Main Article Content

Abstract

PT Bank BRI Kantor Cabang Manado merupakan kantor cabang utama yang menaungi unit dan kantor kas di kota Manado. Bank BRI Kantor Cabang Manado telah menggunakan sistem pembelajaran elektronik sebagai media pelatihan dan pengembangan untuk meningkatkan kinerja sumber daya manusia perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti bagaimana e-learning sebagai media pelatihan dan pengembangan bisa meningkatkan kinerja sumber daya manusia pada PT Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Manado. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan metode pengambilan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini mendapat 6 partisipan, dengan metode pengujian data yakni triangulasi, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan e-learning cukup berjalan sesuai dengan tujuan dan harapan perusahaan, proses e-learning perusahaan memiliki learning management system yang baik dan mampu memberikan learning experience secara komprehensif, dan bentuk pelatihan e-learning yang dilakukan perusahaan cukup beragam sehingga bisa memenuhi kebutuhan pelatihan setiap karyawan. Penjelasan lebih lanjut akan dijelaskan pada bagian pembahasan artikel ini.

Keywords

pelatihan & pengembangan e-learning kinerja SDM

Article Details

How to Cite
Purwanto, R., & Suratman, A. (2022). Pengaruh Pelatihan & Pengembangan Melalui Metode E-Learning terhadap Kinerja Sumber Daya Manusia PT. Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Manado. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 1(4), 254–266. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/25453

References

  1. Abogsesa, A.S. and Kaushik, G. (2017) “Impact of Training and Development on Employee Performance,” International Journal of Civic Engagement and Social Change, 4(3), pp. 53–68. Available at: https://doi.org/10.4018/ijcesc.2017070104.
  2. Agarwal, S. and Lenka, U. (2018) “Managing Organization Effectiveness Through E-Human Resource Management Tool-E-Learning: Indian Cases a Qualitative Approach,” PEOPLE: International Journal of Social Sciences, 4(1), pp. 298–312.
  3. Agustina, M. (2013) “Pemanfaatan E-Learning sebagai Media Pembelajaran,” in Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI). Yogyakarta: Jurusan Informatika UII, pp. 8–12. Available at: https://journal.uii.ac.id/Snati/article/view/3064.
  4. Basak, S.K., Wotto, M. and Bélanger, P. (2018) “E-learning, M-learning and D-learning: Conceptual definition and comparative analysis,” E-Learning and Digital Media, 15(4), pp. 191–216. Available at: https://doi.org/10.1177/2042753018785180.
  5. Al Fajar, S. and Heru, T. (2010) Manajemen Sumber Daya Manusia: Sebagai Dasar Meraih Keunggulan Bersaing. Cetakan I. yogyakarta: UPP STIM YKPN.
  6. Fathurohman, F. and Sobari, E. (2016) “Strategi Pengembangan Kinerja SDM Gugus Perwakilan Pemilik Ternak SPR Cinagarabogo Subang (Tinjauan Teori dan Aplikasi),” Jurnal Dimensia, 13(2), pp. 67–92. Available at: https://doi.org/10.17605/OSF.IO/QD8TP.
  7. Fijay, A.H., Silvia, V. and Seftarita, C. (2021) “The Effects of Monetary Variables on the Growth of Small and Medium Industry in Aceh Province,” International Journal of Quantitative Research and Modeling, 2(3), pp. 125–131.
  8. Franklin, D.K., Cowden, R. and Karodia, A.M. (2014) “The impact of training and Developemnt on Job Performance,” Singapolean Journal of Business Economics, and Management Studies, 3(3), pp. 1–34.
  9. Hamali, A.Y. (2018) Pemahaman Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Ke. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).
  10. Hasibuan, M.S.P. (2009) Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  11. Humaira, F., Agung, S. and Kuraesin, E. (2020) “Pengaruh Integritas Dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan,” Manager: Jurnal Ilmu manajemen, 2(3), pp. 329–342. Available at: https://doi.org/10.32832/manager.v2i3.3706.
  12. Kadiresan, V. et al. (2015) “Performance appraisal and training and development of human resource management practices (HRM) on organizational commitment and turnover intention,” Asian Social Science, 11(24), pp. 162–176. Available at: https://doi.org/10.5539/ass.v11n24p162.
  13. Kamal, K., Alaghbari, M. and Atteia, M. (2016) “E-training & employees ’ performance a practical study on the ministry of education in the Kingdom of Bahrain E-Training & Employees ’ Performance a Practical Study on the Ministry of Education in the Kingdom of Bahrain,” Journal of Resources Development and Management, 18, pp. 1–8.
  14. Lai, C.-Y. and Liou, W.-C. (2010) “Implementation of E-Learning and Corporate Performance: An Empirical Investigation,” International Journal of Advanced Corporate Learning (IJAC), 3(1), p. 4. Available at: https://doi.org/10.3991/ijac.v3i1.1022.
  15. Mahpur, M. (2017) “Memantapkan Analisis Data Melalui Tahapan Koding,” Repository Universitas Islam Negeri Malang, pp. 1–17. Available at: http://repository.uin-malang.ac.id/800/2/koding.pdf.
  16. Mangkunegara, A.. A.P. (2016) Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  17. Mangkunegara, A.A.P. (2014) Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  18. Masrukin, Hubeis, M. and Wijayanto, H. (2018) “Pengaruh Keadilan Organisasi Dalam Penilaian Kinerja Terhadap Kepuasan Penilaian Dan Kinerja Karyawan,” Jurnal Manajemen Teori dan Terapan, (3), pp. 231–254.
  19. Mohammadyari, S. and Singh, H. (2015) “Understanding the effect of e-learning on individual performance: The role of digital literacy,” Computers and Education, 82, pp. 11–25. Available at: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2014.10.025.
  20. Mulyadi, R., Hidayati, T. and Maria, S. (2018) “Pengaruh perencanaan karir pelatihan dan pengembangan karir terhadap kinerja karyawan,” KINERJA, 15(1), p. 29. Available at: https://doi.org/10.29264/jkin.v15i1.1999.
  21. Rachmawati, I.K. (2008) Manajemen Sumber Daya Manusia. yogyakarta: C.V Andi Offset.
  22. Rodriguez, J. and Walters, K. (2017) “The Importance of Training and Development in Employee Performance and Evaluation,” International Journal Peer Reviewed Journal Refereed Journal Indexed Journal UGC Approved Journal Impact Factor, 3(10), pp. 206–212.
  23. Silaen, S.H.Y., Afrilianto, M. and Noor, A.H. (2021) “EMPLOYEE PERFORMANCE IMPROVEMENT THROUGH DREAM (DIGITAL ROOM FOR E-LEARNING MODULES) APPLICATION TRAINING BASED ON E-LEARNING AT BANK BTN CIMAHI BRANCH,” EMPOWERMENT : JURNAL ILMIAH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH, 10(2), pp. 149–159. Available at: http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/empowerment/article/view/2690.
  24. Simamora, H. (2017) Manajemen Sumber Daya Manusia. yogyakarta: STIEY.
  25. Siregar, E. (2018) “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (DIKLAT) DALAM UPAYA PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM),” Jurnal Dinamika Pendidikan, 11(2), pp. 153–166. Available at: https://doi.org/10.33541/jdp.v11i2.812.
  26. Sulaefi (2017) “Pengaruh Pelatihan Dan Pengembangan Terhadap Disiplin Kerja Dan Kinerja Karyawan,” Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(1), pp. 8–21. Available at: https://doi.org/10.26905/jmdk.v5i1.1212.
  27. Surjono, H.D. (2013) Membangun Course E-Learning Berbasis Moodle. Yogyakarta: UNY Press. Available at: http://blog.uny.ac.id/hermansurjono/files/2013/10/Membangun-Course-Elearning-berbasis-Moodle-nov2013-sm-sc.pdf.
  28. Tilon, D.A. (2013) “Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia pada Restoran A&W di City of Tomorrow Surabaya,” Agora, 1(3), p. 70.
  29. Wang, M., Vogel, D. and Ran, W. (2011) “Creating a performance-oriented e-learning environment: A design science approach,” Information and Management, 48(7), pp. 260–269. Available at: https://doi.org/10.1016/j.im.2011.06.003.
  30. Younas, W. et al. (2018) “The Impact of Training and Development on Employee Performance IOSR Journals The Impact of Training and Development on Employee Performance,” IOSR Journal of Business and Management (IOSR-JBM), 20(7. Ver. IV), pp. 20–23. Available at: https://doi.org/10.9790/487X-2007042023.

Most read articles by the same author(s)