Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas produk, digital marketing dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan Gofood rumah makan di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square-Stuctural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan menganalisis pola hubungan antara konstruk laten dan indikatornya, konstruk laten yang satu dengan yang lainnya, serta kesalahan pengukuran secara langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital marketing, kualitas pelayanan, dan kualitas produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan.

Keywords

kualitas produk digital marketing kualitas pelayanan kepuasan pelanggan loyalitas pelanggan

Article Details

How to Cite
Ratmono, K. S., & Sumadi. (2025). Determinasi Kualitas Produk, Digital Marketing dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan GoFood Rumah Makan di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 3(2), 109–124. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/41708

References

  1. Anggraini, F. dan Budiarti, A. (2020) “Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan Pada Konsumen Gojek,” Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3), hal. 86–94. Tersedia pada: https://doi.org/10.26740/jupe.v8n3.p86-94.
  2. Baisyir, F. (2021) “Pengaruh Kesadaran Merek terhadap Kepercayaan Merek dan Dampaknya terhadap Loyalitas Konsumen Hand Body Lotion,” Jurnal Apresiasi Ekonomi, 9(2), hal. 191–201. Tersedia pada: https://doi.org/10.31846/jae.v9i2.381.
  3. Bulan, T.P.L. dan Chandra, R. (2021) “The Effect of Ewom, Digital Marketing, Customer Satisfaction on Customer Loyalty (Shopee Customer Survey in Pangkalan Brandan),” Jurnal Manajemen Motivasi, 17(1), hal. 36–45. Tersedia pada: https://doi.org/10.29406/jmm.v17i1.3064.
  4. Dewi, L.K. dan Budiarti, A. (2021) “PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DIMEDIASI KEPUASAN PELANGGAN PADA QUEENSTREETSTORE,” Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 10(5), hal. 1–19. Tersedia pada: http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/4035.
  5. Fadhilah, R.E. dan Nainggolan, B.M. (2024) “Peran Kualitas Pelayanan, Kepercayaan dan Pengalaman Pelanggan terhadap Kepuasan Pelanggan,” Inovasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 11(1), hal. 150–163. Tersedia pada: https://doi.org/10.32493/Inovasi.v11i1.p150-163.40256.
  6. Fadjri, A. dan Silitonga, P. (2019) “PENGARUH KUALITAS PRODUK, PERSEPSI HARGA DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI PIZZA MARZANO PONDOK INDAH MALL 2,” Jurnal EDUTURISMA, 3(2), hal. 1–20. Tersedia pada: https://ejournal.akpindo.ac.id/index.php/eduturisma/article/view/1189.
  7. Fauzi, B. dan Quintania, M. (2021) “Pengaruh Experiential Marketing terhadap Kepuasan Konsumen dan Dampaknya terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus: Konsumen J.CO Donuts&Coffee Buaran Plaza di Wilayah Jakarta Timur),” Journal of Management Review, 5(1), hal. 621–631. Tersedia pada: https://jurnal.unigal.ac.id/managementreview/article/view/5137.
  8. Firdiansyah, F., Ediyanto, E. dan Kusnadi, E. (2022) “PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN WORD OF MOUTH TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA RUMAH MAKAN SARI INDAH H.KOMAR DI SITUBONDO,” Jurnal Mahasiswa Entrepreneur (JME), 1(7), hal. 1403–1421. Tersedia pada: https://doi.org/10.36841/jme.v1i7.2194.
  9. Firmansyah, D., Setiawan, T. dan Susetyo, D.P. (2021) “Pentingnya Membangun Loyalitas Konsumen Melalui Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan : Survey Tentang Pelayanan dan Loyalitas Pada Perusahaan Jasa,” Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(4), hal. 304–313. Tersedia pada: https://doi.org/10.32493/drb.v4i4.10829.
  10. Ghozali, I. dan Latan, H. (2015) Partial Least Squares: Konsep, Teknik, Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. 2 ed. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
  11. Hair, J.F. et al. (2016) A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Thousand Oaks: SAGE Publications.
  12. Handayani, L.S. dan Hidayat, R. (2021) “Pengaruh kualitas Produk, Harga, dan Digital Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan Produk MS Glow Beauty,” IKRAITH-EKONOMIKA, 5(2), hal. 135–145. Tersedia pada: https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-EKONOMIKA/article/view/1324.
  13. Haryono, S. (2016) Metode SEM Untuk Penelitian Manajemen dengan AMOS LISREL PLS. Bekasi: PT. Intermedia Personalia Utama.
  14. Hendrata, A.A., Tinaprilla, N. dan Safari, A. (2021) “The Effect of Brand Equity and Electronic Word of Mouth (E - WOM) on Customer Satisfaction and Loyalty in E-commerce Marketplace,” International Journal of Research and Review, 8(4), hal. 308–315. Tersedia pada: https://doi.org/10.52403/ijrr.20210437.
  15. Ismanto (2020) Manajemen Pemasaran. Tangerang Selatan: Unpam Press.
  16. Issa, M. (2016) “CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING: ITS IMPACT ONCUSTOMERLOYALTY,” International Journal of Engineering Researches and Management Studies, 3(9), hal. 59–69. Tersedia pada: https://www.researchgate.net/publication/327531948_Customer_Relationship_Marketing_Its_Impact_On_Customer_Loyalty.
  17. Karjuni, A. dan Susliawati, E. (2021) “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Menurut Perspektif Ekonomi Islam Di Kafe Seblak Ceker Naga Majalengka,” Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 2(2), hal. 163–177. Tersedia pada: https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/ecopreneur/article/view/443.
  18. Khoirunnisa, A.A. dan Wijayanto, A. (2021) “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Indihome Di Kota Semarang,” Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(I), hal. 672–680. Tersedia pada: https://doi.org/10.14710/jiab.2021.29180.
  19. Kotler, P. dan Keller, K.L. (2016) Marketing Management. 15 ed. London: Pearson Education Limited.
  20. Kumrotin, E.L. dan Susanti, A. (2021) “PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA CAFE KO.WE.COK DI SOLO,” J-Mind Jurnal Manajemen Indonesia, 6(1), hal. 1–14. Tersedia pada: https://doi.org/10.29103/j-mind.v6i1.4870.
  21. Kurniasih, A. dan Yuliaty, F. (2022) “PEMASARAN DIGITAL DAN CITRA MEREK MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PADA PELANGGAN PRODUK FASHION,” Jurnal Inspriasi Ilmu Manajemen, 1(1), hal. 1–10. Tersedia pada: https://doi.org/10.32897/jiim.2022.1.1.1640.
  22. Masnun, S., Makhdalena, M. dan Syabrus, H. (2024) “Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen,” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(4), hal. 3736–3740. Tersedia pada: https://www.jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/4280.
  23. Mehta, A.M. dan Tariq, M. (2020) “HOW BRAND IMAGE AND PERCEIVED SERVICE QUALITY AFFECT CUSTOMER LOYALTY THROUGH CUSTOMER SATISFACTION,” Academy of Marketing Studies Journal, 24(1), hal. 1–10. Tersedia pada: https://www.researchgate.net/publication/340105373_HOW_BRAND_IMAGE_AND_PERCEIVED_SERVICE_QUALITY_AFFECT_CUSTOMER_LOYALTY_THROUGH_CUSTOMER_SATISFACTION.
  24. Meria, L., Zanubiya, J. dan Juliansah, M.A.D. (2023) “Increasing Consumers with Satisfaction Application based Digital Marketing Strategies,” Startupreneur Bisnis Digital (SABDA), 2(1), hal. 12–21. Tersedia pada: https://doi.org/10.33050/sabda.v2i1.266.
  25. Oktavia, V.D., Sarsono, S. dan Marwati, F.S. (2022) “LOYALITAS PELANGGAN DITINJAU DARI PELAYANAN, KEPUASAN DAN KEPERCAYAAN PADA CV CIPTA KIMIA SUKOHARJO,” JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 6(1), hal. 540–550. Tersedia pada: https://doi.org/10.29040/jie.v6i1.4656.
  26. Parasuraman, A., Zeithaml, V.A. dan Berry, L.L. (1988) “SERVQUAL: A multiple-item scale for measuring consumer perceptions of service quality,” Journal of Retailing, 64(1), hal. 12–40.
  27. Rahayu, S. dan Wati, L.N. (2018) “PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN,” JURNALEKOBIS: EKONOMI, BISNIS & MANAJEMEN, 8(2), hal. 117–122. Tersedia pada: https://ejournal.utmj.ac.id/ekobis/article/view/41.
  28. Rahman, I. dan Supriadi, A. (2022) “PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP MINAT PEMBELIAN ULANG YANG DIMEDIASI KEPERCAYAAN PELANGGAN PADA MC DONALD’S DI KOTA SERANG,” Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(3), hal. 1219–1230. Tersedia pada: https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v2i3.4224.
  29. Sanjaya, A. et al. (2021) “Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Memasarkan Produk di Masa Pandemi Covid-19,” JURNAL PLAKAT: Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat, 3(2), hal. 167–181. Tersedia pada: https://doi.org/10.30872/plakat.v3i2.6741.
  30. Sembhodo, A.T. et al. (2022) “PERSONAL SELLING AND DIGITAL MARKETING AS CRUCIAL FACTORS IN MAXIMIZING CUSTOMER SATISFACTION THROUGH PERCEIVED VALUE IN THE USAGE OF M-BANKING APPLICATION,” Jurnal Aplikasi Manajemen, 20(4), hal. 809–819. Tersedia pada: https://doi.org/10.21776/ub.jam.2022.020.04.05.
  31. Shiratina, A. et al. (2020) “Pemasaran Online Melalui Penerapan Iklan Secara Digital,” Jurnal Sain Manajemen, 2(1), hal. 15–23.
  32. Sutowo, S. et al. (2023) “Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus pada Konsumen Kerajinan Barongan di Gubug Barong Dwijaloka Tawangsari Blitar),” Translitera : Jurnal Kajian Komunikasi Dan Studi Media, 12(2), hal. 79–84. Tersedia pada: https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/translitera/article/view/3436.
  33. Tjiptono, F. dan Chandra, G. (2016) Service, Quality dan Satisfaction. 4 ed. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
  34. Tubalawony, J., Kurniawan, S.A. dan Ningsih, N.N. (2024) “DIGITAL MARKETING STRATEGY IN INCREASING CUSTOMER LOYALTY IN THE E-COMMERCE SECTOR,” INTERNATIONAL JOURNAL OF FINANCIAL ECONOMICS (IJEFE), 1(1), hal. 240–251. Tersedia pada: https://ijefe.my.id/index.php/economic/article/view/24.
  35. Utomo, S. (2014) “STUDI TENTANG KUALITAS HUBUNGAN JANGKA PANJANG UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN (STUDI PADA AGEN CV. GARUDA),” Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 13(2), hal. 129–159. Tersedia pada: https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jspi/article/view/13970.

Most read articles by the same author(s)