Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga, kualitas layanan, dan lokasi terhadap keputusan pembelian pada Toko Bangunan Bangun Baru Tempel Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelanggan dari Toko Bangunan Bangun Baru. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode purposive sampling dalam mengumpulkan datanya. Teknik analisis data yang digunakan penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda menggunakan SPSS Versi 21. Variabel pada penelitian ini yakni harga, kualitas layanan, dan lokasi terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel lokasi berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Sedangkan variabel kualitas pelayanan dan harga tidak berpengaruh terhadap variabel keputusan pembelian.

Keywords

kualitas layanan harga lokasi keputusan pembelian kualitas layanan harga lokasi keputusan pembelian

Article Details

Author Biographies

Regyta Cindy Vebiola, Universitas Islam Indonesia

 

 

Murwanto Sigit, Universitas Islam Indonesia

 

 

How to Cite
Vebiola, R. C., & Sigit, M. (2023). Determinan Keputusan Pembelian pada Toko Bangunan Bangun Baru Tempel Yogyakarta. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 2(3), 95–111. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/29698

References

  1. Adisaputro, G. dan Asri, M. (2014) Anggaran Perusahaan. 2 ed. Yogyakarta: BPFE.
  2. Albari dan Safitri, I. (2018) “The Influence of Product Price on Consumers’ Purchasing Decisions,” Review of Integrative Business and Economics Research, 7(Sup2), hal. 328–337. Tersedia pada: http://buscompress.com/uploads/3/4/9/8/34980536/riber_7-s2_k18-165_328-337.pdf.
  3. Anggreni, D.Y. et al. (2023) “Wheter Service Quality, Price, and Location Can Increase Purchasing Decisions For Mobile Phone and Accecories,” International Journal of Management Science and Information Technology (IJMSIT), 3(1), hal. 47–53. Tersedia pada: http://www.journal.lembagakita.org/index.php/IJMSIT/article/view/943.
  4. Aryandi, J. dan Onsardi, O. (2020) “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Cafe Wareg Bengkulu,” Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis, 1(1), hal. 117–127. Tersedia pada: http://jurnal.imsi.or.id/index.php/jmmib/article/view/12.
  5. Azizah, S. dan Prasetio, A. (2019) “Pengaruh Promosi Penjualan di Instagram, Lokasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Kanz Coffee & Eatery),” Jurnal Manajemen dan Bisnis, 3(2), hal. 348–359. Tersedia pada: http://journalfeb.unla.ac.id/index.php/almana/article/view/506.
  6. Brodie, R.J., Whittome, J.R.M. dan Brush, G.J. (2009) “Investigating the service brand: A customer value perspective,” Journal of Business Research, 62(3), hal. 345–355. Tersedia pada: https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2008.06.008.
  7. Cynthia, D., Hermawan, H. dan Izzuddin, A. (2022) “Pengaruh Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian,” Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik, 9(1), hal. 104–112. Tersedia pada: https://doi.org/10.37606/publik.v9i1.256.
  8. Dharmmesta, B.S. dan Irawan (2008) Manajemen Pemasaran Modern. 2 ed. Yogyakarta: Liberty Offset.
  9. Fahrudin, M.F. dan Yulianti, E. (2015) “Pengaruh promosi, lokasi, dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian nasabah Bank Mandiri Surabaya,” Journal of Business & Banking, 5(1), hal. 149–162. Tersedia pada: https://doi.org/10.14414/jbb.v5i1.478.
  10. Ferdinand, A.T. (2014) Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen. 5 ed. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
  11. Fiana, E.O. dan Hartati, R. (2022) “PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada rumah makan ‘Mie Gacoan’ Di Daerah Istimewa Yogyakarta),” Cakrawangsa Bisnis, 3(2), hal. 149–164. Tersedia pada: http://journal.stimykpn.ac.id/index.php/cb/article/view/341.
  12. Ghanimata, F. dan Kamal, M. (2012) “ANALISIS PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Pembeli Produk Bandeng Juwana Elrina Semarang),” Diponegoro Journal of Management, 1(2), hal. 1–10. Tersedia pada: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/755.
  13. Gunarsih, C.M., Kalangi, J.A.F. dan Tamengkel, L.F. (2021) “Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang,” Productivity, 2(1), hal. 69–72. Tersedia pada: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/productivity/article/view/32911.
  14. Hidayat, T. (2020) “Analisis Pengaruh Produk, Harga, Promosi, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian,” Jurnal Ilmu Manajemem, 17(2), hal. 95–105. Tersedia pada: https://journal.uny.ac.id/index.php/jim/article/view/34783.
  15. Karundeng, V.A., Soegoto, A.S. dan Arie, F.V. (2021) “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Indomaret Point Kawasan Megamas Saat Pandemi Covid-19,” Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(4), hal. 702–711. Tersedia pada: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/36506.
  16. Kotler, P. dan Keller, K.L. (2016) Marketing Management. 15 ed. London: Pearson Education Limited.
  17. Lupiyoadi, R. dan Hamdani, D.A. (2011) Manajemen Pemasaran Jasa. 2 ed. Jakarta: Salemba Empat.
  18. Mandey, J.B. (2013) “Promosi, Distribusi, Harga Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Rokok Surya Promild,” Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(4), hal. 95–104. Tersedia pada: https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/2577.
  19. Mongisidi, S.J., Sepang, J. dan Soepeno, D. (2019) “Pengaruh Lifestyle dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Nike (Studi Kasus Manado Town Square),” Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(3), hal. 2949–2958. Tersedia pada: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/24041.
  20. Nasution, A.E., Putri, L.P. dan Lesmana, M.T. (2019) “Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kepercayaan dan Karakteristik Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada 212 Mart di Kota Medan,” in Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, hal. 194–199. Tersedia pada: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/snk/article/view/3594.
  21. Puspita, P., Sihab, M. dan Barata, F.A. (2022) “The Effects of Service Quality, Price Internet, Facility Internet, HR Customer Care on Purchasing Decision with Brand Image as a Mediation Variable in Choosing Internet Products at PT Supra Primatama Nusantara (Biznet Networks) in Banyuwangi,” International Journal of Scientific Engineering and Science, 5(12), hal. 91–99. Tersedia pada: http://ijses.com/wp-content/uploads/2022/01/59-IJSES-V5N12.pdf.
  22. Septian, H.E. dan Lestariningsih, M. (2019) “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Celebrity Endorse dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian,” Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 8(9), hal. 1–14. Tersedia pada: http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/2508.
  23. Sigit, S. (2002) Pemasaran Praktis. 3 ed. Yogyakarta: BPFE.
  24. Sugiyono (2016) Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta Bandung.
  25. Tanady, E.S. dan Fuad, M. (2020) “Analisis Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Tokopedia di Jakarta,” Jurnal Manajemen, 9(1), hal. 113–123. Tersedia pada: http://jurnal.kwikkiangie.ac.id/index.php/JM/article/view/663.
  26. Tjiptono, F. (2014) Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.
  27. Usmara, U. (2008) Pemikiran Kreatif Pemasaran. 1 ed. Amara Books.
  28. Widjaja, Y.R. dan Wildan (2023) “Pengaruh Inovasi Produk, Promosi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor,” Jurnal Sains Manajemen, 5(1), hal. 1–13. Tersedia pada: https://www.ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsm/article/view/1007.

Most read articles by the same author(s)