Main Article Content

Abstract

Pasta gigi yang beredar di Indonesia saat ini sangat beragam. Banyak merek pasta gigi yang mengeluarkan produknya untuk mengatasi permasalahan gigi yang ada di Indonesia. Berdasarkan Top Brand Index terdapat lima merek pasta gigi yang paling sering dibeli secara berkelanjutan oleh masyarakat Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, harga, inovasi, dan kemasan terhadap kepuasan dan pembelian ulang produk pasta gigi di Yogyakarta. Metodologi yang digunakan yaitu dengan pendekatan kuantitatif, populasi yang digunakan adalah semua konsumen yang pernah menggunakan produk pasta gigi di Yogyakarta, teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling, yaitu purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 300 responden dan dianalisis dengan pendekatan SEM. Analisis yang digunakan menggunakan program aplikasi AMOS versi 22.0. Penelitian ini merupakan penelitian kausalitas dengan variabel yang meliputi kualitas produk, harga, inovasi, dan kemasan serta variabel tergantung meliputi kepuasan dan pembelian ulang. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kualitas produk dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan. Inovasi berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kepuasan. Kemasan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepuasan. Kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian ulang.

Keywords

kualitas produk harga inovasi kemasan kepuasan pembelian ulang

Article Details

How to Cite
Anindito, R. C., & Sumadi. (2022). Analisis Kepuasan dan Pembelian Ulang Produk Pasta Gigi di Yogyakarta. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 1(2), 206–222. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/24826

References

Read More

Most read articles by the same author(s)