Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji bagaimana pengaruh ekuitas merek terhadap kepuasan pelanggan ketika membeli sepeda motor Vespa. Studi ini dilakukan pada pengguna motor Vespa di Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner online kepada 100 responden menggunakan Google Form. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling dengan menggunakan metode purposive sampling yang kemudian diolah menggunakan alat analisis statistik SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesadaran merek, asosiasi merek, loyalitas merek, dan persepsi kualitas berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian.

Keywords

ekuitas merek asosiasi merek loyalitas merek persepsi kualitas ekuitas merek asosiasi merek loyalitas merek persepsi kualitas

Article Details

How to Cite
Pratama, G. Z., & Sigit, M. (2023). Analisis Pengaruh Ekuitas Merek terhadap Keputusan Pembelian: Studi Kasus pada Pembelian Sepeda Motor Merek Vespa. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 2(4), 215–225. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/31314

References

  1. Aaker, D.A. (1991) Managing Brand Equity. New York: The Free Press.
  2. Aaker, D.A. (1996) “Measuring Brand Equity Across Products and Markets,” California Management Review, 38(3), hal. 102–120.
  3. Ahsan, S.M.H. et al. (2020) “Impact of Brand Equity on Consumer’s Purchase Decision of Smart Phone-A Study on University Students in Chittagong, Bangladesh,” Global Journal of Management and Business Research: A Administration and Management, 20(6), hal. 36–41. Tersedia pada: https://journalofbusiness.org/index.php/GJMBR/article/view/3083.
  4. Anshori, L. (2019) Vespa Semringah Motor Premium Kian Diminati di Indonesia, detikoto. Tersedia pada: https://oto.detik.com/motor/d-4592005/vespa-semringah-motor-premium-kian-diminati-di-indonesia (Diakses: 10 Agustus 2023).
  5. Budiasih, Y. (2014) “Dimensi Ekuitas Merek (Brand Equity) Dan Keputusan Pembelian Produk Mie Cepat Saji Di Kota Depok,” Liquidity: Jurnal Riset Akuntansi dan Manajemen, 3(1), hal. 77–85. Tersedia pada: https://www.ojs.itb-ad.ac.id/index.php/LQ/article/view/108.
  6. Durianto, D., Sugiarto dan Sitinjak, T. (2004) Strategi Menaklukan Pasar: Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
  7. Griffin, R.W. dan Ebert, R.J. (2007) Bisnis. 8 ed. Jakarta: Erlangga.
  8. Ibrahim, G.N. (2013) ANALISIS PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU PRABAYAR IM3 (Studi Pada Mahasiswa S1 Ekonomika dan Bisnis Undip Semarang). Universitas Diponegoro. Tersedia pada: http://eprints.undip.ac.id/39641/.
  9. Kamaru, T. dan Kurniati, A. (2017) “Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Dampaknya pada Loyalitas Pelanggan Usaha Kecil Menengah Monster Shaker Cafe,” Jurnal Manajemen FE-UB, 5(2), hal. 82–98. Tersedia pada: https://ejournal.borobudur.ac.id/index.php/manajemen/article/download/455/451.
  10. Kartajaya, H. (2005) Positioning, diferensiasi, dan brand. Diedit oleh C. Rahadiansyah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
  11. Keller, K.L. dan Swaminathan, V. (2020) Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity. 5 ed. Harlow: Pearson Education Limited.
  12. Kotler, P. dan Armstrong, G. (2014) Principles of Marketing. 15 ed. Essex: Pearson Education Limited.
  13. Kotler, P. dan Keller, K.L. (2016) Marketing Management. 15 ed. London: Pearson Education Limited.
  14. Krisnawati, D. (2016) “Pengaruh Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian AMDK Merek AQUA (Studi pada Masyarakat di Kota Bandung),” Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 4(1). Tersedia pada: https://web.archive.org/web/20200214102711id_/http://ojs.ekonomi-unkris.ac.id/index.php/JMBK/article/download/30/pdf.
  15. Lamb, C.W., Hair, J.F. dan McDaniel, C. (2019) MKTG: Principles of Marketing. USA: Cengage Learning, Inc.
  16. Mahmud, A. dan Bahari, A.F. (2022) “Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Konsumen dalam Membeli Sepeda Motor Honda,” Jurnal Ekonomika, 6(2), hal. 362–370. Tersedia pada: https://journal.lldikti9.id/Ekonomika/article/view/776.
  17. Oliver, R.L. (2010) Satisfaction: A Behavioral Perspective on the Consumer. 2 ed. New York: Routledge. Tersedia pada: https://doi.org/10.4324/9781315700892.
  18. Putra, S.S.S. dan Madiawati, P.N. (2022) “Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Desain Produk terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Vespa Matic Piaggio Di Kota Cirebon,” in e-Proceeding of Management. Bandung: Universitas Telkom, hal. 1566–1575. Tersedia pada: https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/18107.
  19. Simamora, B. (2001) Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
  20. Sumarwan, U. (2011) Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
  21. Tanveer, Z. dan Lodhi, R.N. (2016) “The Effect of Brand Equity on Customer Satisfaction: An Empirical Study Based on David Aaker’s Brand Equity Model The Effect of Brand Equity on Customer Satisfaction: An Empirical Study Based on David Aaker’s Brand Equity Model,” The IUP Journal of Brand Management, 13(3), hal. 43–54. Tersedia pada: https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=2966637.
  22. Widhiarta, I.G.T.E. dan Wardana, M. (2015) “Pengaruh Ekuitas Merek terhadap Keputusan Pembelian Iphone di Denpasar,” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 4(4), hal. 832–848. Tersedia pada: https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/10179.
  23. Widodo, E.A. (2020) Pengaruh Inovasi Produk, Citra Merek Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Motor Vespa Matic Piaggio Di Surabaya (Studi Kasus Pada Pengguna Motor Vespa Matic Piaggio). Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Most read articles by the same author(s)