Main Article Content

Abstract

Pada lingkungan usaha yang semakin global serta kompetitif, perusahaan telah mengakui perlunya berinvestasi dalam pengembangan produk baru, untuk bertahan serta mendapatkan keunggulan kompetitif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh inovasi kolaboratif dalam kinerja produk baru yang terdiri dari inovasi produk, inovasi proses, serta kemampuan di dalam kapasitas penyerapan. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan survei online. Responden dalam penelitian ini berjumlah 30 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan model SEM (structural equation modeling). Hasil penelitian menunjukan bahwa kapasitas daya serap yang dimediasi oleh inovasi produk berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja produk baru pada UKM di wilayah Yogyakarta, jaringan inovasi kolaboratif yang dimediasi oleh inovasi proses berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja produk baru pada UKM di wilayah Yogyakarta, kemampuan inovasi produk berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja produk baru pada UKM di Wilayah Yogyakarta, serta kemampuan inovasi proses berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja produk baru pada UKM di wilayah Yogyakarta. Adapun keterbatasan dalam penelitian ini terdapat pada penggunaan jumlah sampel yang minim serta penelitian yang hanya berfokus pada UMKM di Yogyakarta.

Keywords

kapasitas daya serap inovasi produk inovasi proses kinerja produk baru

Article Details

How to Cite
Andriyanto, F., & Priyono, A. (2022). Pengaruh Inovasi Kolaboratif dalam Kinerja Produk Baru: Kemampuan Inovasi Produk, dan Kemampuan Inovasi Proses, serta Kemampuan di dalam Kapasitas Penyerapan. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 1(4), 183–191. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/25556

References

Read More

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>