Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (a) pengaruh orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing pada UKM batik di Yogyakarta, (b) untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pada UKM batik di Yogyakarta, (c) untuk mengetahui pengaruh inovasi produk terhadap kinerja pada UKM batik di Yogyakarta, (d) untuk mengetahui pengaruh keunggulan bersaing terhadap kinerja pada UKM batik di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian UKM batik di Yogyakarta. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 59 UKM batik di Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Metode pengujian dan analisis data menggunakan SPSS: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (i) orientasi pasar berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing pada UKM Batik di Yogyakarta, (ii) inovasi produk berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing pada UKM Batik di Yogyakarta, (iii) orientasi pasar berpengaruh positif terhadap kinerja UKM pada UKM Batik di Yogyakarta, (iv) inovasi produk berpengaruh positif terhadap kinerja UKM pada UKM Batik di Yogyakarta, (v) keunggulan bersaing berpengaruh positif terhadap kinerja UKM pada UKM Batik di Yogyakarta.

Keywords

orientasi pasar inovasi produk keunggulan bersaing kinerja UKM

Article Details

How to Cite
Teneka, G. N. K., & Hasin, A. (2022). Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk terhadap Keunggulan Bersaing serta Implikasinya pada Kinerja UKM Batik di Yogyakarta. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 1(4), 146–167. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/24903

References

  1. Abdi, A.M., Yassin, A. and Ali, S. (2013). ‘Innovation and Business Perfomance in Telecomunication Industry in Sub-saharan African Context : Case of Somalia’. Asian Journal Of Management Sciences & Education, 2(4), pp.53–67.
  2. Appiah-Adu, K. and Amoako, G.K. (2016). The execution of marketing strategies in a developing economy. African Journal of Economic and Management Studies, 7(1), pp.9–29. doi:10.1108/ajems-07-2014-0052.
  3. Best, R. (2009). Market base management; strategy for growing consumer value and profitability. Pearson Ed.
  4. Cahyani, A.A., Mallongi, S. and Mahmud, A. (2021). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing, Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Nasi Kuning di Kota Makassar. PARADOKS : Jurnal Ilmu Ekonomi, 4(1), pp.219–232. doi:10.33096/paradoks.v4i1.768
  5. Cheng, C.C. and Krumwiede, D. (2012). The role of service innovation in the market orientation—new service performance linkage. Technovation, 32(7-8), pp.487–497. doi:10.1016/j.technovation.2012.03.006.
  6. Curatman, A., Rahmadi and Maulany, S. (2016). Analisis faktor-faktor pengaruh inovasi produk yang berdampak pada keunggulan bersaing UKM makanan dan minuman di wilayah harjamukti kota cirebon. Jurnal Ilmiah Lemlit Unswagati Cirebon, 18(3), pp.61–75.
  7. Dustin, G.M., Bharat, M. and Jitendra, M. (2014). Competitive Advantage and Motivating Innovation. Advances in Management, 7(1), pp.1–8.
  8. Ekawati, N.W., Kertiyasa, N.N., Giantri, G.A.K. and Sariyathi, N.K. (2017). Ecopreneurship and green innovation for the success of new spa products. Journal of Business and Retail Management Research, 11(3), pp.13–24.
  9. Elshaer, I.A. and Augustyn, M.M. (2016). Article information :Direct Effects of Quality Management on Competitive Advantage Introduction. International Journal of Quality & Reliability Management, 33(9), pp.1286–1310.
  10. Fan, D., Cui, L., Li, Y. and Zhu, C.J. (2016). Localized learning by emerging multinational enterprises in developed host countries: A fuzzy-set analysis of Chinese foreign direct investment in Australia. International Business Review, 25(1), pp.187–203. doi:10.1016/j.ibusrev.2014.12.005.
  11. Firmanzah (2012). Marketing Politik-Antara Pemahaman dan Realitas. Edisi Revisi. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
  12. Fontana, A. (2011). Innovate We Can!. Jakarta : Cipta Inovasi Sejahtera.
  13. Ghozali, I. (2017). Model Persamaan Struktural Konsep Dan Aplikasi Dengan Program AMOS 24. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
  14. Gray, R., Kouhy, R. and Lavers, S. (1995). Corporate social and environmental reporting. Accounting, Auditing & Accountability Journal, 8(2), pp.47–77. doi:10.1108/09513579510146996.
  15. Hair, J.F., Sarstedt, M., Hopkins, L. and G. Kuppelwieser, V. (2014). Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM). European Business Review, 26(2), pp.106–121. doi:10.1108/ebr-10-2013-0128.
  16. Hapsari, G.R.E., Hadiwidjojo, D. and Thoyib, A. (2014). Pengaruh Pembelajaran Organisasional, Orientasi Pasar dan Inovasi Organisasi terhadap Keunggulan Bersaing (Studi pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Malang Raya. Jurnal Aplikasi Manajemen, 12(1), pp.124–134. Available at: https://jurnaljam.ub.ac.id/index.php/jam/article/view/628 [Accessed 4 Aug. 2022].
  17. Hartanty, I.T. and Ratnawati, A. (2013). Peningkatan kinerja pemasaran melalui optimalisasi keunggulan bersaing. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 14(2), pp.72–89.
  18. Hartini, S. (2012). Peran Inovasi: Pengembangan Kualitas Produk dan Kinerja Bisnis. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 14(1), pp.83–90. doi:10.9744/jmk.14.1.83-90.
  19. Herman, H., Hady, H. and Arafah, W. (2018). The Influence of Market Orientation and Product Innovation on the Competitive Advantage and Its Implication toward Small and Medium Enterprises (Ukm) Performance. International Journal of Science and Engineering Invention, 4(8), pp.8-21. doi:10.23958/ijsei/vol04-i08/02.
  20. Hurley, R.F. and Hult, G.T.M. (1998). Innovation, Market Orientation, and Organizational Learning: An Integration and Empirical Examination. Journal of Marketing, 62(3), pp.42-54. doi:10.2307/1251742.
  21. Idar, R., Yusoff, Y. and Mahmood, R. (2012). The Effect of Market Orientation as Mediator to Strategic Planning Practices and Performance Relationship: Evidence from Malaysian SMEs. Procedia Economics and Finance, 4, pp.68–75. doi:10.1016/s2212-5671(12)00322-x.
  22. Ismail, R. and Tarofder, A.K. (2015). Corporate governance structure and firm performance in small and medium-sized enterprises (SMEs) in Sri Lanka: A path to access the credit. Journal of Management, 12(1), pp.28–37. doi:10.4038/jm.v12i1.7584.
  23. Jahanshahi, A.A. (2012). Analyzing the effects of electronic commerce on organizational performance: Evidence from small and medium enterprises. African Journal of Business Management, 6(22), pp.6486-6496. doi:10.5897/ajbm11.1768.
  24. Kao, J.J. (1989). Entrepreneurship, creativity, & organization : text, cases, & readings. Englewood Cliffs (N.J.): Prentice-Hall.
  25. Killa, M.F. (2014). Effect of Entrepreneurial Innovativeness Orientation, Product Innovation, and Value Co-Creation on Marketing Performance. Journal of Research in Marketing, 2(3), pp.198-204.
  26. Lapian, A.A., Massie, J. and Ogi, I. (2016). Pengaruh orientasi pasar dan inovasi produk terhada p kinerja pemasaran. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 4(1), pp.1330–1339.
  27. Long, H.C. (2013). The Relationship Among Learning Orientation, Market Orientation, Entrepreneurial Orientation, and Firm Performance of Vietnam Marketing Communications Firms. Philippine Management Review, 20, pp.37‐46.
  28. Long, H.C. (2015). The Impact of Market Orientation and Corporate Social Responsibility on Firm Performance : Evidence from Hoang Cuu Long. The Indian Economic Journal, 62(2), pp.936-951.
  29. Majeed, S. (2011). The Impact of Competitive Advantage on Organizational Performance. European Journal of Business and Management, 3(4), pp.191-196.
  30. Manek, D. (2018). Analisis Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Perusahaan Pengolahan di Kota Semarang. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(2), pp.51–61.
  31. Manurung, J. and Munthe, K. (2019). Analisis Rasio Keuangan untuk Memprediksi Financial Distress pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 19(2), pp.90–102. doi:10.54367/jmb.v19i2.94.
  32. Paramita, C. (2015). Pengaruh Kompetensi Individu, Orientasi Kewirausahaan dan Pesaing dalam Mencapai Keunggulan Bersaing Melalui Kualitas Produk Studi pada UKM Furnitur di Kota Semarang. DeReMa (Development Research of Management) Jurnal Manajemen, 10(1), pp.124–137. doi:10.19166/derema.v10i1.160.
  33. Putra, M.C.S.D. and Ekawati, N.W. (2017). Pengaruh Inovasi Produk, Harga, Citra Merek dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Sepeda Motor Vespa. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(3), pp.1674–1700.
  34. Rahayu, A. and Anggarini, G. (2009). PENGARUH INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK AUDIO SONY (Survei pada Konsumen di Toko Aneka Irama Jalan ABC Bandung). Strategic : Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis, 9(2), p.12. doi:10.17509/strategic.v9i2.1063.
  35. Rahmasari, L. (2011). Pengaruh Supply Chain Management Terhadap Kinerja perusahaan dan Keunggulan Bersaing (Studi Kasus pada Industri Kreatif di Provinsi Jawa Tengah). Majalah Ilmiah Informatika, 2(3), pp.89–103.
  36. Reswanda (2012). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Pembelajaran Organisasi, Keunggulan Daya Saing Berkelanjutan, dan Kinerja Usaha Pada UMKM Kerajinan Kulit Berorientasi Eksport di Sidoarjo. Jurnal Ekonomi Akuntansi Dan Manajemen, 6(2), pp.65–91.
  37. Rosli, M.M. and Sidek, S. (2013). The Impact of Innovation on the Performance of Small and Medium Manufacturing Enterprises: Evidence from Malaysia. Journal of Innovation Management in Small & Medium Enterprise, 2013(2013), pp.1–16. doi:10.5171/2013.885666.
  38. Russell, S.N. and Millar, H.H. (2014). Exploring the Relationship Among Sustainable Manufacturing Practises, Business Performance and Competitive Advantage: Perspective From a Developing Economy. Journal of Management and Sustainability, 4(3), pp.37–54.
  39. Setiawan, H. (2012). Pengaruh orientasi pasar, orientasi teknologi dan inovasi produk terhadap keunggulan bersaing usaha songket skala kecil di kota Palembang. Orasi Bisnis: Jurnal Ilmiah Administrasi Niaga, 8(2), pp.12–19.
  40. Sumarwan, U. (2010). Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran Analisa Perilaku Konsumen. Jakarta: Penerbit PT Ghalia Indonesia.
  41. Sunyoto, D., Raharti, R., Ekonomi, F. and Janabadra, U. (2014). Kualitas strategi bersaing guna meningkatkan kinerja perusahaan pada UKM dan koperasi gerabah kasongan Bantul. Efektif Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 5(2), pp.160–173.
  42. Talaja, A., Miočević, D., Alfirević, N. and Pavičić, J. (2017). Market Orientation, Competitive Advantage and Business Performance: Exploring the Indirect Effects. Drustvena istrazivanja, 26(4). doi:10.5559/di.26.4.07, pp.583-604.
  43. Tsai, M.C. and Wang, C. (2017). Linking service innovation to firm performance. Chinese Management Studies, 11(4), pp.730–750. doi:10.1108/cms-03-2017-0045.
  44. Utaminingsih, A. (2016). Pengaruh orientasi pasar, inovasi, dan kreativitas strategi pemasaran terhadap kinerja pemasaran pada UKM kerajinan rotan di Desa Teluk Wetan, Welahan, Jepara. Media Ekonomi Dan Manajemen, 31(2), pp.77–87.
  45. Vega-Vázquez, M., Cossío-Silva, F.-J. and Revilla-Camacho, M.-Á. (2016). Entrepreneurial orientation–hotel performance: Has market orientation anything to say? Journal of Business Research, 69(11), pp.5089–5094. doi:10.1016/j.jbusres.2016.04.085.
  46. Wahyudin, N. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keunggulan Bersaing Untuk Meningkatkan Kinerja Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Pada Sekolah Tinggi Dan Akademi Di Semarang. Holistic Journal of Management Research, 1(1), pp.77–93. Available at: https://journal.ubb.ac.id/index.php/holistic/article/view/226.
  47. Zhou, K.Z., Brown, J.R. and Dev, C.S. (2009). Market orientation, competitive advantage, and performance: A demand-based perspective. Journal of Business Research, 62(11), pp.1063–1070. doi:10.1016/j.jbusres.2008.10.001.
  48. Zhou, K.Z., Yim, C.K. (Bennett) and Tse, D.K. (2005). The Effects of Strategic Orientations on Technology- and Market-Based Breakthrough Innovations. Journal of Marketing, 69(2), pp.42–60. doi:10.1509/jmkg.69.2.42.60756.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>