Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis pengaruh kemudahan penggunaan terhadap sikap penggunaan e-commerce, pengaruh manfaat terhadap sikap menggunakan e-commerce, pengaruh risiko terhadap sikap menggunakan e-commerce, pengaruh kepercayaan terhadap sikap menggunakan e-commerce dan pengaruh sikap berpengaruh terhadap minat menggunakan e-commerce pada generasi Z di Yogyakarta. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan populasi generasi Z di Yogyakarta dengan banyaknya sampel 250 orang dengan teknik pengambilan sampel non probability sampling. Analisis data yang digunakan adalah PLS-SEM yang diolah menggunakan bantuan software Smart-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemudahan mempunyai pengaruh secara positif, tetapi tidak signifikan terhadap sikap. Manfaat berpengaruh secara positif tetapi tidak signifikan signifikan terhadap sikap penggunaan pada generasi Z di Yogyakarta. Risiko berpengaruh positif terhadap minat menggunakan e-commerce pada generasi Z di Yogyakarta. Kepercayaan secara positif dan signifikan berpengaruh terhadap minat menggunakan e-commerce oleh generasi Z di Yogyakarta. Sikap penggunaan mempunyai pengaruh secara positif tetapi tidak signifikan terhadap minat beli di e-commerce oleh generasi Z di Yogyakarta.

Keywords

kemudahan sikap penggunaan kepercayaan e-commerce generasi Z kemudahan sikap penggunaan kepercayaan e-commerce generasi Z

Article Details

How to Cite
Mulyarahman, M. K., & Sumadi. (2023). Minat Beli Generasi Z terhadap Fashion di E-Commerce. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 2(5), 1–18. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/31642

References

  1. Abdullah, Kuswardani dan Wardoyo, P. (2023) “Analisis Pengaruh Motivasi Konsumen, Kepercayaan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian dengan Sikap Konsumen sebagai Variabel Moderasi,” Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Terapan (JIMAT), 14(1), hal. 106–117. Tersedia pada: https://jurnal.stietotalwin.ac.id/index.php/jimat/article/view/450.
  2. APTIKOM (2013) “STRATEGI DAN IMPLEMENTASI E-COMMERCE.” APTIKOM, hal. 16–19. Tersedia pada: https://lmsspada.kemdikbud.go.id/pluginfile.php/18943/mod_resource/content/6/Strategi dan implementasi E-commerce 2-A.pdf.
  3. Ardianti, A.N. dan Widiartanto (2019) “Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian melalui Marketplace Shopee.(Studi pada Mahasiswa Aktif FISIP Undip),” Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(2), hal. 55–66. Tersedia pada: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/23656.
  4. Budiana, B. dan Amin, N.M.F. (2021) “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Secara Online,” Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 2(1), hal. 26–41. Tersedia pada: https://doi.org/10.47453/ecopreneur.v2i1.302.
  5. Budiastuti, A.D.P. dan Muid, D. (2020) “ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENGARUH MINAT PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI BERBASIS E-COMMERCE PADA APLIKASI SHOPEE DENGAN MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM),” Diponegoro Journal of Accounting, 9(4), hal. 1–10. Tersedia pada: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/accounting/article/view/29074.
  6. Davis, F.D. (1989) “Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology,” MIS Quarterly, 13(3), hal. 319–340. Tersedia pada: https://doi.org/10.2307/249008.
  7. Diwyarthi, N.D.M.S. et al. (2022) Perilaku Konsumen. Diedit oleh M. Sari dan Y. Novita. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi.
  8. DPR RI dan Presiden RI (2008) Undang-undang (UU) Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Indonesia: JDIH BPK RI Database Peraturan. Tersedia pada: https://peraturan.bpk.go.id/Details/37589/uu-no-11-tahun-2008.
  9. Ghozali, I. dan Latan, H. (2015) Partial Least Squares: Konsep, Teknik, Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. 2 ed. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
  10. Gunawaty, J., Rahayu, S. dan Megawati, V. (2019) “Pengaruh Keyakinan dan Kepercayaan Teknologi terhadap Minat Penggunaan Internet Banking di Surabaya,” Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 7(2), hal. 3071–3090. Tersedia pada: https://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/3562.
  11. Hartono, J. (2007) Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: Andi Offset. Tersedia pada: https://doi.org/978-979-29-0029-3.
  12. Hermawan, H. (2017) “Sikap Konsumen terhadap Belanja Online,” Wacana: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 16(1), hal. 136–147. Tersedia pada: https://doi.org/10.32509/wacana.v16i1.6.
  13. Hong, I.B. (2015) “Understanding the consumer’s online merchant selection process: The roles of product involvement, perceived risk, and trust expectation,” International Journal of Information Management, 35(3), hal. 322–336. Tersedia pada: https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2015.01.003.
  14. Irawati, T., Rimawati, E. dan Pramesti, N.A. (2019) “Penggunaan Metode Technology Acceptance Model (TAM) Dalam Analisis Sistem Informasi Alista (Application Of Logistic And Supply Telkom Akses),” @is The Best: Accounting Information Systems and Information Technology Business Enterprise, 4(2), hal. 106–120. Tersedia pada: https://doi.org/10.34010/aisthebest.v4i02.2257.
  15. Istiqomah, M. dan Marlena, N. (2020) “Pengaruh promo gratis ongkos kirim dan online customer rating terhadap keputusan pembelian produk fashion,” Jurnal Manajemen, 12(2), hal. 288–298. Tersedia pada: https://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/JURNALMANAJEMEN/article/view/7426/0.
  16. Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (2019) Kemkominfo: Pertumbuhan e-Commerce Indonesia Capai 78 Persen, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Tersedia pada: https://www.kominfo.go.id/content/detail/16770/kemkominfo-pertumbuhan-e-commerce-indonesiacapai-78-persen/0/sorotan_media (Diakses: 1 Desember 2023).
  17. Khotimah, K. dan Febriansyah (2018) “Pengaruh kemudahan penggunaan, kepercayaan konsumen dan kreativitas iklan terhadap minat beli konsumen online-shop,” Jurnal Manajemen Strategi dan Aplikasi Bisnis, 1(1), hal. 19–26. Tersedia pada: https://doi.org/10.36407/jmsab.v1i1.16.
  18. Kotler, P. dan Keller, K.L. (2016) Marketing Management. 15 ed. London: Pearson Education Limited.
  19. Marangunić, N. dan Granić, A. (2015) “Technology acceptance model: a literature review from 1986 to 2013,” Universal Access in the Information Society, 14(1), hal. 81–95. Tersedia pada: https://doi.org/10.1007/s10209-014-0348-1.
  20. Monica, N. dan Tama, A.I. (2017) “Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Persepsi Kenyamanan, Norma Subjektif Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Electronic Commerce,” JRAK: Jurnal Riset Akuntansi & Komputerisasi Akuntansi, 8(1), hal. 27–41. Tersedia pada: https://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/jrak/article/view/803.
  21. Mufidah, H. (2022) Pengaruh Brand Image, Fashion Lifestyle dan E-Commerce terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion (Studi Kasus Merek Dressy Gallery). IAIN Kudus. Tersedia pada: http://repository.iainkudus.ac.id/7837/.
  22. Mustajibah, T. dan Trilaksana, A. (2021) “Dinamika E-Commerce di Indonesia Tahun 1999-2015,” AVATARA, e-Journal Pendidikan Sejarah, 10(3). Tersedia pada: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/avatara/article/view/40965.
  23. Ngafifi, M. (2014) “KEMAJUAN TEKNOLOGI DAN POLA HIDUP MANUSIA DALAM PERSPEKTIF SOSIAL BUDAYA,” Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 2(1), hal. 33–47. Tersedia pada: https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2616.
  24. Pratiwi, M.T., Indriani, F. dan Sugiarto, J. (2018) “Analisis Pengaruh Technology Readiness Terhadap Minat Menggunakan Tcash Di Kota Semarang,” Jurnal Bisnis Strategi, 26(1), hal. 76–88. Tersedia pada: https://doi.org/10.14710/jbs.26.1.76-88.
  25. Presiden RI (2019) Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 80 Tahun 2019 tentang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik. Indonesia: JDIH BPK RI Database Peraturan. Tersedia pada: https://peraturan.bpk.go.id/Details/126143/pp-no-80-tahun-2019.
  26. Rachmarwi, W. (2018) “E-Commerce: Studi Tentang Belanja Online di Indonesia,” Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 6(2). Tersedia pada: https://web.archive.org/web/20200212004919id_/http://ojs.ekonomi-unkris.ac.id/index.php/JMBK/article/download/194/pdf.
  27. Rahaju, M.E.E. (2018) “Pengaruh Karakteristik Bintang Iklan dan E-Commerce terhadap Minat Beli Ulang Produk Fashion di Kota Madya Madiun,” EKOMAKS: Jurnal Ilmu Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi, 7(2), hal. 108–111. Tersedia pada: https://ekomaks.unmermadiun.ac.id/index.php/ekomaks/article/view/10.
  28. Rehatalanit, Y.L.. (2016) “Peran E-Commerce dalam Pengembangan Bisnis,” Jurnal Teknologi Industri, 5, hal. 62–69. Tersedia pada: https://journal.universitassuryadarma.ac.id/index.php/jti/article/view/764.
  29. Rembulan, N.D.R. dan Firmansyah, E.A. (2020) “Perilaku Konsumen Muslim Generasi-Z Dalam Pengadopsian Dompet Digital,” Valid Jurnal Ilmiah, 17(2), hal. 111–128. Tersedia pada: https://journal.stieamm.ac.id/index.php/valid/article/view/144.
  30. Romadloniyah, A.L. dan Prayitno, D.H. (2018) “Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Daya Guna, Persepsi Kepercayaan, dan Persepsi Manfaat terhadap Minat Nasabah dalam Menggunaan E-Money pada Bank BRI Lamongan,” Jurnal Penelitian Ekonomi dan Akuntansi (JPENSI), 3(2), hal. 699–711. Tersedia pada: https://doi.org/10.30736/jpensi.v3i2.164.
  31. Samad, T.F. (2019) “Konsep E-Commerce Perspektif Ekonomi Islam,” Tasharruf: Journal Economics and Business of Islam, 4(1), hal. 59–72. Tersedia pada: https://doi.org/10.30984/tjebi.v4i1.882.
  32. Santoso, G. dan Triwijayati, A. (2018) “Gaya Pengambilan Keputusan Pembelian Pakaian Secara Online pada Generasi Z Indonesia,” Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 11(3), hal. 231–242. Tersedia pada: https://doi.org/10.24156/jikk.2018.11.3.231.
  33. Saputri, O.B. (2020) “Preferensi Konsumen dalam Menggunakan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) sebagai Alat Pembayaran Digital,” Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 17(2), hal. 237–247.
  34. Shomad, A.C. dan Purnomosidhi, B. (2012) “Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Risiko terhadap Perilaku Penggunaan E-Commerce,” Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 1(2), hal. 1–20. Tersedia pada: https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/466.
  35. Sugiyono (2016) Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta Bandung.
  36. Susetyarsi (2013) “ANALISIS PENGARUH STRATEGI DESAIN PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA SKUTER MATIK YAMAHA MEREK MIO FINO DI KOTA SEMARANG,” Jurnal STIE Semarang, 5(1), hal. 33–49. Tersedia pada: https://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=939130&val=14551&title=ANALISIS PENGARUH STRATEGI DESAIN PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA SKUTER MATIK YAMAHA MEREK MIO FINO DI KOTA SEMARANG.
  37. Tania, A.E., Hermawan, H. dan Izzuddin, A. (2022) “Pengaruh Lokasi dan Harga terhadap Minat Beli Konsumen,” Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik, 9(1), hal. 75–84. Tersedia pada: https://doi.org/10.37606/publik.v9i1.258.
  38. Utami, A.R.H. (2020) “Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kepercayaan, Keamanan dan Persepsi Resiko terhadap Minat Menggunakan E-Commerce,” Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(6), hal. 79–93. Tersedia pada: https://ojs.stiesa.ac.id/index.php/prisma/article/view/694.
  39. Venkatesh, V. dan Davis, F.D. (2000) “Theoretical extension of the Technology Acceptance Model: Four longitudinal field studies,” Management Science, 46(2), hal. 169–332. Tersedia pada: https://doi.org/10.1287/mnsc.46.2.186.11926.
  40. Yudhistira, V. dan Patrikha, F.D. (2021) “PENGARUH PROMOSI PENJUALAN DAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN VARIABEL KEPERCAYAAN SEBAGAI MEDIATOR (Studi Pada Produk Fashion Online Di Surabaya),” Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), hal. 1237–1243. Tersedia pada: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/40553.

Most read articles by the same author(s)