Main Article Content

Abstract

Dengan adanya peningkatan globalisasi, penting dalam UKM (usaha kecil menengah) untuk mengadopsi media sosial secara signifikan guna meningkatkan keberlanjutan kinerja UKM dan kemampuan dalam berinovasi sebagai salah satu cara untuk bertahan serta berkembang di pasar untuk berbaur dalam persaingan yang sangat kompetitif. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif atau metode survey dan dilakukan di daerah khususnya Kawasan Objek Wisata Rowo Jombor, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan penyebaran kuesioner pada 50 responden pelaku UKM yang ada di Kawasan Objek Wisata Rowo Jombor dan diuji menggunakan IBM SPSS 26. Hasil ini menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media sosial dan kapabilitas inovasi terhadap keberlanjutan kinerja UKM di Kawasan Objek Wisata Rowo Jombor. Nilai uji hipotesis variabel penggunaan media sosial menunjukkan nilai 0,009 dan variabel kapabilitas inovasi menunjukkan nilai 0,007 yang artinya bahwa kedua variabel memiliki pengaruh terhadap variabel keberlanjutan kinerja UKM.

Keywords

media sosial kapabilitas inovasi keberlanjutan kinerja

Article Details

How to Cite
Fauzi, E., & Priyono, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan Kapabilitas Inovasi terhadap Keberlanjutan Kinerja UKM di Kawasan Objek Wisata Rowo Jombor. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 1(5), 51–66. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/25712

References

  1. Borah, P.S., Iqbal, S. dan Akhtar, S. (2022) “Linking social media usage and SME’s sustainable performance: The role of digital leadership and innovation capabilities,” Technology in Society, 68(January), hal. 101900. Tersedia pada: https://doi.org/10.1016/j.techsoc.2022.101900.
  2. Chege, S.M. dan Wang, D. (2020) “The influence of technology innovation on SME performance through environmental sustainability practices in Kenya,” Technology in Society, 60, hal. 101210. Tersedia pada: https://doi.org/10.1016/j.techsoc.2019.101210.
  3. Fang, G.G. et al. (2021) “Effects of entrepreneurial orientation, social media, and innovation capabilities on SME performance in emerging countries: a mediated–moderated model,” Technology Analysis and Strategic Management, 34(11), hal. 1–13. Tersedia pada: https://doi.org/10.1080/09537325.2021.1957816.
  4. Gayrard, P., Orhhek, J. dan Charpin, J. (1972) “Influence de la valeur fonctionnelle de départ sur 1’effet bronchodilatateur d’un stimulant bêta-adrénergique dans fasthme,” Respiration, 29(3), hal. 247–256. Tersedia pada: https://doi.org/10.1159/000192893.
  5. Hair, J.F. et al. (2018) “The Results of PLS-SEM Article information,” European Business Review, 31(1), hal. 2–24.
  6. Hendratmoko (2021) “Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja UMKM di Indonesia,” Jurnal Orientasi Bisnis dan Entrepreneurship, 2(1), hal. 251–266. Tersedia pada: https://academicjournal.yarsi.ac.id/index.php/jobs/article/view/1782.
  7. Hult, G.T.M., Hurley, R.F. dan Knight, G.A. (2004) “Innovativeness: Its antecedents and impact on business performance,” Industrial Marketing Management, 33(5), hal. 429–438. Tersedia pada: https://doi.org/10.1016/j.indmarman.2003.08.015.
  8. Iman, A.N. (2021) Pengaruh Inovasi Terhadap Kinerja Perusahaan Dengan Kualitas Produk Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Ukm Kerupuk Ikan Di Kota Batam). Universitas Islam Indonesia. Tersedia pada: https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/36218.
  9. Jamaludin, A. (2017) “Pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan pada PT.Kaho Indah Citra Garment Jakarta,” JABE (Journal of Applied Business and Economic), 3(3), hal. 161–169. Tersedia pada: https://doi.org/10.30998/jabe.v3i3.1767.
  10. Jussila, J.J., Kärkkäinen, H. dan Aramo-Immonen, H. (2014) “Social media utilization in business-to-business relationships of technology industry firms,” Computers in Human Behavior, 30, hal. 606–613. Tersedia pada: https://doi.org/10.1016/j.chb.2013.07.047.
  11. Mention, A.L., Barlatier, P.J. dan Josserand, E. (2019) “Using social media to leverage and develop dynamic capabilities for innovation,” Technological Forecasting and Social Change, 144, hal. 242–250. Tersedia pada: https://doi.org/10.1016/j.techfore.2019.03.003.
  12. Nursam, N. (2017) “Manajemen Kinerja,” Kelola: Journal of Islamic Education Management, 2(2), hal. 167–175. Tersedia pada: https://doi.org/10.24256/kelola.v2i2.438.
  13. Pemerintah Pusat (2002) Undang-undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2002 Tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan, dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, JDIH BPK RI Database Peraturan. Indonesia: JDIH BPK RI Database Peraturan. Tersedia pada: https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/44462.
  14. Podsakoff, P.M. et al. (2003) “Common Method Biases in Behavioral Research: A Critical Review of the Literature and Recommended Remedies,” Journal of Applied Psychology, 88(5), hal. 879–903. Tersedia pada: https://doi.org/10.1037/0021-9010.88.5.879.
  15. Puriwat, W. dan Tripopsakul, S. (2021) “Explaining social media adoption for a business purpose: An application of the utaut model,” Sustainability (Switzerland), 13(4), hal. 1–13. Tersedia pada: https://doi.org/10.3390/su13042082.
  16. Purwantini, A.H. dan Anisa, F. (2018) “Analisis Penggunaan Media Sosial Bagi UKM dan Dampaknya Terhadap Kinerja,” in Proceeding of The 7th University Research Colloquium 2018: Bidang Sosial Ekonomi dan Psikologi. Surakarta: STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta, hal. 304–314. Tersedia pada: http://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/75.
  17. Sari, A.C. et al. (2018) “Komunikasi dan Media Sosial,” Jurnal The Messenger, 3(2), hal. 69. Tersedia pada: https://www.researchgate.net/publication/329998890_KOMUNIKASI_DAN_MEDIA_SOSIAL.
  18. Sugiyono (2013) Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  19. Sugiyono (2014) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  20. Sujatna (2019) “Inovasi Pengembangan Manajemen Kinerja Perpustakaan,” MADIKA: Media Informasi dan Komunikasi, 5(2), hal. 13–21. Tersedia pada: https://ejournal.perpusnas.go.id/md/article/view/689.
  21. Susdiani, L. (2020) “Analisis Pengaruh Inovasi Terhadap Kinerja UMKM Pada Industri Kreatif Di Kota Padang,” Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(2), hal. 450–465. Tersedia pada: https://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/PROCURATIO/article/view/758.
  22. Tajudeen, F.P., Jaafar, N.I. dan Ainin, S. (2018) “Understanding the impact of social media usage among organizations,” Information and Management, 55(3), hal. 308–321. Tersedia pada: https://doi.org/10.1016/j.im.2017.08.004.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>