Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, dan kepercayaan terhadap sikap konsumen dan minat pembelian pada daging sapi di pasar tradisional Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Responden dalam penelitian ini adalah sebanyak 150 konsumen yang melakukan pembelian daging sapi di pasar tradisional Yogyakarta. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari kuesioner responden. Analisis data dilakukan menggunakan teknis SEM dengan software IBM SPSS AMOS. Kesimpulan penelitian menunjukkan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap konsumen, kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap konsumen, kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap konsumen, dan sikap konsumen berpengaruh signifikan terhadap minat pembelian daging sapi di pasar tradisional Yogyakarta.

Keywords

kualitas pelayanan kualitas produk kepercayaan sikap konsumen minat pembelian kualitas pelayanan kualitas produk kepercayaan sikap konsumen minat pembelian

Article Details

How to Cite
Azzam, F. G., & Sumadi. (2023). Minat Beli Daging Sapi Pelanggan di Pasar Tradisional Yogyakarta. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 2(4), 247–259. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/31391

References

  1. Amador, A. (2012) ‘‘Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Sikap Konsumen dan Implikasinya Terhadap Minat Beli Ulang,’’ Skripsi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Semarang: Universitas Diponegoro.
  2. Amelisa, L., Yonaldi, S. dan Mayasari, H. (2016) ‘‘Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Gula Tebu (Studi Kasus Koperasi Serba Usaha Kabupaten Solok),’’ Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 7(September), pp. 1–13. Tersedia pada: https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/manajemen/article/view/215.
  3. Ardiansyah, A. (2019) ‘‘Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Minimarket Amarta Mlilir,’’ Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Ponorogo: Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
  4. Aries, M. (2018) ‘‘Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian,’’ Jurnal Administrasi Bisnis, 6(3), pp 39–49.
  5. Berlin, B. et al. (2009) ‘‘Influence of capital structure and operational risk on profitability of life insurance industry in Taiwan,’’ Journal of Modelling in Management, 4(1), pp. 7–18. Tersedia pada: https://doi.org/10.1108/17465660910943720.
  6. Chen dan Ching-Liang (2009) ‘‘Strategic thinking leading to private brand strategy that caters for customers shopping preferences in retail marketing,’’ African Journal of Business Management, 3, pp. 741–752. Tersedia pada: https://api.semanticscholar.org/CorpusID:167313202.
  7. Fishbein, M. dan Ajzen, I. (1975) Belief, attitude, intention and behaviour: An introduction to theory and research. MA: Addison-Wesley.
  8. Hidayah, N. et al. (2022) ‘‘Pengaruh Lifestyle dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Erigo’’, Jurnal Inovasi Penelitian, 3(4), pp. 5963–5972.
  9. Ismail, M. (2014) Strategi Pemasaran Untuk Membangun Citra dan Loyalitas Merek. 1 ed. Kediri: IPB Press.
  10. Jogiyanto (2007) Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: CV Andi Offset.
  11. Kotler, P. dan Armstrong, G. (2014) Principles of Marketing. 15 ed. Essex: Pearson Education Limited.
  12. Kotler, P. dan Keller, K.L. (2016) Marketing Management. 15 ed. London: Pearson Education Limited.
  13. Kusmayasari, Kumadji, S. dan Kusumawati, A. (2014) ‘Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Green Product (Survei Pada Konsumen Sariayu Martha Tilaar Yang Tergabung Dalam Followers Official Account Twitter @Sariayu_Mt)’, Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 14(1), p. 84238.
  14. Lantara, A.A.M.O. dan Pramudana, K.A.S. (2020) ‘‘Peran Sikap Memediasi Pengaruh Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen,’’ E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(1), p. 218. Tersedia pada: https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i01.p12.
  15. Mowen, J.C dan Minor, M. (2012) Perilaku Konsumen, dialih bahasakan oleh Dwi Kartika Yahya. Jakarta : Erlangga.
  16. Nugroho, E.J. dan Simamora, L. (2021) ‘‘Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Daging Sapi Di Pasar Raya I Salatiga,’’ Ziraa’Ah Majalah Ilmiah Pertanian, 46(2), p. 134. Tersedia pada: https://doi.org/10.31602/zmip.v46i2.4528.
  17. Putra, G. P., Arifin, Z., dan Sunarti, S. (2017) ‘‘Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan pembelian kembali Dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Administrasi Bisnis,’’ 48(1), pp. 124 – 131. Tersedia pada: http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1878.
  18. Poluan, J. dan Karuntu, M. (2022) ‘‘Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Layanan Terhadap Minat Beli Sapi Potong Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Pasar Beriman Kota Tomohon Provinsi Sulawesi Utara,’’ 10(1), p. 1. Tersedia pada: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/download/38739/35295.
  19. Priyatna, A.A. dan Anthanasius, S.S. (2020) ‘‘Uji peran mediasi sikap terhadap produk pada hubungan faktor yang mempengaruhi minat beli produk,’’ Jurnal Manajemen, 12(1), pp. 10–18. Tersedia pada: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/22083%0Ahttp://repository.unika.ac.id/22083/1/artikel jan 2020 jurnal unmul cover komplit JournaL - Sentot Suciarto.pdf.
  20. Schiffman, L.G., Kanuk, L.L. dan Wisenblit, J. (2010) Consumer Behavior. 10 ed. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
  21. Sekaran, U. dan Bougie, R. (2017) Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan-Keahlian. Jakarta: Salemba Empat.
  22. Setyowati. (2021) Manajemen Penyelenggaraan Makanan Institusi. Yogyakarta: Repository Polkesyo.
  23. Suprapti, W. (2010) Perilaku Konsumen Pemahaman Dasar dan Aplikasinya dalam Strategi Pemasaran. Denpasar: Udayana University Press.
  24. Sutisna. (2002). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  25. Squires, L., Juric, B. dan Cornwell, T.B. (2001) ‘‘Level of market development and intensity of organic food consumption: Cross-cultural study of Danish and New Zealand consumers,’’ Journal of Consumer Marketing, 18(5), pp. 392–409. Tersedia pada: https://doi.org/10.1108/07363760110398754.
  26. Syarif, A. dan Wijayanto, H. (2017) ‘‘Analisis Pengaruh Kemenarikan Desain Website, Kepercayaan dan Profesionalisme terhadap Keputusan Pembelian Online Jasa Aqiqah,’’ Ikraith Informatika, 1(2), pp. 94–103. Tersedia pada: https://media.neliti.com/media/publications/226332-analisis-pengaruh-kemenarikan-desain-web-fe6c66d7.pdf.
  27. Tania, N.L. dan Abror, A. (2019) ‘‘Pengaruh Web Service Quality, Customer Satisfaction dan Behavioural Intention: Attitude Towards The Website Sebagai Variabel Intervening (Study Pada Mahasiswa Universitas Negeri Padang),’’ Jurnal Kajian Manajemen dan Wirausaha, 1(3), pp. 11–25. Tersedia pada: https://doi.org/10.24036/jkmw0278780.
  28. Tjiptono, F. (2014) Service, Quality & Satisfaction. 3 ed. Yogyakarta: Penerbit Andi.
  29. Wahyuni, S. (2017) ‘‘Pengaruh Harga, Citra Merek dan Sikap Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat eSP CW pada Bunda Motor Payakumbuh". Skripsi. Pendidikan Ekonomi, Fakultas Pendidikan. Padang: Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendikan.
  30. Wibowo, A. P. (2009) ‘‘Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Pembentukan Sikap Konsumen dalam Menggunakan Jasa Studio Musik D-Five Semarang’’. Skripsi. Fakultas Ekonomis. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Most read articles by the same author(s)