Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (a) pengaruh orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing pada UKM batik di Yogyakarta, (b) untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pada UKM batik di Yogyakarta, (c) untuk mengetahui pengaruh inovasi produk terhadap kinerja pada UKM batik di Yogyakarta, (d) untuk mengetahui pengaruh keunggulan bersaing terhadap kinerja pada UKM batik di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian UKM batik di Yogyakarta. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 59 UKM batik di Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Metode pengujian dan analisis data menggunakan SPSS: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (i) orientasi pasar berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing pada UKM Batik di Yogyakarta, (ii) inovasi produk berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing pada UKM Batik di Yogyakarta, (iii) orientasi pasar berpengaruh positif terhadap kinerja UKM pada UKM Batik di Yogyakarta, (iv) inovasi produk berpengaruh positif terhadap kinerja UKM pada UKM Batik di Yogyakarta, (v) keunggulan bersaing berpengaruh positif terhadap kinerja UKM pada UKM Batik di Yogyakarta.

Keywords

orientasi pasar inovasi produk keunggulan bersaing kinerja UKM

Article Details

How to Cite
Teneka, G. N. K., & Hasin, A. (2022). Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk terhadap Keunggulan Bersaing serta Implikasinya pada Kinerja UKM Batik di Yogyakarta. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 1(4), 146–167. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/24903

References

Read More

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>