Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana penerapan digital marketing sebagai alat promosi dapat membangun keunggulan kompetitif di PT. Rumah Konsul Indonesia. Penelitian ini membantu menciptakan keunggulan kompetitif, terutama dalam aspek pemasaran melalui digital marketing. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan observasi, di mana penulis melakukan magang di perusahaan tersebut. Analisis SWOT (strength, weakness, opportunity, dan threat) digunakan untuk mengevaluasi hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan digital marketing di bidang kesehatan mental memberikan keunggulan kompetitif yang signifikan. Dengan memanfaatkan platform digital seperti media sosial, situs web, dan kampanye email, perusahaan dapat memperluas jangkauan mereka ke calon konsumen. Penggunaan digital marketing yang terarah membantu meningkatkan keunggulan kompetitif karena perusahaan dapat dengan cepat menyesuaikan diri dengan perubahan kebutuhan pasar.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2023 Anisa Nur Hikmawati, Sumadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Ahmad. (2020) Manajemen Strategis. Makassar: CV Nas Media Pustaka.
- Andila, N. dan Hayu, R.S. (2023) “Kualitas Produk dan Digital Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Pengguna Tokopedia”, REVITALISASI: Jurnal Ilmu Manajemen, 12(2), pp. 311-322. Tersedia pada: https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/Revitalisasi/article/view/4524
- APJII. (2021) Buletin APJII Edisi 79 Bulan Januari 2021. Tersedia pada: https://apjii.or.id/downfile/file/BULETINAPJIIEDISI79Januari20211.pdf. (Diakses pada 15 Juli 2023).
- Azeem, M., Ahmed, M., Haider, S. dan Sajjad, M. (2021) “Expanding Competitive Advantage through Organizational Culture, Knowledge Sharing and Organizational Innovation”, Technology in Society, 66, p. 101635. doi: 10.1016/j.techsoc.2021.101635
- Bachri, M.S. (2022) “Optimalisasi Dan Efektivitas Digital Marketing Melalui Beriklan di Instagram yang Dipengaruh Citra Merek, Kesadaran Merek Terhadap Niat Beli”, Journal of Applied in Business Management and Accounting, 1(1), pp. 43–54.
- Bayu, D.J. (2021) Jumlah Pengguna Media Sosial di Dunia Capai 4,2 miliar, Databoks, Pusat Data Ekonomi dan Bisnis Indonesia. Tersedia pada: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/02/18/jumlah-pengguna-media-sosial-di-dunia-capai-42-miliar (Diakses: 15 Juli 2023).
- Bharmawan, A.S. dan Hanif, N. (2022) Manajemen Pemasaran Jasa: Strategi Mengukur Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.
- David, F.R. (2006) Manajemen Strategis. 10th Ed. Jakarta: Salemba Empat.
- Fauzi, S.I. dan Aisyah, S. (2023) “Analisis Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produksi Skincare dan Obat Herbal pada PT. PLM JAYA”, Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), pp. 1512–1520. Tersedia pada: https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/4771.
- Febriana, K.A., Ersyad, F.A. dan Shinta, Q. (2023) Media Sosial dalam Pengembangan Masyarakat Kreatif (Tinjauan Komunikasi dan Pendidikan Seni). Solok: CV. Mitra Cendekia Media
- Febriyantoro, M. T. dan Arisandi, D. (2018) “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean”, JMD : Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), pp. 61-76. doi: 10.26533/jmd.v1i2.175.
- Firmansyah. (2020) Komunikasi Pemasaran. Pasuruan: CV Penerbit Qiara Media.
- Firman, R. dan Fitriati, T. (2022) “Implementasi Webinar sebagai Media Komunikasi dan Informasi di Era New Normal Pandemi COVID-19 (Studi Kasus Event Webinar IT Telkom Jakarta “Ekspektasi antara Dunia & Realita, Dunia Kerja & Cita-Cita”)”, AKSARA: Jurnal Seni dan Desain, 1(2), pp. 62-70. doi: 10.20895/askara.v1i2.833.
- Gegenfurtner, A. dan Ebner, Christian. (2019) “Webinars in Higher Education and Professional Training: A Meta-analysis and Systematic Review of Randomized Controlled Trials”, Educational Research Review, 28, p. 100293. doi: 10.1016/j.edurev.2019.100293.
- Gurel, E. dan Tat, M. (2017) “SWOT Analysis: A Theoretical Review”, The Journal of International Social Research, 10(51), pp. 994-1006. doi: 10.17719/jisr.2017.1832
- Kannan, P.K. dan Li, H. “Alice” (2017) “Digital Marketing: A Framework, review and Research Agenda”, International Journal of Research in Marketing, 34(1), pp. 22–45. doi: 10.1016/j.ijresmar.2016.11.006.
- Kotler, P. dan Armstrong, G. (2014) Principles of Marketing. 15th ed. Essex: Pearson Education Limited.
- Kotler, P. dan Keller, Kevin L. (2016) Marketing Management. 15th ed. New Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc.
- Krishnaprabha, S. dan Tarunika, R. (2020) “An Analysis on building Brand Awareness through Digital Marketing Initiatives”, International Journal of Research in Engineering, Science and Management, 3(7), pp. 266–270. Tersedia pada: https://journal.ijresm.com/index.php/ijresm/article/view/74
- Kumalasanti, M. (2022). “Pengaruh Konten Pemasaran TOKOPEDIA terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan di Yogyakarta”, Journal of Competency of Business, 6(1), pp. 77-94, doi: 10.47200/jcob.v6i01.1306.
- Kusnandar, V.B. (2021) 10 Negara Asia dengan Jumlah Pengguna Internet Terbanyak (Mar 2021). Databoks, Pusat Data Ekonomi dan Bisnis Indonesia. Tersedia pada: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/10/14/pengguna-internet-indonesia-peringkat-ke-3-terbanyak-di-asia (Diakses 25 September 2023).
- Mahmudah, S.M. dan Rahayu, M. (2020) “Pengelolaan Konten Media Sosial Korporat Pada Instagram Sebuah Pusat Perbelanjaan”, Jurnal Komunikasi Nusantara, 2(1), pp. 1-9. doi: 10.33366/jkn.v2i1.39.
- Marchus, V.A. dan Perdhani, N. (2022) “Upaya Peningkatan Brand Awareness Pt. Pilihanmu Indonesia Jaya (Pilihjurusan.Id) Melalui Marketing Public Relations”, Jurnal Publish (Basic and Applied Research Publication on Communications), 1(1), pp. 49-59.
- Miles, M. B. dan Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. 2nd ed. Thousand Oaks: Sage Publications, Inc.
- Mubarok, N. (2017) “Strategi Pemasaran Islami dalam Meningkatkan Penjualan pada Butik Calista”, I-ECONOMICS: A Research Journal on Islamic Economics, 3(1), pp. 73-92. Tersedia pada: https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/ieconomics/article/view/1480
- Nurpratama, M. dan Anwar, S. (2020) “Penerapan Digital Marketing bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Karangmalang Kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu”, Jurnal Investasi, 6(2), pp. 87-102.
- Purwana, D., Rahmi, R., dan Aditya, S. (2017) “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit”, Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), pp. 1-17. doi: 10.21009/JPMM.001.1.01.
- Porter, M. (1980) Competitive Advantage: Creating and Sustaining Superior Performance; and Competitive Strategy: Techniques for Analyzing Industries and Competitors. New York: Free Press
- Rangkuti, F. (2016) Teknik Membedakan Kasus Bisnis Analisis SWOT. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
- Saleh, M.Y. dan Said, M. (2019) Konsep dan Strategi Pemasaran. Makassar: CV Sah Media.
- Siagian, A.O., Martiwi, R. dan Indra, N. (2020) “Kemajuan Pemasaran Produk Dalam Memanfaatkan Media Sosial Di Era Digital”, Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(3), pp. 44–51. doi: 10.32493/jpkpk.v3i3.4497.
- Susanto, G., Evelyn, R., Leo, D. dan Felicio, H. (2023) “Pemanfaatan Algoritma Tiktok Dan Instagram Untuk Meningkatkan Brand Awareness”, Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(2), pp. 483-491. doi: 10.5281/zenodo.10115513.
- Tjiptono, F. (2008) Strategi Pemasaran. 3th ed. Yogyakarta: ANDI.
- Tyoso, J. S. P. dan Haryanti, C. S. (2020) “Perlukah Mempertahankan Keunggulan Kompetitif oleh UMKM? (Studi Kasus UMKM Semarang)”, Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 9(2), pp. 123-136. doi: 10.30588/jmp.v9i2.496.
References
Ahmad. (2020) Manajemen Strategis. Makassar: CV Nas Media Pustaka.
Andila, N. dan Hayu, R.S. (2023) “Kualitas Produk dan Digital Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Pengguna Tokopedia”, REVITALISASI: Jurnal Ilmu Manajemen, 12(2), pp. 311-322. Tersedia pada: https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/Revitalisasi/article/view/4524
APJII. (2021) Buletin APJII Edisi 79 Bulan Januari 2021. Tersedia pada: https://apjii.or.id/downfile/file/BULETINAPJIIEDISI79Januari20211.pdf. (Diakses pada 15 Juli 2023).
Azeem, M., Ahmed, M., Haider, S. dan Sajjad, M. (2021) “Expanding Competitive Advantage through Organizational Culture, Knowledge Sharing and Organizational Innovation”, Technology in Society, 66, p. 101635. doi: 10.1016/j.techsoc.2021.101635
Bachri, M.S. (2022) “Optimalisasi Dan Efektivitas Digital Marketing Melalui Beriklan di Instagram yang Dipengaruh Citra Merek, Kesadaran Merek Terhadap Niat Beli”, Journal of Applied in Business Management and Accounting, 1(1), pp. 43–54.
Bayu, D.J. (2021) Jumlah Pengguna Media Sosial di Dunia Capai 4,2 miliar, Databoks, Pusat Data Ekonomi dan Bisnis Indonesia. Tersedia pada: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/02/18/jumlah-pengguna-media-sosial-di-dunia-capai-42-miliar (Diakses: 15 Juli 2023).
Bharmawan, A.S. dan Hanif, N. (2022) Manajemen Pemasaran Jasa: Strategi Mengukur Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.
David, F.R. (2006) Manajemen Strategis. 10th Ed. Jakarta: Salemba Empat.
Fauzi, S.I. dan Aisyah, S. (2023) “Analisis Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produksi Skincare dan Obat Herbal pada PT. PLM JAYA”, Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), pp. 1512–1520. Tersedia pada: https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/4771.
Febriana, K.A., Ersyad, F.A. dan Shinta, Q. (2023) Media Sosial dalam Pengembangan Masyarakat Kreatif (Tinjauan Komunikasi dan Pendidikan Seni). Solok: CV. Mitra Cendekia Media
Febriyantoro, M. T. dan Arisandi, D. (2018) “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean”, JMD : Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), pp. 61-76. doi: 10.26533/jmd.v1i2.175.
Firmansyah. (2020) Komunikasi Pemasaran. Pasuruan: CV Penerbit Qiara Media.
Firman, R. dan Fitriati, T. (2022) “Implementasi Webinar sebagai Media Komunikasi dan Informasi di Era New Normal Pandemi COVID-19 (Studi Kasus Event Webinar IT Telkom Jakarta “Ekspektasi antara Dunia & Realita, Dunia Kerja & Cita-Cita”)”, AKSARA: Jurnal Seni dan Desain, 1(2), pp. 62-70. doi: 10.20895/askara.v1i2.833.
Gegenfurtner, A. dan Ebner, Christian. (2019) “Webinars in Higher Education and Professional Training: A Meta-analysis and Systematic Review of Randomized Controlled Trials”, Educational Research Review, 28, p. 100293. doi: 10.1016/j.edurev.2019.100293.
Gurel, E. dan Tat, M. (2017) “SWOT Analysis: A Theoretical Review”, The Journal of International Social Research, 10(51), pp. 994-1006. doi: 10.17719/jisr.2017.1832
Kannan, P.K. dan Li, H. “Alice” (2017) “Digital Marketing: A Framework, review and Research Agenda”, International Journal of Research in Marketing, 34(1), pp. 22–45. doi: 10.1016/j.ijresmar.2016.11.006.
Kotler, P. dan Armstrong, G. (2014) Principles of Marketing. 15th ed. Essex: Pearson Education Limited.
Kotler, P. dan Keller, Kevin L. (2016) Marketing Management. 15th ed. New Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc.
Krishnaprabha, S. dan Tarunika, R. (2020) “An Analysis on building Brand Awareness through Digital Marketing Initiatives”, International Journal of Research in Engineering, Science and Management, 3(7), pp. 266–270. Tersedia pada: https://journal.ijresm.com/index.php/ijresm/article/view/74
Kumalasanti, M. (2022). “Pengaruh Konten Pemasaran TOKOPEDIA terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan di Yogyakarta”, Journal of Competency of Business, 6(1), pp. 77-94, doi: 10.47200/jcob.v6i01.1306.
Kusnandar, V.B. (2021) 10 Negara Asia dengan Jumlah Pengguna Internet Terbanyak (Mar 2021). Databoks, Pusat Data Ekonomi dan Bisnis Indonesia. Tersedia pada: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/10/14/pengguna-internet-indonesia-peringkat-ke-3-terbanyak-di-asia (Diakses 25 September 2023).
Mahmudah, S.M. dan Rahayu, M. (2020) “Pengelolaan Konten Media Sosial Korporat Pada Instagram Sebuah Pusat Perbelanjaan”, Jurnal Komunikasi Nusantara, 2(1), pp. 1-9. doi: 10.33366/jkn.v2i1.39.
Marchus, V.A. dan Perdhani, N. (2022) “Upaya Peningkatan Brand Awareness Pt. Pilihanmu Indonesia Jaya (Pilihjurusan.Id) Melalui Marketing Public Relations”, Jurnal Publish (Basic and Applied Research Publication on Communications), 1(1), pp. 49-59.
Miles, M. B. dan Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. 2nd ed. Thousand Oaks: Sage Publications, Inc.
Mubarok, N. (2017) “Strategi Pemasaran Islami dalam Meningkatkan Penjualan pada Butik Calista”, I-ECONOMICS: A Research Journal on Islamic Economics, 3(1), pp. 73-92. Tersedia pada: https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/ieconomics/article/view/1480
Nurpratama, M. dan Anwar, S. (2020) “Penerapan Digital Marketing bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Karangmalang Kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu”, Jurnal Investasi, 6(2), pp. 87-102.
Purwana, D., Rahmi, R., dan Aditya, S. (2017) “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit”, Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), pp. 1-17. doi: 10.21009/JPMM.001.1.01.
Porter, M. (1980) Competitive Advantage: Creating and Sustaining Superior Performance; and Competitive Strategy: Techniques for Analyzing Industries and Competitors. New York: Free Press
Rangkuti, F. (2016) Teknik Membedakan Kasus Bisnis Analisis SWOT. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Saleh, M.Y. dan Said, M. (2019) Konsep dan Strategi Pemasaran. Makassar: CV Sah Media.
Siagian, A.O., Martiwi, R. dan Indra, N. (2020) “Kemajuan Pemasaran Produk Dalam Memanfaatkan Media Sosial Di Era Digital”, Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(3), pp. 44–51. doi: 10.32493/jpkpk.v3i3.4497.
Susanto, G., Evelyn, R., Leo, D. dan Felicio, H. (2023) “Pemanfaatan Algoritma Tiktok Dan Instagram Untuk Meningkatkan Brand Awareness”, Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(2), pp. 483-491. doi: 10.5281/zenodo.10115513.
Tjiptono, F. (2008) Strategi Pemasaran. 3th ed. Yogyakarta: ANDI.
Tyoso, J. S. P. dan Haryanti, C. S. (2020) “Perlukah Mempertahankan Keunggulan Kompetitif oleh UMKM? (Studi Kasus UMKM Semarang)”, Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 9(2), pp. 123-136. doi: 10.30588/jmp.v9i2.496.