisi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sabun Lux ( Survei Pada Pengunjung Mega Bekasi Hypermall),” Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), 3(1), hal. 1–15. Tersedia pada: http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrmsi/article/view/771.
  15. WP, M.A. dan Hariyawati, S. (2017) “Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Konsumen Membeli Produk Jam Tangan Merek Casio,” Jurnal Bisnis Indonesia, 7(2), hal. 1–8. Tersedia pada: http://eprints.upnjatim.ac.id/7291/.
  16. Zainudin, P, I.F. dan Hamzah, A. (2014) “Analisis Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Kacang Mete Goreng Centra Mente Madura Di Sumenep,” Jurnal Cemara, 11(1), hal. 34–43. Tersedia pada: https://ejournalwiraraja.com/index.php/FP/article/view/578.

Most read articles by the same author(s)