Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh entrepreneurial orientation dan entrepreneurial characteristics terhadap business performance mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Batik Annur di Cirebon. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, mengumpulkan data melalui wawancara mendalam dengan pemilik dan karyawan Batik Annur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa entrepreneurial orientation dan entrepreneurial characteristics memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan business performance Batik Annur. Temuan ini memberikan implikasi praktis bagi pengusaha UMKM dalam mengembangkan strategi kewirausahaan yang efektif.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2024 Muhamad Gilang Ramadhan, Andriyastuti Suratman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Amrulloh, F. dan Hidayat, W. (2017) “PENGARUH ORIENTASI PASAR, ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, DAN INOVASI TERHADAP KINERJA PEMASARAN (STUDI KASUS PADA UMKM KERAJINAN LOGAM DI KABUPATEN TEGAL),” Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(1), hal. 35–46. Tersedia pada: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/18983.
- Dhamayantie, E. dan Fauzan, R. (2017) “PENGUATAN KARAKTERISTIK DAN KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA UMKM,” Matrik: Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan, 11(1), hal. 80–91. Tersedia pada: https://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1353831&val=954&title=PENGUATAN KARAKTERISTIK DAN KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA UMKM.
- Hisrich, R., Peters, M. dan Shepherd, D. (2008) Entrepreneurship. 7 ed. Boston: McGraw-Hill International Edition.
- Ilham, J.D. (2018) PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, INOVASI DAN KARAKTERISTIK WIRAUSAHAWAN TERHADAP KINERJA USAHA (Studi UKM Laundry yang terdaftar di Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar). Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Tersedia pada: https://repositori.uin-alauddin.ac.id/9011/1/Jala Dala Ilham_opt.pdf.
- Jannah, M., Irawati, S.A. dan Purnomo, H. (2019) “PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA UMKM BATIK GEDOG KHAS TUBAN,” Eco-Entrepreneur, 5(1), hal. 33–48. Tersedia pada: https://eco-entrepreneur.trunojoyo.ac.id/eco-entrepreneur/article/download/5436/3647.
- Kementerian PPN/Bappenas (2024) Jumlah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Berdasarkan Kategori Usaha di Kabupaten Cirebon, Kementerian PPN/Bappenas. Tersedia pada: https://katalog.data.go.id/dataset/jumlah-usaha-mikro-kecil-menengah-umkm-berdasarkan-kategori-usaha-di-kabupaten-cirebon (Diakses: 20 Juni 2024).
- Kementerian Sekretariat Negara RI (2007) SBY: Kembangkan Ekonomi Gelombang Keempat, Kementerian Sekretariat Negara RI. Tersedia pada: https://www.setneg.go.id/baca/index/sby_kembangkan_ekonomi_gelombang_keempat (Diakses: 20 Juni 2024).
- Lumpkin, G.T. dan Dess, G.G. (1996) “Clarifying the Entrepreneurial Orientation Construct and Linking It To Performance,” Academy of Management Review, 21(1), hal. 135–172. Tersedia pada: https://doi.org/10.5465/amr.1996.9602161568.
- Maisaroh (2019) “KAJIAN KARAKTERISTIK KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEBERHASILAN USAHA UKM (STUDI KASUS SENTRA INDUSTRI KONVEKSI DUSUN MLANGI DAN SAWAHAN NOGOTIRTO GAMPING SLEMAN YOGYAKARTA),” Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Akuntansi, 21(2). Tersedia pada: https://www.jp.feb.unsoed.ac.id/index.php/jeba/article/view/1318/0.
- McClelland, D.C. (1976) The Achieving Society. New York: Irvington Publishers, Inc.
- Nuvriasari, A., Wicaksono, G. dan Sumiyarsih (2015) “PERAN ORIENTASI PASAR, ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN STRATEGI BERSAING TERHADAP PENINGKATAN KINERJA UKM,” Ekuitas: Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 19(2), hal. 241–259. Tersedia pada: https://www.researchgate.net/publication/313849293_PERAN_ORIENTASI_PASAR_ORIENTASI_KEWIRAUSAHAAN_DAN_STRATEGI_BERSAING_TERHADAP_PENINGKATAN_KINERJA_UKM.
- Octavia, A., Zulfanetti, Z. dan Erida, E. (2017) “Meningkatkan Daya Saing Daerah Melalui Peningkatan Kinerja Bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Provinsi Jambi,” Jurnal Perspektif Pembiayaan Dan Pembangunan Daerah, 4(3), hal. 155–166. Tersedia pada: https://online-journal.unja.ac.id/JES/article/view/3638.
- Purwanto, H. (2017) “PENGARUH INTENSI BERWIRAUSAHA DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA USAHA (Studi Kasus di Sentra UMKM Pengrajin Teralis di Desa Jlamprang Kecamatan Wonosobo),” Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 4(1), hal. 90–104. Tersedia pada: https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/ppkm/article/view/410.
- Putong, I. dan Andjaswati, N. (2008) Pengantar Ekonomi Makro. 1 ed. Bogor: Mitra Wacana Media.
- Simbolon, S. et al. (2021) “PEMANFAATAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA UNTUK PENINGKATAN PRODUKSI DAN KESEJAHTERAAN UMKM DI TANGERANG SELATAN,” Garda: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), hal. 56–62. Tersedia pada: https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/grd/article/view/12825.
- Syafe’i, D. dan Jalaludin (2021) “PENGARUH INOVASI DAN KREATIVITAS WIRAUSAHA TERHADAP KEBERHASILAN USAHA KECIL MENENGAH PADA PENJAHIT PAKAIAN DI KECAMATAN BATURAJA TIMUR KABUPATEN OKU,” Jurnal Manajemen Bisnis Unbara, 2(2), hal. 105–127.
- Wahyuningsih, N. dan Fauziah, N. (2016) “INDUSTRI KERAJINAN BATIK TULIS TRUSMI DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENDAPATAN PENGRAJIN BATIK TULIS TRUSMI DI DESA TRUSMI KULON CIREBON,” Jurnal AL-Mustashfa, 4(2), hal. 124–132. Tersedia pada: https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/al-mustashfa/article/viewFile/1194/880.
- Wibowo, S. dan Pramudana, K.A.S. (2016) “PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA YANG DIMEDIASI OLEH SIKAP BERWIRAUSAHA,” E-Jurnal Manajemen Unud, 5(12), hal. 8167–8198. Tersedia pada: https://media.neliti.com/media/publications/254215-pengaruh-pendidikan-kewirausahaan-terhad-5b662cf1.pdf.
References
Amrulloh, F. dan Hidayat, W. (2017) “PENGARUH ORIENTASI PASAR, ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, DAN INOVASI TERHADAP KINERJA PEMASARAN (STUDI KASUS PADA UMKM KERAJINAN LOGAM DI KABUPATEN TEGAL),” Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(1), hal. 35–46. Tersedia pada: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/18983.
Dhamayantie, E. dan Fauzan, R. (2017) “PENGUATAN KARAKTERISTIK DAN KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA UMKM,” Matrik: Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan, 11(1), hal. 80–91. Tersedia pada: https://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1353831&val=954&title=PENGUATAN KARAKTERISTIK DAN KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA UMKM.
Hisrich, R., Peters, M. dan Shepherd, D. (2008) Entrepreneurship. 7 ed. Boston: McGraw-Hill International Edition.
Ilham, J.D. (2018) PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, INOVASI DAN KARAKTERISTIK WIRAUSAHAWAN TERHADAP KINERJA USAHA (Studi UKM Laundry yang terdaftar di Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar). Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Tersedia pada: https://repositori.uin-alauddin.ac.id/9011/1/Jala Dala Ilham_opt.pdf.
Jannah, M., Irawati, S.A. dan Purnomo, H. (2019) “PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA UMKM BATIK GEDOG KHAS TUBAN,” Eco-Entrepreneur, 5(1), hal. 33–48. Tersedia pada: https://eco-entrepreneur.trunojoyo.ac.id/eco-entrepreneur/article/download/5436/3647.
Kementerian PPN/Bappenas (2024) Jumlah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Berdasarkan Kategori Usaha di Kabupaten Cirebon, Kementerian PPN/Bappenas. Tersedia pada: https://katalog.data.go.id/dataset/jumlah-usaha-mikro-kecil-menengah-umkm-berdasarkan-kategori-usaha-di-kabupaten-cirebon (Diakses: 20 Juni 2024).
Kementerian Sekretariat Negara RI (2007) SBY: Kembangkan Ekonomi Gelombang Keempat, Kementerian Sekretariat Negara RI. Tersedia pada: https://www.setneg.go.id/baca/index/sby_kembangkan_ekonomi_gelombang_keempat (Diakses: 20 Juni 2024).
Lumpkin, G.T. dan Dess, G.G. (1996) “Clarifying the Entrepreneurial Orientation Construct and Linking It To Performance,” Academy of Management Review, 21(1), hal. 135–172. Tersedia pada: https://doi.org/10.5465/amr.1996.9602161568.
Maisaroh (2019) “KAJIAN KARAKTERISTIK KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEBERHASILAN USAHA UKM (STUDI KASUS SENTRA INDUSTRI KONVEKSI DUSUN MLANGI DAN SAWAHAN NOGOTIRTO GAMPING SLEMAN YOGYAKARTA),” Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Akuntansi, 21(2). Tersedia pada: https://www.jp.feb.unsoed.ac.id/index.php/jeba/article/view/1318/0.
McClelland, D.C. (1976) The Achieving Society. New York: Irvington Publishers, Inc.
Nuvriasari, A., Wicaksono, G. dan Sumiyarsih (2015) “PERAN ORIENTASI PASAR, ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN STRATEGI BERSAING TERHADAP PENINGKATAN KINERJA UKM,” Ekuitas: Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 19(2), hal. 241–259. Tersedia pada: https://www.researchgate.net/publication/313849293_PERAN_ORIENTASI_PASAR_ORIENTASI_KEWIRAUSAHAAN_DAN_STRATEGI_BERSAING_TERHADAP_PENINGKATAN_KINERJA_UKM.
Octavia, A., Zulfanetti, Z. dan Erida, E. (2017) “Meningkatkan Daya Saing Daerah Melalui Peningkatan Kinerja Bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Provinsi Jambi,” Jurnal Perspektif Pembiayaan Dan Pembangunan Daerah, 4(3), hal. 155–166. Tersedia pada: https://online-journal.unja.ac.id/JES/article/view/3638.
Purwanto, H. (2017) “PENGARUH INTENSI BERWIRAUSAHA DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA USAHA (Studi Kasus di Sentra UMKM Pengrajin Teralis di Desa Jlamprang Kecamatan Wonosobo),” Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 4(1), hal. 90–104. Tersedia pada: https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/ppkm/article/view/410.
Putong, I. dan Andjaswati, N. (2008) Pengantar Ekonomi Makro. 1 ed. Bogor: Mitra Wacana Media.
Simbolon, S. et al. (2021) “PEMANFAATAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA UNTUK PENINGKATAN PRODUKSI DAN KESEJAHTERAAN UMKM DI TANGERANG SELATAN,” Garda: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), hal. 56–62. Tersedia pada: https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/grd/article/view/12825.
Syafe’i, D. dan Jalaludin (2021) “PENGARUH INOVASI DAN KREATIVITAS WIRAUSAHA TERHADAP KEBERHASILAN USAHA KECIL MENENGAH PADA PENJAHIT PAKAIAN DI KECAMATAN BATURAJA TIMUR KABUPATEN OKU,” Jurnal Manajemen Bisnis Unbara, 2(2), hal. 105–127.
Wahyuningsih, N. dan Fauziah, N. (2016) “INDUSTRI KERAJINAN BATIK TULIS TRUSMI DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENDAPATAN PENGRAJIN BATIK TULIS TRUSMI DI DESA TRUSMI KULON CIREBON,” Jurnal AL-Mustashfa, 4(2), hal. 124–132. Tersedia pada: https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/al-mustashfa/article/viewFile/1194/880.
Wibowo, S. dan Pramudana, K.A.S. (2016) “PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA YANG DIMEDIASI OLEH SIKAP BERWIRAUSAHA,” E-Jurnal Manajemen Unud, 5(12), hal. 8167–8198. Tersedia pada: https://media.neliti.com/media/publications/254215-pengaruh-pendidikan-kewirausahaan-terhad-5b662cf1.pdf.