Main Article Content

Abstract

Pasta gigi yang beredar di Indonesia saat ini sangat beragam. Banyak merek pasta gigi yang mengeluarkan produknya untuk mengatasi permasalahan gigi yang ada di Indonesia. Berdasarkan Top Brand Index terdapat lima merek pasta gigi yang paling sering dibeli secara berkelanjutan oleh masyarakat Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, harga, inovasi, dan kemasan terhadap kepuasan dan pembelian ulang produk pasta gigi di Yogyakarta. Metodologi yang digunakan yaitu dengan pendekatan kuantitatif, populasi yang digunakan adalah semua konsumen yang pernah menggunakan produk pasta gigi di Yogyakarta, teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling, yaitu purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 300 responden dan dianalisis dengan pendekatan SEM. Analisis yang digunakan menggunakan program aplikasi AMOS versi 22.0. Penelitian ini merupakan penelitian kausalitas dengan variabel yang meliputi kualitas produk, harga, inovasi, dan kemasan serta variabel tergantung meliputi kepuasan dan pembelian ulang. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kualitas produk dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan. Inovasi berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kepuasan. Kemasan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepuasan. Kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian ulang.

Keywords

kualitas produk harga inovasi kemasan kepuasan pembelian ulang

Article Details

How to Cite
Anindito, R. C., & Sumadi. (2022). Analisis Kepuasan dan Pembelian Ulang Produk Pasta Gigi di Yogyakarta. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 1(2), 206–222. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/24826

References

  1. Albari, A. and Kartikasari, A. (2019) “The influence of product quality, service quality and price on customer satisfaction and loyalty,” Asian Journal of Entrepreneurship and Family Business, 3(1), pp. 49–64. Available at: https://www.perwiraindonesia.com/ajefb/index.php/jurnalAJEFB/article/view/36 (Accessed: March 9, 2022).
  2. Amilia, S. and Asmara, M. O. (2017) “Pengaruh citra merek, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian handphone merek xiaomi di kota langsa,” Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 6(1), pp. 660–669. Available at: https://ejurnalunsam.id/index.php/jmk/article/view/213 (Accessed: March 9, 2022).
  3. Antanegoro, R. M. Y., Sanusi, F. and Surya, D. (2017) “Analisis Pengaruh Inovasi Produk, Inovasi Layanan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah,” Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa, 1(2), pp. 167–179. Available at: http://dx.doi.org/10.48181/jrbmt.v1i2.3152 (Accessed: July 18, 2022).
  4. Cahyaningrum, N. and Panjaitan, H. (2018) “PENGARUH INOVASI PRODUK, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG,” Jurnal Ilmu Ekonomi, 1(1), pp. 1–10. Available at: http://repository.untag-sby.ac.id/1274/10/JURNAL.pdf (Accessed: July 18, 2022).
  5. Akbar, N. F. and Nurcholis, L. (2020) “PENGARUH LOKASI, HARGA DAN KUALITASPRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING,” Prosiding Konstelasi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) Klaster Ekonomi, pp. 972–994. Available at: http://lppm-unissula.com/jurnal.unissula.ac.id/index.php/kimue/article/view/10558 (Accessed: March 9, 2022).
  6. Fadhli, K. et al. (2021) “Pengaruh pelayanan dan inovasi produk terhadap kepuasan pelanggan CV. AFCO group jombang,” Jurnal Inovasi Penelitian, 2(3), pp. 855–864. Available at: https://doi.org/10.47492/jip.v2i3.735 (Accessed: March 9, 2022).
  7. Fauziati, H. A. and Hasanah, N. (2019) “PENGARUH INOVASI PRODUK DAN DESAIN RUMAH MAKAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN STUDI KASUS PADA KEDAI OHAYO KOTA TARAKAN,” Jurnal Ekonomika, 10(1), pp. 1–12. Available at: https://doi.org/10.35334/jek.v10i1.692 (Accessed: March 9, 2022).
  8. Febriansyah, F. and Triputra, G. (2021) “Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Ulang dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening,” Jurnal Bisnis Darmajaya, 7(1), pp. 70–88. Available at: https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/JurnalBisnis/article/view/2618 (Accessed: March 9, 2022).
  9. Gofur, A. (2019) “Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan,” Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), pp. 37–44. Available at: https://core.ac.uk/download/pdf/235155675.pdf (Accessed: July 18, 2022).
  10. Handoko, B. (2017) “Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Titipan Kilat JNE Medan,” Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 18(1), pp. 61–72. Available at: http://dx.doi.org/10.30596%2Fjimb.v18i1.1098 (Accessed: March 9, 2022).
  11. Iskandar, J., Hidayati, N. and Mustapita, A. F. (2020) “Pengaruh Harga, Inovasi, dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Di RM Cak Sur Sigura Gura Malang,” Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 9(4), pp. 46–60. Available at: http://riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/7666 (Accessed: July 18, 2022).
  12. Khoirunnida, N. L., Rachma, N. and Hufron, M. (2019) “PENGARUH REPUTASI MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PASTA GIGI PEPSODENT DI DESA WONOREJO KECAMATAN SINGOSARI KABUPATEN MALANG (Studi Kasus Pada Konsumen Pasta Gigi Pepsodent Di Desa Wonorejo Kecamatan Singosari Kabupaten Malang),” Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 8(6), pp. 182–192. Available at: http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/4080 (Accessed: March 9, 2022).
  13. Krisdayanto, I., Haryono, A. T. and Gagah, E. (2018) “Analisis pengaruh harga, kualitas pelayanan, fasilitas, dan lokasi terhadap kepuasan konsumen di I Cafe Lina Putra Net Bandungan,” Journal of Management, 4(4), pp 1-15. Available at: http://jurnal.unpand.ac.id/index.php/MS/article/view/1025 (Accessed: March 9, 2022).
  14. Lay, W. D. and Melinda, T. (2019) “CITRA MEREK, HARGA, DAN KEMASAN BERDAMPAK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN,” Journal of Management and Business Review, 16(2), pp. 174–183. Available at: https://scholar.archive.org/work/yfcaqrkhkvgpjaeqkqsxra6kpu/access/wayback/https://jmbr.ppm-school.ac.id/index.php/jmbr/article/download/157/pdf. (Accessed: July 18, 2022).
  15. Lieyanto, D. M. and Pahar, B. H. (2021) “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Kualitas Pelayanan, Dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Pelanggan,” BIP’s JURNAL BISNIS PERSPEKTIF, 13(2), pp. 88–101. Available at: https://doi.org/10.37477/bip.v13i2.216 (Accessed: March 9, 2022).
  16. Lourensius, N. and Radito, T. H. A. (2020) “Analisis pengaruh merek, kemasan, garansi dan pelayanan terhadap loyalitas konsumen air mineral dalam kemasan aqua,” Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi, 6(2), pp. 45–59. Available at: http://jurnal.amaypk.ac.id/index.php/jbma/article/view/79 (Accessed: March 9, 2022).
  17. Lubis, A. A. (2018) “Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Surat Kabar Pada PT. Suara Barisan Hijau Harian Orbit Medan,” Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 16(2), pp. 1–11. Available at: http://dx.doi.org/10.30596%2Fjimb.v16i2.949 (Accessed: March 9, 2022).
  18. Mahfud, H. U. and Sitohang, S. (2017) “PENGARUH LOKASI, KUALITAS PELAYANAN, KEMASAN DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN,” Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 6(1), pp. 1–15. Available at: http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/625 (Accessed: March 9, 2022).
  19. Mariansyah, A. and Syarif, A. (2020) “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Kabalu,” Jurnal Ilmiah Bina Manajemen, 3(2), pp. 134–146. Available at: https://doi.org/10.33557/jibm.v3i2.1106 (Accessed: May 24, 2022).
  20. Nasution, S. L., Limbong, C. H. and Ramadhan, D. A. (2020) “Pengaruh kualitas produk, citra merek, kepercayaan, kemudahan, dan harga terhadap keputusan pembelian pada e-commerce shopee (Survei Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu),” Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 7(1), pp. 43–53. Available at: https://doi.org/10.36987/ecobi.v7i1.1528 (Accessed: March 9, 2022).
  21. Novrianda, H. (2018) “Analisis pengaruh kualitas produk, kualitas layanan, dan harga terhadap kepuasan konsumen,” Performance: Jurnal Personalia, Financial, Operasional, Marketing Dan Sistem Informasi, 25(2), pp. 28–35. Available at: http://jos.unsoed.ac.id/index.php/performance/article/view/1113 (Accessed: May 24, 2022).
  22. Nur, A. A. R., Alam, A. R. P. and Anggi, A. (2019) “Pengaruh Kemasan Produk Susu Bear Brand Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada PT. Oze Power Switch Di Makassar,” Movere Journal, 1(2), pp. 111–120. Available at: https://doi.org/10.53654/mv.v1i2.63 (Accessed: March 9, 2022).
  23. Oliver, R. L. (1999) “Whence consumer loyalty?,” Journal of marketing, 63(4_suppl1), pp. 33–44. Available at: https://doi.org/10.1177%2F00222429990634s105 (Accessed: March 9, 2022).
  24. Pardede, R. and Haryadi, T. Y. (2017) “Pengaruh persepsi harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen yang dimediasi kepuasan konsumen,” Journal of Business & Applied Management, 10(1), pp. 55–79. Available at: http://dx.doi.org/10.30813/jbam.v10i1.870 (Accessed: March 9, 2022).
  25. Purwoko, S. and Haryana, A. (2020) “Pengaruh Kemasan, Kualitas Dan Harga Produk Susu Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan PT. Dwimitra Usaha Global,” Jurnal Administrasi dan Manajemen, 10(2), pp. 117–126. Available at: https://doi.org/10.52643/jam.v10i2.1130 (Accessed: March 9, 2022).
  26. Putri, M. A. and Hidayat, W. (2017) “Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Pembelian Ulang Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Konsumen Lipstik Sari Ayu Di Semarang),” Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 6(1), pp. 211–219. Available at: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/download/14560/14085 (Accessed: July 18, 2022).
  27. Rasyid, H. A. and Indah, A. T. (2018) “Pengaruh Inovasi Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha di Kota Tangerang Selatan,” Jurnal Perspektif, 16(1), pp. 39–49. Available at: https://doi.org/10.31294/jp.v16i1.3031 (Accessed: March 9, 2022).
  28. Rosyihuddin, M. (2020) “Kualitas Produk, Harga Terhadap Loyalitas Dan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pengguna Tokopedia Di Kabupaten Gresik,” JURNAL MANAJERIAL, 7(1), pp. 19–36. Available at: http://dx.doi.org/10.30587/manajerial.v7i01.1067 (Accessed: March 9, 2022).
  29. Setiawati, M. and Lumbantobing, R. (2017) “Pengaruh promosi dan kemasan terhadap keputusan pembelian produk chitato yang dimediasi oleh brand awareness,” Manajemen Bisnis Kompetensi, 12(1), pp. 75–88. Available at: http://ejournal.ukrida.ac.id/ojs/index.php/MB/article/view/1361 (Accessed: July 18, 2022).
  30. Silaban, S. E., Elisabeth, E. and Sagala, R. (2019) “Pengaruh Promosi, Harga Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kentucky Fried Chicken (KFC) Simpang Mataram Medan,” Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan, 5(2), pp. 209–228. Available at: https://doi.org/10.54367/jrak.v5i2.534 (Accessed: March 9, 2022).
  31. Widayatma, C. P. and Lestari, S. P. (2019) “Pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas konsumen dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening (Studi kasus pada Rifa Kuliner Kendal),” Serat Acitya, 7(3), p. 25. Available at: http://jurnal.untagsmg.ac.id/index.php/sa/article/view/941 (Accessed: March 9, 2022).
  32. Widiaswara, T. and Sutopo, S. (2017) “Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pelanggan Air Minum Dalam Kemasan Club di Semarang),” Diponegoro Journal of Management, 6(4), pp. 980–994. Available at: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/18065 (Accessed: March 9, 2022).
  33. Yunida, R., Nuryadin, M. T. and Juliyanti, M. I. (2020) “PENGARUH BRAND TRUST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG PADA NUTRITION CLUB HERBALIFE RAWASARI,” Jurnal INTEKNA: Informasi Teknik dan Niaga, 20(2), pp. 74–77. Available at: https://doi.org/10.31961/intekna.v20i2.1073 (Accessed: March 9, 2022).
  34. Zulkarnain, M. and Lateif, A. (2021) “Kualitas Produk, Servicescape dan Word of Mouth Serta Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Ulang,” Bus. Innov. Entrep. J, 3(1), pp. 38–44. Available at: https://doi.org/10.35899/biej.v3i1.198 (Accessed: July 18, 2022).

Most read articles by the same author(s)