Journal Description

at-Thullab Journal is Islamic Studies Student journal published by the Faculty of Islamic Studies in the Islamic University of Indonesia in 2019 which is published twice a year as a journal which becomes a forum for students to improve their abilities in the fields of Islamic Law, Islamic Education and Islamic Economics into Indonesian, English and Arabic.
Ahwal Syakhsiyah, Pendidikan Agama Islam, Ekonomi Islam
Volume 7, Number : 1
January 31, 2025
Current Issue
Ahwal Syakhsiyah, Pendidikan Agama Islam, Ekonomi Islam
Volume 8, Number : 1
Jan 10, 2026
Nabila Najwa A.P, Ipmawan Muhammad Iqbal, Siti Rohani
Statistic: 0
Jan 10, 2026
Nabiilah Mujahidah, Muhammad Mukharom Ridho, Fajar Novitasari
Statistic: 0
Jan 10, 2026
Ravita Dewi Ardi Winarta, M. Hajar Dewantoro
Statistic: 0
Jan 10, 2026
Idnur Tri Al Rizqi, Nabilah, Miska, Nindyasari, Syalma, Armai
Statistic: 0
Jan 10, 2026
Sofiatul Husna, Usman
Statistic: 0
Jan 10, 2026
Nadia ilma Ilma, Mohammad Hamsa Fauriz
Statistic: 0
Jan 10, 2026
Asma’ Fauziah Saidah, Nuur Marfu'athus, Zahidah Fauziyah
Statistic: 0
Jan 10, 2026
Miftahul Jannah, Warul Walidin, Ahmad Syauky
Statistic: 0
Mulyadi, Usman, Sibawaihi
Statistic: 0

Vol. 7 No. 2 (2025): Ahwal Syakhsiyah, Pendidikan Agama Islam, Ekonomi Islam

Published: June 2, 2025

MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS SUMBER DAYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM: KAJIAN TEORITIS DAN IMPLIKASI STRATEGIS

Zaitun Qamariah (1), Ahmadi (2)
(1) Program Studi Tadris Bahasa Inggris (S1), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Palangka Raya, Kalimantan tengah, Indonesia ,
(2) Program Studi Tadris Bahasa Inggris (S1), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Palangka Raya, Kalimantan tengah, Indonesia
218-231
274

PERAN KEARIFAN LOKAL SEBAGAI MEDIATOR DALAM HUBUNGAN MODERASI BERAGAMA TERHADAP KERUKUNAN UMAT BERAGAMA DI INDONESIA

anisaanisa ani (1)
(1) Program Studi Magister Studi Islam, Fakultas Pascasarjana Studi Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, Sumatra Barat, Indonesia
232-250
382

IMPLEMENTASI METODE EKSPOSITORI UNTUK MENINGKATKAN BELAJAR SISWA KELAS X DI MAN 1 SOLOK PLUS KETERAMPILAN PADA MATA PELAJARAN AL-QURAN HADITS

Fauzi Agus (1), Julhadi Julhadi (2), Sri Wahyuni (3)
(1) Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat ,
(2) Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat ,
(3) Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
255-270
222

HUMAN AND ENVIROMENTAL HARMONY IN THE QUR’AN PERSPECTIVE: ANALYSIS OF ABDULLAH SAEED’S CONTEXTUAL TAFSIR APPROACH.

Siti Zahraini (1), Yazid Imam Bustomi (2)
(1) Department of Qur’anic Studies and Exegesis, Faculty of Ushuluddin and Adab, State Islamic Institute (IAIN) Pontianak, West Kalimantan, Indonesia ,
(2) Department of Center for Religious and Cross-cultural Studies, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia
271-285
233

STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS XI-8 SMAN 1 PACITAN

Lutfa Zakiyyah (1), Endang Sumiati (2)
(1) Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Studi Islam Muhammadiyah Pacitan (ISIMU), Jawa Timur, Indonesia ,
(2) Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Studi Islam Muhammadiyah Pacitan (ISIMU), Jawa Timur, Indonesia
286-297
239

PERNIKAHAN ANTAR-PENGUNGSI ROHINGYA DI INDONESIA: ANALISIS KEKOSONGAN HUKUM DALAM SISTEM PERKAWINAN NASIONAL

Agung Wicaksono (1), Abnan Pancasilawati (2), Nurul Syobah (3)
(1) Program Studi Hukum Keluarga, Fakultas Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia ,
(2) Program Studi Hukum Keluarga, Fakultas Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia ,
(3) Program Studi Hukum Keluarga, Fakultas Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia
298-310
278

PENGEMBANGAN BERKELANJUTAN KOMPETENSI GURU PAI

Ridho Ramadhon ridho (1), Ummi Baroroh (2)
(1) Program Doktor Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Indonesia. ,
(2) Program Doktor Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Indonesia.
311-322
226

RELEVANSI PENGGUNAAN REWARD CARD PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR KELAS 1 DI SD NU MA’ARIF SALAFIYAH

Nurkholisoh (1), Jaenal Abidin (2), Tahajudin Nur (3)
(1) Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Singaperbangsa Karawang, Jawa barat, Indonesia ,
(2) Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Singaperbangsa Karawang, Jawa barat, Indonesia ,
(3) Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Singaperbangsa Karawang, Jawa barat, Indonesia
323-334
132

IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MI RAUDHOTUL JANNAH

Tiara Salsabilla (1), Kasja Eki Waluyo (2), H. Masykur H. Mansyur (3)
(1) Universitas Singaperbangsa Karawang ,
(2) universitas singaperbangsa karawang ,
(3) Universitas Singaperbangsa Karawang
335-347
169

IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PERSPEKTIF HADIS

Ahmad Syauky tarmizi (1), Nurmila (2), Safrina Ariani (3)
(1) Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Pascasarjana, Universitas Negeri Islam Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia ,
(2) Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Pascasarjana, Universitas Negeri Islam Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia ,
(3) Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Pascasarjana, Universitas Negeri Islam Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia
348-371
187

METODOLOGI ILMIAH SEBAGAI DASAR PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM KONTEKSTUAL: PERSPEKTIF FILSAFAT C.A. VAN PEURSEN

Novita Indana ZUlfa (1), Usman (2)
(1) Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Indonesia ,
(2) Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Indonesia. ,
372-384
254

TRANSFORMATION OF STUDENTS’ CHARACTER THROUGH THE STRATEGIC ROLE OF ISLAMIC EDUCATION TEACHERS AT SARDONOHARJO 1 PUBLIC ELEMENTARY SCHOOL

Hilda (1), Mulyadi (2), M Hajar Dewantoro (3), Nurlina Siregar (4)
(1) Department of Islamic Education, Faculty of Islamic Studies, Islamic University of Indonesia, Yogyakarta, Indonesia. ,
(2) Doctoral Program in Islamic Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Sunan Kalijaga State Islamic University, Yogyakarta, Indonesia. ,
(3) Department of Islamic Education, Faculty of Islamic Studies, Islamic University of Indonesia, Yogyakarta, Indonesia. ,
(4) Department of Education (Teaching Arabic as a Second Language), Faculty of Education, International Islamic University Malaysia, Selangor, Malaysia.
385-396
240

AKTUALISASI NILAI-NILAI IHSAN TERHADAP ORANGTUA DALAM TAFSIR FII ZHILAALIL QUR’AN

Nirmala Dian Kartika (1), Muhammad Mukharom Ridho (2), Fajar Novitasari (3)
(1) Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Isy Karima, Karanganyar, Indonesia, ,
(2) Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Isy Karima, Karanganyar, Indonesia, ,
(3) Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Isy Karima, Karanganyar, Indonesia,
397-411
269
View All Issues